Doa Setelah Sholat Maghrib dan Latinnya, Bisa Jadi Amalan Harian

Jumat, 9 Desember 2022 10:22 Reporter : Ayu Isti
Doa Setelah Sholat Maghrib dan Latinnya, Bisa Jadi Amalan Harian Ilustrasi berdoa. ©Pixabay/Konevi

Merdeka.com - Berdoa menjadi suatu kebutuhan yang akan dilakukan dan dipenuhi oleh masing-masing umat beragama. Di mana berdoa sebagai salah satu sarana berinteraksi antara seorang hamba dengan Tuhan-Nya. Bahkan dapat dikatakan, berdoa menjadi upaya untuk mendekatkan diri dengan Sang Maha Pencipta.

Kegiatan memanjatkan doa juga dilakukan oleh seluruh penganut agama Islam. Tentunya, kegiatan berdoa di sini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun, pada umumnya umat muslim mempunyai waktu-waktu yang paling utama untuk memanjatkan doa, yaitu tidak lain adalah setelah melaksanakan sholat wajib.

Biasanya usai menunaikan sholat wajib setiap lima waktu, umat muslim akan duduk bersimpuh dan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Termasuk sholat maghrib yang dilaksanakan di petang hari. Bahkan, dikatakan berdoa sholat maghrib memiliki keutamaan tersendiri, di mana sholat magrib disebut senantiasa dapat memberikan kebaikan hingga pertolongan.

Dalam hal ini, terdapat bacaan doa setelah sholat maghrib secara khusus yang bisa Anda amalkan. Meskipun sederhana, namun amalan doa ini dapat memberikan banyak manfaat kebaikan. Selain mengamalkan doa, umat muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunah sebelum dan sesudah maghrib karena terdapat banyak keutamaan di dalamnya.

Dilansir dari beragam sumber, berikut kami merangkum doa setelah sholat maghrib dan anjuran amalan lainnya, bisa Anda simak.

2 dari 3 halaman

Doa Setelah Sholat Maghrib

Seperti diketahui, membaca doa setelah selesai sholat fardhu adalah amalan baik yang dapat dilakukan sehari-hari. Dalam hal ini, bahkan Rasulullah SAW pernah menjelaskan dalam Hadist Riwayat Tirmidzi, bahwa sesudah sholat lima waktu adalah waktu terbaik untuk memanjatkan doa, selain di sepertiga malam terakhir.

Secara umum, Anda bisa mengamalkan berbagai macam doa dan dzikir setelah sholat fardhu. Namun, terdapat bacaan doa setelah sholat maghrib secara khusus yang bisa Anda amalkan. Berikut bacaan latin doa setelah sholat maghrib beserta artinya, bisa Anda simak:

A’uudzu bollaahi minasy-syaithaanir-rajiim. Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi rabbil ‘alamin hamda yuwafi wayukafi mazidahu.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan yang memelihara seluruh alam. Segala puji (bagi Allah) yang telah memenuhi semua nikmat-Nya dan mencukupkan tambahannya.”

Yaa rabbanaa lakal-hamdu kamaa yambaghii li jalaali wajhikal-kariimi wa ‘azazhiimi sulthaanik.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana pujian itu patut terhadap keagungan dan kemuliaan-Mu serta keluhuran kerajaan-Mu.”

Selain dua bacaan doa tersebut, Anda juga bisa menambahkan bacaan ayat kursi setelah sholat maghrib. Berikut lafal latin dan arti ayat kursi yang bisa diamalkan:

Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzi yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati warladh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa huwal aliyyul adziim

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Terakhir, bacaan doa setelah sholat maghrib diakhiri dengan membaca lafal istighfar sebanyak tiga kali. Berikut lafal latin dan artinya:

Astaghfirullah Hal'adzim, Aladzi Laailaha Illahuwal Khayyul Qoyyuumu Wa Atuubu Ilaiih

Artinya: “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agun yang tiada Tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya.”

3 dari 3 halaman

Anjuran Sholat Sunah Sebelum dan Sesudah Sholat Maghrib

Setelah memahami bacaan doa setelah sholat maghrib, umat muslim juga dianjurkan melakukan beberapa amalan sunah sholat maghrib yang memberikan banyak keutamaan. Dalam hal ini, Anda bisa menunaikan dua sholat sunah sebelum dan sesudah sholat maghrib.

Sholat sunah sebelum dan sesudah ini juga disebut dengan istilah sholat qabliyah dan sholat ba’diyah. Rasulullah SAW, yang disebutkan dalam sebuah hadist riwayat, pernah bersabda, "Shalatlah dua rakaat sebelum magrib" demikian kata Nabi hingga tiga kali dan yang terakhir beliau tambahi, "bagi yang mau."

Sholat qabliyah maghrib ini sebaiknya dilaksanakan sebelum iqomah berkumandang. Ini perlu dilakukan sesegera mungkin karena rentang waktu antara adzan dan iqomah sangat singkat. Sedangkan sholat ba’diyah maghrib dilakukan dengan jumlah rakaat yang sama, yaitu dua rakaat.

Ini jelas disebutkan dalam Hadist Riwayat Bukhari Muslim, di mana Dari Ibnu Umar RA, ia berkata: “Aku memelihara dari Nabi SAW sepuluh raka'at yaitu dua raka'at sebelum dzuhur, dua raka'at setelahnya, dua raka'at setelah maghrib di rumahnya, dua raka'at setelah isya di rumahnya, dan dua raka'at sebelum shubuh.”

Dalam hadist ini dijelaskan bahwa melaksanakan dua rakaat dholat sunah setelah maghrib merupakan salah satu anjuran Rasulullah SAW. Selain dapat menambah pahala, fungsi dari sholat sunah ba’diyah ini adalah untuk menyempurnakan kekurangan sholat fardhu. Meskipun sunah, namun amalan sederhana ini dapat memberikan manfaat kebaikan bagi siapa saja yang melaksanakan.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini