Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek, Amalan Baik Perbanyak Pahala

Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek, Amalan Baik Perbanyak Pahala ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Berdoa merupakan kegiatan wajib yang dilakukan oleh setiap umat beragama. Termasuk umat muslim, kegiatan berdoa biasanya dilakukan 5 waktu dalam sehari, yaitu saat melaksanakan sholat fardhu. Selain bacaan doa dan surat wajib dalam sholat, berdoa juga dapat dilakukan setelah selesai menunaikan sholat.

Doa setelah sholat ini sangat besar keutamaannya. Pada sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW mengajarkan bacaan doa sesudah sholat fardhu, yaitu:

"Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah sholat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘alâ kulli syai’in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan,".

Biasanya doa sesudah sholat fardhu dilakukan dengan berdzikir, yaitu mengucapkan istighfar dan memuji Allah. Ini tidak lain dapat berguna sebagai amalan penghapus dosa dan permohonan ampunan dan perlindungan dari Allah. Selain itu, doa sesudah sholat fardhu juga diisi dengan bacaan tasbih, tahmid, dan takbir, hingga bacaan surat-surat pendek, dan doa khusus lainnya.

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Wajib, Pahami Fadilahnya

Jika memiliki waktu luang yang lebih banyak, tentu dianjurkan untuk membaca doa sesudah sholat dengan lengkap. Meskipun hukumnya sunah, namun ini bisa menjadi amalan yang dapat memperbanyak pahala kebaikan. Namun jika Anda dalam waktu yang terbatas, terdapat beberapa bacaan doa sesudah sholat fardhu yang pendek bisa Anda baca.

Dengan begitu, meskipun hanya memiliki waktu terbatas, Anda tetap bisa berdoa dengan optimal. Sehingga kewajiban berdoa tidak ditinggalkan begitu saja. Sebab, Allah menyukai hambanya yang rajin berdoa dan senantiasa mendekatkan diri kepada-Nya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum beberapa bacaan doa sesudah sholat fardhu yang pendek bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek : Bacaan Dzikir

ilustrasi sholat

©2020 Merdeka.com

Doa sesudah sholat fardhu yang pendek pertama, bisa diawali dengan membaca bacaan zikir. Bacaan zikir ini meliputi istighfar, memohon ampun kepada Allah, memohon perlindungan, membaca kalimat pujian, hingga bacaan tasbih, tahmid, takbir, dan tahlil. Urutan doa sesudah sholat fardhu yang pendek yang berisi bacaan zikir yaitu sebagai berikut :

1. Membaca istighfar sebanyak 3 kali

"Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih"

Artinya : “Saya mohon ampun kepada allahyang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

2. Memohon ampun dan memberikan pujian kepada Allah

"Laa ilaha illallah wakhdahu laa syarika lahu, lahul mulku walahul khamdu yukhyiiy wayumiitu wahuwa 'alaa kulli syai'innqodiir"

Artinya : “Tiada ilah yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Segala pujian dan kerajaan adalah milik Allah. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (HR. Bukhari, Muslim).”

3. Memohon perlindungan siksa neraka sebanyak 3 kali

"Allahumma ajirni minan-naar"

4. Memberikan pujian kepada Allah

"Allahumma angtassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam"

Artinya : “Ya Allah Engkau-lah as salam, dan keselamatan hanya dari-Mu, Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemuliaan. (HR. Muslim).”

5. Membaca tasbih 33 kali

“Subhanallah”

6. Membaca tahmid 33 kali

“Alhamdulillah”

7. Membaca takbir 33 kali

“Allahuakbar”

8. Membaca tahlil 33 kali

“Lailaha illallah”

Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek : Bacaan Surat Pendek

Doa sesudah sholat fardhu yang pendek berikutnya bisa dilanjutkan dengan bacaan surat pendek. Terdapat beberapa jenis surat pendek yang biasanya diamalkan sebagai doa setelah selesai sholat, yaitu Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas, dan Ayat Kursi. Berikut beberapa bacaan surat pendek yang bisa Anda praktikkan :

1. Al Ikhlas

“Qul huwallaahu ahad. Allaahusshamad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakullahu kufuwan ahad.”

Artinya: “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia”.

2. Al Falaq

“Qul a’uudzu birabbil falaq. Min syarri maa khalaq. Wamin syarri ghaasiqin idzaa waqaba. Wamin syarrin naffaatsaati fii al’uqadi. Wamin syarri haasidin idzaa hasada.”

Artinya: “Aku berlindung kepada Robb Yang Menguasai waktu subuh, dari kejahatan apa-apa (mahluk) yang diciptakan-Nya. Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang-orang yang dengki apabila ia dengki”

3. An Nas

“Qul a’uudzu birabbin naas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khannaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas. Minal jinnati wannaas.”

Artinya: “Aku berlindung kepada Robb (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

4. Ayat Kursi

“Allaahu laa ilaaha illaa huu, al hayyul qoyyum, la ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardh. Man djalladjii yasyfa’u ’indahuu illa bi idjnih. Ya’lamu maa bayna aydiihim wa maa kholfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syay-im min ’ilmihii illa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiiyyuhussamaawaati wal ardh. Walaa ya-uuduhuu hifzhuhumaa. Wa huwal’aliiyul ’azhiim.”

Artinya: ”Aku berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk. Allah tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan Dia. Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Kursi Allah meliputi langit dan bumi, dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Al-Baqarah: 255)

Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek Selanjutnya

ilustrasi sholat

©2020 Merdeka.com

Doa sesudah sholat fardhu yang pendek berikutnya dapat ditambahkan dengan bacaan doa amalan agar diterima dan doa untuk memohon agar rajin beribadah. Beberapa doa ini termasuk doa khusus yang dapat diamalkan untuk meningkatkan keimanan. Berikut bacaan doa yang bisa Anda praktikkan :

1. Doa Amalan agar Diterima

“Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan.”

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima). (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).”

2. Doa Agar Rajin Beribadah

“Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika.”

Artinya : “Ya Allah, tolonglah aku agar bisa berdzikir kepada-Mu, dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah kepada-Mu dengan baik). (HR. Abu Daud, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).”

3. Doa Memohon Keberkahan

"Allahumma antassalam, wamingkassalam, wa ilayka ya'uudussalam fakhayyina rabbanaa bissalaam wa-adkhilnaljannata darossalaam tabarokta rabbanaa wata'alayta yaa dzaljalaali wal ikraam"

Artinya: Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan hanya dari-Mu lah keselamatan, kepada-Mu akan kembali lagi keselamatan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung keselamatan/kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek Lainnya

Selain beberapa rangkaian doa sesudah sholat fardhu yang pendek di atas, terdapat beberapa urutan doa lain yang dapat dibaca setelah selesai menunaikan sholat. Berikut bacaan doa yang bisa Anda praktikkan setelah sholat beserta artinya :

1. “Allaahumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii’il aafaat. Wa taqdhii lanaa bihaa min jamii’il haajaat. Wa tuthohhirunaa bihaa min jamii’is sayyi_aat. Wa tarfa’unaa bihaa ‘indaka a’lad_darojaat. Wa tuballighunaa bihaa aqshol ghooyaat. Min jamii’il khoirooti fil hayaati wa ba’dal mamaat.”

Artinya : “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kami dari semua bahaya, yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan hajat kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kesalahan kami, Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat derajat kami, Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kami kepada kesempurnaan semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

2. “Allaahumma innaa nas_aluka salaamatan fid_diin. Wa ‘aafiyatan fil jasadi. Wa ziyaadatan fil ‘ilmi. Wa barakatan fir_rizqi. Wa taubatan qoblal maut. Wa rahmatan ‘indal maut. Wa maghfirotan ba’dal maut.”

Artinya : “Ya Allah kami meminta kepadamu keselamatan Agama, kesehatan jasmani, tambahan Ilmu, keberkahan dalam rizqi, Taubat sebelum mati, Rahmat ketika hendak mati dan Ampunan setelah mati.”

3. “Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut. Wan_najaata minan_naari wal ‘afwa ‘indal hisaab.”

Artinya : “Ya Allah, ringankanlah kami ketika sedang sakaratul Maut, selamatkan dari api neraka, dan ampunilah ketika sedang proses hisab.”

4. “Robbanaa laa tuzigh qulubanaa ba’da idz_hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmah. Innaka antal wahhaab.”

Artinya : “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami menyimpang pada kesesatan setelah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (Karunia).”

5. “Allaahummaghfirlii dzunuubi waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii soghiiroo.”

Artinya : “Ya Allah, ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, dan belas kasihilah mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepadaku di waktu aku kecil.”

6. “Robbanaa aatinaa fid_dun_yaa hasanah wafil aakhiroti hasanah waqinaa adzaaban naar.”

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka”

Dalil Mengenai Keutamaan Membaca Doa Sesudah Sholat Fardhu

Ada beberapa ayat Al-Qur'an dan hadis yang menekankan pentingnya zikir dan doa sesudah sholat fardhu kepada Allah SWT. Berikut beberapa contohnya:

Surat Al-Baqarah Ayat 152

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya: Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Surat Al-‘Ankabut Ayat 45

ٱتْلُ مَآ أُوحِىَ إِلَيْكَ مِنَ ٱلْكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ ۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنْهَىٰ عَنِ ٱلْفَحْشَآءِ وَٱلْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ ٱللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

Artinya: Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Surat An-Nisa Ayat 103

فَإِذَا قَضَيْتُمُ ٱلصَّلَوٰةَ فَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ قِيَٰمًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِكُمْ ۚ فَإِذَا ٱطْمَأْنَنتُمْ فَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ ۚ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ كَانَتْ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ كِتَٰبًا مَّوْقُوتًا

Artinya: Maka apabila kamu telah menyelesaikan sholat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah sholat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.

Nabi Muhammad SAW berkata, 'Ketika salah satu dari kalian berdoa, biarkan dia mulai dengan memuji Allah, kemudian biarkan dia mengirimkan selawat kepada Nabi (saw), kemudian biarkan dia meminta kepada Allah untuk apapun yang dia inginkan.'" (Hadits - Sunan an-Nasa'i)

“Barangsiapa yang mengucapkan (setelah sholat): 'Subhanallah' 33 kali, 'Alhamdulillah' 33 kali, dan 'Allahu Akbar' 33 kali, dan melengkapi seratus kali dengan 'La ilaha illallah, wahdahu la sharika lahu, lahul-mulku wa lahul- hamdu, wa Huwa `ala kulli shai in Qadir ' [Tidak ada Tuhan selain Allah, satu-satunya tanpa sekutu, milik-Nya kekuasaan dan pujian, dan Dia mampu melakukan segala sesuatu] akan diampuni dosa-dosanya bahkan jika mereka seperti buih laut." (Hadits - Sunan an-Nasa'i)

Ayat-ayat dan hadis ini menekankan pentingnya doa dan mengingat Allah setelah melakukan sholat. Umat Islam didorong untuk melakukan doa dan zikir sebagai cara untuk mencari pengampunan, mengungkapkan rasa terima kasih, dan memperkuat ikatan mereka dengan Allah SWT.

Manfaat Zikir dan Dan Sesudah Sholat Fardhu

Setiap Muslim dianjurkan untuk berzikir kepada Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman dalam salah satu surah, yang artinya:

"Sesungguhnya zikir kepada Allah itu terlebih besar daripada ibadah-ibadah yang lain" (QS. Al-Ankabut: 29).

Selain untuk terus mengingat kebesaran Allah SWT, berzikir juga memiliki sejumlah manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Dikutip dari NU Online, berikut beberapa manfaat membaca dzikir dan doa sesudah sholat fardhu untuk kehidupan sehari-hari.

1. Diampuni Dosa-dosanya

Salah satu manfaat zikir dan doa sesudah sholat fardhu adalah diampuni dosa-dosanya. Dengan membaca banyak zikir dan doa, umat Muslim akan merasa lebih tenang dan tentram. Selain itu, orang yang sering membaca zikir dan doa setelah sholat juga akan diampuni dosa-dosanya, sebagaimana hadis berikut:

"Barangsiapa yang membaca dzikir Subhanallah di setiap sholat wajib sebanyak 33 kali, dan membaca zikir Alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan membaca zikir Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali dan untuk menyempurnakannya, maka akan diampuni dosa-dosanya walaupun dosanya sebanyak buih di lautan." (HR. Muslim).

2. Mendapat Pahala Berlimpah

Manfaat berzikir dan berdoa sesudah sholat fardhu selanjutnya adalah mendapat pahala melimpah. Umat Muslim yang selalu mengamalkan zikir dan doa setelah menunaikan ibadah wajib akan mendapat pahala berlipat ganda. Hal ini sebagai mana yang disebutkan dalam Al-Qur'an berikut, artinya:

“Pria dan wanita yang berpuasa, pria dan wanita yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yang besar." (QS. Al-Ahzab, Ayat 35).

3. Memberikan Ketenangan dan Ketentraman Hati

Berzikir dan berdoa sesudah sholat fardu juga dapat memberi ketenangan dan ketentraman hati. Jadi jika hati Anda sedang gelisah dan tidak tenang, sebaiknya berzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Dengan melakukannya, seorang muslim akan lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram." (Surat Al-Ra’ad ayat 28)

4. Sebagai Jembatan Masuk Surga

Membaca zikir dan doa sesudah sholat fardhu juga bisa sebagai jembatan masuk surga. Setiap Muslim yang mengamalkannya akan mendapat jaminan surga. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadis Shahih Riwayat Bukhari, yang artinya:

"Barangsiapa mengucapkan zikir ini di siang hari dalam keadaan yang penuh keyakinan, lalu dia mati di hari tersebut sebelum sore hari, maka dia termasuk kedalam penghuni surga. Dan barangsiapa yang membacanya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu dia mati sebelum subuh maka dia termasuk kedalam penghuni surga."

5. Termasuk Sedekah

Berzikir dan membaca doa sesudah sholat fardhu juga dihitung sebagai sedekah. Seperti yang telah disebutkan dalam hadis berikut:

"Di setiap ruas tulang (persendian) manusia itu ada kewajiban untuk bersedekah setiap paginya. Tiap tiap bacaan zikir itu adalah sedekah dan memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari perbuatan kemungkaran itu juga termasuk sedekah." (Hadits Riwayat Muslim). (mdk/ayi)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Doa Selesai Sholat Lengkap dengan Zikirnya, Amalkan Segera
Doa Selesai Sholat Lengkap dengan Zikirnya, Amalkan Segera

Membaca doa selesai sholat sangat besar keutamaannya, sekaligus semakin melengkapi ibadah Anda.

Baca Selengkapnya
27 Doa Harian yang Wajib Dihafalkan, Amalkan Secara Rutin
27 Doa Harian yang Wajib Dihafalkan, Amalkan Secara Rutin

Dalam Islam, terdapat beberapa doa harian yang dianjurkan untuk dihafalkan dan diamalkan. Doa ini memiliki makna mendalam dan memperkuat hubungan kepada Allah.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh yang Mudah Dihafalkan, untuk Sendiri & Berjamaah
Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh yang Mudah Dihafalkan, untuk Sendiri & Berjamaah

Berikut bacaan doa qunut sholat subuh yang mudah dihafalkan untuk sendiri dan berjamaah.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya

Sama seperti ibadah lainnya, baca doa sahur, atau niat puasa ini juga penting dilakukan sebelum kita hendak berpuasa.

Baca Selengkapnya
Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Ketahui Pula Tata Cara Pelaksanaannya
Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Ketahui Pula Tata Cara Pelaksanaannya

Membaca doa usai sholat dhuha akan menambah kesempurnaan amal ibadah yang satu ini.

Baca Selengkapnya
Waktu Sholat Dhuha Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya
Waktu Sholat Dhuha Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Setelahnya

Sholat dhuha adalah ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Namun, sebelum mengerjakannya, ketahui kapan waktu pelaksanaannya, tata cara, dan doa setelahnya.

Baca Selengkapnya
Doa setelah Sholat Tahajud Lengkap, Ketahui Pula Keutamaannya
Doa setelah Sholat Tahajud Lengkap, Ketahui Pula Keutamaannya

Doa setelah sholat tahajud dilafalkan untuk melengkapi ibadah sunnah yang satu ini.

Baca Selengkapnya
Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan
Doa setelah Sholat Tahajud dan Keutamaannya, Perlu Diamalkan

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan di malam hari setelah bangun dari tidur, meskipun tidurnya hanya sebentar.

Baca Selengkapnya
Arti Doa Subhanal Malikil Quddus, Doa Singkat Penutup Ibadah Malam
Arti Doa Subhanal Malikil Quddus, Doa Singkat Penutup Ibadah Malam

Doa subhanal malikil quddus adalah bacaan doa yang kita baca usai melaksanakan sholat witir.

Baca Selengkapnya