Doa Menjawab Orang Bersin Beserta Artinya, Perlu Diketahui

Jumat, 2 Desember 2022 16:00 Reporter : Ayu Isti
Doa Menjawab Orang Bersin Beserta Artinya, Perlu Diketahui Ilustrasi bersin. ©Shutterstock.com/wavebreakmedia

Merdeka.com - Bersin adalah salah satu kebiasaan yang sering terjadi sehari-hari. Biasanya, bersin terjadi sebagai respons alami tubuh ketika debu atau partikel lain yang mengganggu masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh berusaha mengeluarkan partikel tersebut melalui bersin.

Sehingga, dapat dikatakan bahwa bersin adalah suatu hal yang patut disyukuri. Dalam ajaran Islam, ketika bersin seseorang perlu membaca doa sebagai bentuk syukur kepada Allah telah menciptakan mekanisme tubuh yang bekerja dengan luar biasa. Bahkan, ketika orang lain bersin, maka orang yang melihat juga dianjurkan untuk turut membaca doa.

Doa yang dibaca ketika melihat orang bersin ini tidak lain sebagai jawaban untuk bacaan doa yang dibaca orang ketika bersin. Bukan sekedar jawaban, melainkan ini adalah balasan doa agar orang yang bersin tersebut bisa mendapatkan rahmat kebaikan dari Allah.

Sebagai hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari, maka penting bagi umat muslim untuk memperhatikan doa ketika bersin dan doa menjawab orang bersin. Dengan pengetahuan ini, Anda bisa belajar mensyukuri hal-hal kecil yang terjadi dalam kehidupan keseharian. Bukan hanya itu, Anda juga turut mendoakan kebaikan untuk orang lain di sekitar.

Dilansir dari NU Online, berikut kami merangkum bacaan doa menjawab orang bersin dan artinya dalam Islam, bisa disimak dan praktikkan.

2 dari 3 halaman

Doa Ketika Bersin dan Hikmahnya

Sebelum mengetahui doa menjawab orang bersin, penting juga bagi Anda untuk mengetahui lafal doa yang bisa dibaca ketika bersin. Seperti dijelaskan sebelumnya, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa ketika bersin. Di mana bersin adalah respon alami tubuh untuk mengeluarkan debu atau partikel buruk lain yang masuk ke dalam tubuh.

Bukan hanya itu, menurut sebagian besar ulama, bersin dapat menurunkan gejolak syahwat dan mampu meringankan seseorang untuk berbuat taat kepada Allah. Dengan begitu, bersin adalah hal kecil dalam keseharian yang patut disyukuri oleh manusia. Sebagai bentuk syukur, Rasulullah menganjurkan umat muslim untuk membaca doa tahmid ketika bersin.

Alhamdulillah, atau

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, atau

Alhamdulillah ‘ala kulli hal

Artinya: “Segala puji bagi Allah.”

Ini dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhari, di mana Rasulullah bersabda “Allah menyukai bersin dan tidak menyukai kuap. Bila kalian bersin, hendaklah memuji Allah. Adapun kuap berasal dari setan. Bila kalian menguap, hendaklah kalian menahan semampunya karena jika kalian menguap maka setan tertawa,”

Anjuran ini dipertegas dalam hadist riwayat Sahih Muslim, bahwa seorang sahabat berkata “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Bila salah seorang dari kalian bersin, lalu memuji Allah, maka jawablah. Tetapi jika ia tidak memuji-Nya, janganlah kalian jawab.”

3 dari 3 halaman

Doa Menjawab Orang Bersin

Setelah mengetahui anjuran doa ketika bersin, berikutnya akan dijelaskan bacaan doa menjawab orang bersin. Seperti disebutkan, Rasulullah tidak hanya menganjurkan umat muslim berdoa ketika bersin, tetapi juga turut mendoakan ketika melihat orang lain sedang bersin.

Doa menjawab orang bersin ini bisa dikatakan sebagai balasan doa dari orang lain, agar orang yang bersin bisa mendapatkan rahmat kebaikan dari Allah SWT. Dalam hal ini, Rasulullah menganjurkan umat muslim untuk menjawab bacaan hamdallah dari orang bersin, dengan bacaan doa berikut:

Yarḥamukallāh.

Artinya: “Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu.”

Ini disebut bacaan tarhim, yaitu lafal yang bisa dibaca untuk merespon ketika orang lain bersin dan memabca tahmid. Dalam hadist riwayat Bukhari, dijelaskan bahwa seorang sahabat mengatakan, “Rasulullah saw memerintahkan dan melarang kami tujuh hal: kami diperintah untuk menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, mendoakan orang bersin, memenuhi undangan, menjawab salam, membela orang teraniaya,dan memenuhi janji.”

Dari hadist tersebut jelas dipahami, bahwa mendoakan orang yang bersin adalah salah satu hal kebaikan yang dianjurkan Rasulullah. Bahkan dianjurkan pula, bagi orang yang mendapatkan jawaban doa bersin dari orang lain, maka dianjurkan untuk menjawab dengan “Yahdikumullah wa yushlihu balakum."

Ini juga disebutkan dengan jelas dalam hadist riwayat Shahih Bukhari dari sahabat Abu Hurairah ra dari Nabi Muhammad saw, beliau bersabda, “Jika salah seorang kalian bersin, hendaklah ia mengucap ‘Alhamdulillāh,’ lalu saudara atau sahabatnya menjawab, ‘Yarhamukallāh,’ kemudian orang yang bersin merespons balik dengan ucapan ‘Yahdīkumullāh wa yushlihu bālakum.’

Itulah bacaan doa menjawab orang bersin dan balasannya. Ini bisa menjadi amalan sederhana yang baik untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rajin bersyukur dan mendoakan kebaikan bagi orang lain, tentu Allah akan memberikan kebaikan pula bagi orang-orang yang melakukannya.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini