Cara Menulis Kutipan dari Buku yang Baik dan Benar, Mudah Dipraktikkan

Selasa, 1 September 2020 15:30 Reporter : Jevi Nugraha
Cara Menulis Kutipan dari Buku yang Baik dan Benar, Mudah Dipraktikkan Ilustrasi buku. ©Shutterstock.com/Shai_Halud

Merdeka.com - Menulis merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh banyak orang, terutama pelajar. Hampir semua siwa maupun mahasiswa, pasti pernah mendapatkan tugas untuk mengerjakan sebuah makalah. Membuat makalah menjadi salah satu metode yang sering digunakan dalam penugasan agar siswa maupun mahasiswa mampu membuat karya ilmiah sesuai kemampuan akademiknya.

Menurut mercubuana.ac.id, kutipan merupakan pernyataan atau keterangan yang diambil dari teks acuan. Adapun fungsi kutipan sendiri ialah untuk memperkuat pendapat atau ide yang dikemukakan dalam karya ilmiah. Selain itu, menulis kutipan pada karya ilmiah dibutuhkan agar terhindar dari plagiarisme.

Plagiarisme merupakan penggunaan kata-kata atau ide dari seorang pengarang seakan-akan tulisan tersebut berasal dari ide sendiri tanpa menyebutkan sumbernya. Jika terbukti melakukan plagiarsime, maka seseorang telah melanggar ketentuan akademis. Oleh karena itu, akademisi harus berpegang teguh terhadap kaidah-kaidah yang berlaku.

Baca Selanjutnya: Cara Mengutip dari Buku...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini