Cara Menampilkan IDM di Youtube melalui Chrome dan Mozilla, Mudah Dipraktikkan

Jumat, 15 Oktober 2021 11:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari
Cara Menampilkan IDM di Youtube melalui Chrome dan Mozilla, Mudah Dipraktikkan Ilustrasi Youtube. Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Youtube saat ini menjadi platform berbagi video yang telah digunakan oleh banyak orang. Bahkan dapat dikatakan aplikasi yang dibuat tahun 2005 ini, semakin mendapatkan popularitas yang meningkat. Hal ini ditandai dengan konten video yang semakin beragam seperti konten vlog, tutorial make up, tutorial masak, hingga cover lagu.

Semakin beragam konten yang tersedia, maka semakin banyak pula masyarakat yang tertarik untuk mengaksesnya. Bahkan bagi sebagian orang, bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton konten-konten video di channel Youtube favorit. Sayangnya, semakin banyak video yang ditonton maka semakin besar pula data internet yang terpakai. Tentu ini membuat konsumsi kuota semakin boros.

Namun jika ingin berhemat, Anda bisa mengunduh video Youtube dengan kualitas gambar sesuai pilihan. Bahkan Anda bisa menonton video berulang-ulang tanpa menghabiskan kuota data. Dalam hal ini, Anda perlu memasang Internet Download Manager (IDM) terlebih dahulu pada laptop atau komputer sebelum mengunduh video.

Setelah terpasang, IDM biasanya akan muncul secara otomatis di laman Youtube, dengan begitu Anda bisa mengunduh video dengan mudah. Namun tak jarang pula, tombol IDM tidak muncul di laman Youtube meskipun sudah terinstal. Tidak perlu khawatir, terdapat beberapa cara menampilkan IDM di Youtube yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum cara menampilkan IDM di Youtube melalui Chrome dan Mozilla yang bisa dipraktikkan dengan mudah.

2 dari 5 halaman

Cara Menampilkan IDM di Youtube melalui Chrome

ilustrasi youtube
Liputan6 ©2020 Merdeka.com

Jika Anda menggunakan browser Google Chrome, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan tombol IDM di laman Youtube dengan mudah. Di sini, Anda cukup melakukan pengaturan pada IDM Integration Module.

Berikut cara menampilkan IDM di Youtube melalui Chrome yang bisa dipraktikkan:

  • Buka browser Chrome, lalu klik simbol tiga titik yang terletak di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, pilih More Tools lalu klik Extensions.
  • Kemudian jendela IDM integration Module akan terbuka. Setelah itu, klik Enable pada kotak IDM integration Module untuk mengaktifkan tombol IDM.
  • Dengan begitu, tombol IDM akan muncul secara otomatis di laman Youtube, dan Anda bisa segera mengunduh konten video favorit dengan mudah.
3 dari 5 halaman

Cara Menampilkan IDM di Youtube melalui Mozilla

Selain menggunakan Chrome, Anda juga bisa menikmati fitur download menggunakan IDM melalui browser Mozilla. Jika Anda sudah mengunduh dan memasang IDM pada komputer atau laptop, namun tombol IDM belum muncul, berikut cara menampilkan IDM di Youtube melalui Mozilla yang bisa dilakukan:

  • Pertama, buka browser Mozilla, kemudian kunjungi laman https://addons.mozilla.org/id/firefox/addon/tonec-idm-integration-module/
  • Setelah itu, klik Tambahkan ke Firefox untuk menambahkan model IDM ke browser Mozilla.
  • Lalu akan muncul notifikasi, Anda cukup klik tombol Add.
  • Jika muncul notifikasi IDM Integration Module, Anda perlu mencentang kotak pada dialog yang disajikan. Anda tinggal klik pada kotak Allow this extension to run in Private Windows. Setelah itu, klik Okay.
  • Selesai langkah tersebut, buka situs Youtube dan putar salah satu video yang diinginkan. Tombol IDM akan muncul secara otomatis, dengan begitu Anda bisa mengunduh video dengan mudah.
4 dari 5 halaman

Tombol IDM tidak Muncul di Youtube

001 indra cahya
© forbes

Setelah mengetahui beberapa cara menampilkan IDM di Youtube, namun ada beberapa kasus tombol IDM tetap tidak muncul meskipun telah melakukan langkah dengan benar. Dalam hal ini, terdapat beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab mengapa tombol IDM tidak muncul di Youtube, yaitu sebagai berikut:

  • Ekestensi IDM tidak terpasang dengan tepat, sehingga tombol IDM tidak muncul secara otomatis di laman Youtube. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu menginstal ulang IDM Extension di Browser.
  • Anda belum mengunduh IDM versi terbaru, sehingga IDM lama yang terpasang tidak mendukung dan tidak terintegrasi dengan baik pada aplikasi browser. Dengan begitu, Anda perlu uninstall IDM lama dan pasang IDM versi terbaru.
  • IDM belum diaktivasi setelah selesai terpasang pada komputer atau laptop. Periksa kembali status aktivasi pada IDM yang baru saja Anda unduh dan pasang.
5 dari 5 halaman

Cara Mengunduh Video di Youtube dengan IDM

Setelah mengetahui beberapa cara menampilkan IDM di Youtube, terakhir kami akan menjelaskan langkah mengunduh video di Youtube melalui IDM dengan mudah. Sebelum mengunduh video, pastikan Anda telah mengaktifkan IDM Integration Module terlebih dahulu pada pengaturan browser.

Setelah itu, Anda bisa mendownload video di Youtube dengan mudah melalui beberapa langkah berikut:

  • Buka laman Youtube, lalu klik salah satu video yang diinginkan.
  • Setelah itu, akan muncul tombol Download this video yang biasanya terletak di pojok kanan atas video.
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih resolusi video serta format yang diinginkan.
  • Kemudian, akan muncul pop-up Download File Info. Di sini, Anda bisa memilih direktori unduhan dan besar file yang akan diunduh. Setelah itu, klik Start Download.
  • Video secara otomatis akan melakukan proses pengunduhan. Jika sudah selesai, akan muncul pop-up download complete. Setelah itu, Anda bisa klik Open untuk membuka video secara langsung, atau Open folder untuk membuka file video yang tersimpan pada folder komputer.
[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini