Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Arti Tanggal Lahir Jawa Berdasarkan Weton, Ketahui Karakternya

Arti Tanggal Lahir Jawa Berdasarkan Weton, Ketahui Karakternya Ilustrasi Kalender. ©2018 dream.co.id

Merdeka.com - Sebagian dari Anda, tentu sudah tidak asing dengan istilah weton. Weton adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk penanggalan Jawa. Banyak orang juga menyebut, weton adalah hari lahir Jawa, yaitu hari kelahiran seseorang berdasarkan nama pasarannya, seperti Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.

Bukan sekadar penamaan hari, namun weton juga sering digunakan untuk menghitung hari baik untuk melaksanakan pernikahan, menentukan hari puasa weton, hingga menentukan hari penting bagi seseorang. Selain itu, weton juga umum digunakan untuk mengetahui watak dan karakter seseorang berdasarkan hari lahirnya.

Dalam hal ini, terdapat masing-masing arti tanggal lahir Jawa berdasarkan weton untuk mengetahui bagaimana watak dan karakter seseorang. Sebelumnya, Anda perlu menghitung terlebih dahulu nilai dari hari lahir Anda dengan hari pasaran. Kedua nilai tersebut dijumlahkan, kemudian nilai dari hasil penjumlahan tersebut mempunyai arti tersendiri.

Meskipun sering dilakukan, namun mengetahui perkiraan karakter seseorang berdasarkan weton ini bisa dipercaya bisa juga tidak, tergantung dari masing-masing orang. Sebab, setiap orang memiliki pengalaman hidup unik yang membentuk karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Namun, jika sekedar untuk hiburan, tentu tidak ada salahnya mengetahui arti tanggal lahir Jawa Berdasarkan weton.

Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum penjelasan arti tanggal lahir Jawa berdasarkan weton, bisa Anda simak.

Cara Menghitung Weton

Sebelum mengetahui arti tanggal lahir Jawa, perlu dipahami terlebih dahulu daftar nilai dari masing-masing hari dan pasaran penanggalan Jawa. Seperti disebutkan sebelumnya, cara menghitung weton adalah dengan menjumlahkan nilai dari hari lahir Anda dengan hari pasaran dalam penanggalan Jawa.

Hasil dari penjumlahan tersebut, Anda akan mendapatkan angka yang masing-masing angka tersebut memiliki arti tersendiri. Berikut daftar nilai atau neptu dari hari lahir dan pasaran penanggalan Jawa, bisa Anda simak.

Hari Lahir

  • Minggu = 5
  • Senin = 4
  • Selasa = 3
  • Rabu = 7
  • Kamis = 8
  • Jumat = 6
  • Sabtu = 9
  • Hari Pasaran

  • Legi = 5
  • Pahing = 9
  • Pon = 7
  • Wage = 4
  • Kliwon = 8
  • Arti Tanggal Lahir Jawa: Watak dan Karakter

    Setelah mengetahui nilai atau neptu weton dan cara menghitungnya, berikutnya akan dijelaskan arti tanggal lahir jawa untuk mengetahui watak atau karakter seseorang. Dalam hal ini, terdapat beberapa nilai dengan masing-masing gambaran karakter yang khas. Berikut penjelasannya.

    Nilai Weton 7

    Orang yang memiliki nilai weton ini senang berpetualang atau bepergian jauh. Di mana orang dengan weton ini sulit untuk berdiam diri dalam waktu yang lama di satu tempat saja. Mereka cepat bosan dan cenderung senang dengan suasana baru. Di samping itu, orang dengan weton ini juga konon memiliki sifat pemalas dan sulit berkomunikasi dengan baik.

    Nilai Weton 8

    Orang dengan nilai weton 8 digambarkan memiliki sifat yang meledak-ledak seperti api. Pemilik weton ini kerap melakukan pertengkaran di lingkungan sosialnya. Dalam bahasa Jawa, weton 8 sering disebut dengan istilah ‘lakune geni’ yaitu karakter yang mengikuti sifat api. Biasanya weton ini dimiliki oleh orang yang lahir pada selasa legi atau senin wage.

    Nilai Weton 9

    Orang dengan nilai weton 9 disebut dengan istilah ‘lakune angin’. Artinya, orang dengan weton ini mudah terpengaruh dengan orang lain, atau tidak memiliki pendirian yang kuat, sehingga sering terbawa arus angin. Namun, weton ini juga dikenal dengan sifat lincah dan konon kebal terhadap serangan santet.

    Nilai Weton 10

    Orang dengan nilai weton 10 dikenal sebagai sosok yang pribadi yang cerdas dan pintar. Selain itu, orang dengan weton ini juga memiliki karakter tidak mudah tersinggung dalam pergaulan sosialnya. Dalam bahasa Jawa, weton 10 dikenal dengan istilah ‘pendito mbangun teki’.

    Nilai Weton 11

    Arti tanggal lahir jawa yang terakhir adalah weton 11, yang dikenal dengan istilah ‘lakune setan’. Dikatakan, orang dengan weton ini tidak cocok menjadi seorang pemimpin, karena memiliki sifat yang berubah-ubah, tidak teguh pendirian, serta sulit untuk menentukan atau mengambil pilihan.

    Arti Tanggal Lahir Jawa: Jodoh dan Kehidupan Rumah Tangga

    Setelah mengetahui arti tanggal lahir Jawa yang berupa watak atau karakter, terkhir akan dijelaskan arti tanggal lahir Jawa tentang jodoh dan kehidupan rumah tangga. Dalam hal ini, terdapat beberapa nilai weton yang dikelompokkan berdasarkan ramalan jodoh dan kehidupan rumah tangga di masa depan. Berikut penjelasannya.

    Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

    Orang dengan jumlah perhitungan weton ini masih dalam kategori cukup rawan. Di mana dalam bahasa Jawa, pegat artinya bercerai, sehingga orang dengan weton ini kemungkinan akan mengalami masalah rumah tangga yang cukup sulit sehingga bisa berisiko cerai atau pisah.

    Ratu (2, 11, 20, 29)

    Orang dengan jumlah weton kategori ratu ini cukup memiliki keberuntungan. Di mana orang dengan weton ini akan mendapatkan pasangan sejati dalam kehidupannya. Bahkan, kondisi hubungannya dalam berjalan dengan harmonis dan romantis.

    Jodoh (3, 12, 21, 30)

    Orang dengan jumlah weton kategori jodoh juga akan mendapatkan hal baik dalam kehidupan rumah tangganya. Di mana orang dengan wetoh ini akan menjalani hubungan yang bertahan lama, langgeng, dan harmonis bersama pasangan. Sedangkan bagi orang yang belum mendapatkan pasangan, maka Anda akan segera mendapatkan jodoh dalam waktu dekat dan serius ke jenjang pernikahan.

    Topo (4, 13, 22, 31)

    Orang dengan weton topo dikatakan perlu sedikit waspada. Pasalnya, weton ini menggambarkan adanya suatu masalah yang akan terjadi di awal kehidupan rumah tangga. Namun, jika dapat diatasi dengan baik, masalah tersebut dapat segera dilalui dan Anda bisa mendapatkan hubungan yang lebih baik.

    Tinari (5, 14, 23, 32)

    Orang dengan weton tinari digambarkan akan memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia dengan pasangan. Bukan hanya dalam hubungan, orang dengan weton tinari juga memiliki gambaran rezeki yang baik, di mana Anda akan dimudahkan dalam mencari rezeki untuk kehidupan sehari-hari.

    Padu (6, 15, 24, 33)

    Orang dengan weton padu mungkin dapat memberikan kekhawatiran dalam hidup rumah tangga Anda. Padu dalam bahasa Jawa berarti berdebat atau berargumen. Weton ini menggambarkan sebuah rumah tangga yang mungkin akan terdapat banyak perbedaan pendapat antara Anda dengan pasangan. Jika tidak diatasi dengan baik, maka ini bisa berakibat sebuah perpisahan.

    Sujanan (7, 16, 25, 34)

    Orang dengan weton sujanan perlu berhati-hati, karena weton ini digambarkan sebagai suatu ancaman. Mungkin hubungan Anda dengan pasangan akan mengalami berbagai hambatan, termasuk pertengkaran besar yang bisa mengancam rumah tangga. Dikatakan, weton ini juga berkaitan dengan adanya unsur perselingkungan.

    Pesthi (8, 17, 26, 35)

    Orang dengan weton pesthi dikatakan memiliki kehidupan rumah tangga yang baik. Di mana Anda dan pasangan bisa hidup dengan rukun dan harmonis. Bahkan hubungan yang aman dan tentram juga bisa Anda dapatkan dengan pasangan Anda lahir dengan jumlah weton ini. Tentu kerukunan dan keharmonisan ini harus terus dijaga sehingga bisa bertahan lama.

    (mdk/ayi)
    Geser ke atas Berita Selanjutnya

    Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
    lihat isinya

    Buka FYP
    4 Cara Menghilangkan Tanda Lahir Secara Alami, Lengkap dengan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui
    4 Cara Menghilangkan Tanda Lahir Secara Alami, Lengkap dengan Jenis-Jenisnya yang Perlu Diketahui

    Berikut informasi cara menghilangkan tanda lahir secara alami.

    Baca Selengkapnya
    99 Nama Anak Perempuan Lahir di Bulan Februari, Punya Arti Manis & Penuh Makna
    99 Nama Anak Perempuan Lahir di Bulan Februari, Punya Arti Manis & Penuh Makna

    Berikut kumpulan nama anak perempuan lahir di bulan Februari yang bisa menjadi referensi.

    Baca Selengkapnya
    8 Tips Memilih Nama Anak, Pertimbangkan Hal Ini Agar Tidak Salah Langkah
    8 Tips Memilih Nama Anak, Pertimbangkan Hal Ini Agar Tidak Salah Langkah

    Proses memilih nama anak bisa menjadi sebuah perjalanan yang penuh kesenangan dan tantangan.

    Baca Selengkapnya
    Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
    video untuk kamu.
    SWIPE UP
    Untuk melanjutkan membaca.
    Nama Bayi Perempuan Jawa Lucu dan Artinya, Miliki Makna yang Mendalam
    Nama Bayi Perempuan Jawa Lucu dan Artinya, Miliki Makna yang Mendalam

    Merdeka.com merangkum informasi tentang nama bayi perempuan Jawa lucu dan artinya yang perlu Anda ketahui.

    Baca Selengkapnya
    Cara Merawat Bayi Anjing yang Baru Lahir, Wajib Diketahui Agar Anabul Sehat
    Cara Merawat Bayi Anjing yang Baru Lahir, Wajib Diketahui Agar Anabul Sehat

    Simak cara merawat bayi anjing yang baru lahir berikut ini agar tetap sehat dan terhindar dari stres.

    Baca Selengkapnya
    90 Nama Bayi Perempuan Islami dan Arti, Ketahui Tips Memilihnya
    90 Nama Bayi Perempuan Islami dan Arti, Ketahui Tips Memilihnya

    Nama bayi perempuan Islami ini bisa jadi referensi. Ketahui tips memilih nama bayi Islami yang tepat.

    Baca Selengkapnya
    4 April: Hari Lahir Persandian Nasional, Berikut Sejarah dan Tujuannya
    4 April: Hari Lahir Persandian Nasional, Berikut Sejarah dan Tujuannya

    Hari Persandian Nasional adalah peringatan yang diadakan setiap tanggal 4 April di Indonesia.

    Baca Selengkapnya
    500 Nama dalam Jawa untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan, Miliki Makna yang Dalam
    500 Nama dalam Jawa untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan, Miliki Makna yang Dalam

    Menamai anak dengan bahasa Jawa yang bermakna indah bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

    Baca Selengkapnya
    Gejala Bayi Tersedak dan Cara Menanganinya, Wajib Tahu
    Gejala Bayi Tersedak dan Cara Menanganinya, Wajib Tahu

    Mengenali gejala tersedak pada bayi sangat penting untuk memberikan tindakan cepat dan tepat guna.

    Baca Selengkapnya