8 Penyebab Berkeringat di Malam Hari, Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius

Jumat, 5 November 2021 15:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari
8 Penyebab Berkeringat di Malam Hari, Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius ilustrasi kanker. ©www.telegraph.co.uk

Merdeka.com - Penyebab berkeringat di malam hari seringkali dianggap sepele. Padahal, penyebab berkeringat di malam hari bisa menjadi gejala penyakit. Keringat merupakan salah satu bentuk respon tubuh yang sering terjadi. Biasanya keringat muncul saat Anda selesai melakukan aktivitas olahraga. Selain itu, keringat juga sering muncul ketika kondisi cuaca di sekitar sedang panas. Ini merupakan respon alami tubuh yang umum terjadi.

Meskipun begitu, ada pula kondisi keringat yang muncul di malam hari. Keringat yang sering muncul saat malam hari ini disebut juga dengan night sweats. Kondisi keringat di malam hari ini kerap muncul ketika Anda mengalami demam di mana tubuh merasa panas sehingga sistem ekskresi bekerja dan mengeluarkan keringat.

Namun terdapat beberapa faktor lain yang menjadi penyebab berkeringat di malam hari. Dikatakan, keringat yang sering muncul di malam hari ini bisa menjadi salah satu tanda atau gejala suatu penyakit. Mulai dari gejala terserang infeksi, hipoglikemia, gangguan hormon, hingga penyakit kanker. Selain itu, penyebab di malam hari juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memasuki masa menopause.

Jika Anda sering mengalami keluhan ini, beberapa penyebab berkeringat di malam hari berikut perlu Anda perhatikan. Terlebih lagi, jika keluhan ini terjadi dalam waktu yang cukup lama, maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan.

Dilansir dari WebMD, berikut kami merangkum beberapa penyebab berkeringat di malam hari yang perlu Anda ketahui.

2 dari 5 halaman

Penyebab Berkeringat di Malam Hari : Menopause dan Hiperhidrosis

013 siti rutmawati
©www.keralaayurveda.biz

Menopause

Penyebab berkeringat di malam hari yang pertama bisa menjadi tanda dari kondisi menopause. Wanita yang memasuki masa menopause biasanya mengalami gangguan hot flashes, yaitu panas dari dalam tubuh. Tidak heran, jika wanita yang menopause sering mengalami keluhan keringat di malam hari. Meskipun merupakan kondisi umum, namun ini cukup mengganggu sehari-hari. Jika Anda mengalami ini, pakailah baju yang ringan dan tidak berbahan panas, terutama saat tidur. Hal ini dapat membantu tubuh lebih segar dan mencegah kondisi keringat yang semakin parah.

Hiperhidrosis Idiopati

Penyebab berkeringat di malam hari juga bisa berasal dari kondisi hiperhidrosis idiopati. Ini merupakan kondisi di mana tubuh menghasilkan terlalu banyak keringat tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini termasuk gangguan kronis yang perlu mendapatkan penanganan yang baik. Bagi Anda yang berkeringat di malam hari dana jangka waktu cukup lama, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kondisi kesehatan yang dialami sekaligus mendapatkan penanganan yang baik.



3 dari 5 halaman

Penyebab Berkeringat di Malam Hari : Infeksi dan Kanker

Infeksi

Penyebab berkeringat di malam hari berikutnya yaitu akibat infeksi. Dalam hal ini, tuberkulosis merupakan gangguan infeksi yang paling sering dikaitkan dengan gejala keringat malam. Meskipun begitu, infeksi bakteri, seperti seperti endokarditis (radang katup jantung ), osteomielitis (radang pada tulang), dan abses juga dapat menyebabkan gejala yang sama. Selain itu, penderita infeksi HIV juga sering kali mengalami gejala keringat di malam hari.

Kanker

Kanker juga termasuk salah satu penyebab berkeringat di malam hari yang perlu diwaspadai. Dikatakan, munculnya keringat di malam hari merupakan gejala awal dari beberapa jenis penyakit kanker, yang paling umum adalah kanker limfoma. Selain itu, penderita kanker yang tidak terdiagnosis juga sering mengalami beberapa gejala lain, seperti penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas, serta demam.

4 dari 5 halaman

Penyebab Berkeringat di Malam Hari : Hipoglikemia dan Konsumsi Obat

011 siti rutmawati©www.huffingtonpost.com

Hipoglikemia

Penyebab berkeringat di malam hari juga bisa menjadi tanda gangguan penyakit hipoglikemia. Hipoglikemia adalah kondisi di mana kadar gula darah dalam tubuh rendah. Penderita yang mengalami gangguan ini sering kali mengalami gejala keringat di malam hari. Orang yang menggunakan insulin dan konsumsi obat diabetes oral juga mungkin mengalami hipoglikemia yang disertai dengan keringat di malam hari.

Konsumsi Obat

Penyebab berkeringat di malam hari juga bisa berasal dari pengaruh konsumsi obat tertentu. Konsumsi beberapa jenis obat memang sering kali dikaitkan dengan gejala peningkatan keringat, termasuk keringat malam. Dalam hal ini, obat depresan menjadi salah satu jenis obat umum yang sering menyebabkan keringat malam. Dari 8% hingga 22% orang yang menggunakan obat antidepresan. Obat-obatan yang diminum untuk menurunkan demam, seperti aspirin dan asetaminofen, juga terkadang menimbulkan efek keringat malam. Bahkan beberapa jenis obat lain bisa menyebabkan keringat malam disertai muka memerah.

5 dari 5 halaman

Penyebab Berkeringat di Malam Hari : Gangguan Hormon dan Neurologis

Gangguan Hormon

Gangguan hormon juga termasuk salah satu faktor penyebab berkeringat di malam hari. Keringat yang sering muncul saat malam hari dan gejala kulit memerah memang kerap terjadi pada orang yang mengalami gangguan hormon. Ini termasuk gangguan hormon pheochromocytoma, sindrom karsinoid, dan hipertiroidisme. Jika Anda memiliki kondisi ini, berkonsultasi dengan dokter menjadi langkah baik untuk membantu mengendalikan gejala, termasuk keringat di malam hari.

Kondisi Neurologis

Penyebab berkeringat di malam hari yang terakhir namun tidak kalah penting yaitu gangguan neurologis. Kondisi neurologis seperti disrefleksia otonom, siringomielia pasca trauma, stroke, dan neuropati otonom dapat menyebabkan peningkatan keringat. Gejala keringat ini pun akan semakin buruk saat malam hari.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini