8 Manfaat Penelitian Sosial yang Perlu Diketahui, Dilengkapi Ciri-Ciri dan Tujuannya

Rabu, 6 Mei 2020 19:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
8 Manfaat Penelitian Sosial yang Perlu Diketahui, Dilengkapi Ciri-Ciri dan Tujuannya Ilustrasi belajar menggunakan media laptop. © mentalfloss.com

Merdeka.com - Dalam bidang perkembangan ilmu, terutama masalah riset atau penelitian merupakan suatu bidang yang harus terus digerakkan. Bukan tanpa alasan, penelitian di sini menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah ada menjadi temuan-temuan baru yang bisa bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.

Kegiatan penelitian ini bisa mencakup berbagai ilmu dan bidang. Mulai dari penelitian kimia, mikrobiologi, mesin dan teknologi, bahasa, hingga budaya. Masing-masing penelitian ini mempunyai tujuan dan manfaat tersendiri bagi kehidupan masyarakat. Salah satu penelitian yang ditujukan langsung untuk mempelajari kehidupan masyarakat adalah penelitian sosial.

Pada dasarnya, penelitian sosial dapat dikatakan sebagai suatu pengamatan atau penyelidikan terhadap berbagai fenomena sosial, gejala sosial, dan hal-hal yang terjadi di masyarakat untuk lebih lanjut dipelajari. Dalam hal ini, penelitian sosial menggunakan teori atau pendekatan-pendekatan ilmu sosial untuk memahami fenomena yang terjadi di masyarakat.

Seperti penelitian lainnya, penelitian sosial juga memiliki manfaat tersendiri yang bisa didapatkan oleh pihak lembaga akademis maupun peneliti itu sendiri. Lebih dari itu, penelitian sosial tentunya dapat memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat secara umum, sebagai objek yang diteliti.

Lalu apa saja manfaat penelitian sosial yang bisa didapatkan oleh masyarakat, lembaga akademis, maupun pihak peneliti. Dilansir dari situs dosensosiologi.com, berikut kami telah merangkum manfaat penelitian sosial beserta ciri-ciri dan tujuannya.

1 dari 4 halaman

Mengenal tentang Penelitian Sosial

ilustrasi buku

©2014 Merdeka.com/shutterstock/monticello

Sebelum mengetahui manfaat penelitian sosial, akan lebih baik untuk memahami pengertian sosial terlebih dahulu. Menurut Soerjono Soekanto, penelitian merupakan proses pengungkapan kebenaran melalui kegiatan ilmiah dengan menggunakan konsep dasar suatu ilmu.

Sedangkan penelitian sosial dapat dipahami sebagai suatu usaha mengamati atau meneliti untuk mendapatkan ilmu pengetahuaan dan informasi untuk menjawab suatu pertanyaan fenomena sosial, melalui serangkaian metode ilmiah yang hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam hal ini, penelitian sosial menggunakan berbagai metode dan teori ilmu sosial untuk melihat fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat. Melalui metode dan teori tersebut, peneliti bisa mendapatkan pola atau gambaran untuk menjawab suatu pertanyaan sosial.

2 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Penelitian Sosial

002 tantri setyorini

©2015 Merdeka.com/The Richest/Shutterstock

Selain manfaat penelitian sosial, ciri-ciri yang terdapat dalam penelitian sosial juga perlu diperhatikan. Dengan begitu, peneliti bisa lebih memahami perbedaan penelitian sosial dengan penelitian di bidang lainnya. Sehingga peneliti bisa lebih fokus dalam melaksanakan penelitian dan mendapatkan hasil yang diharapkan. Berikut beberapa ciri penelitian sosial yang perlu diketahui:

  1. Penelitian sosial mempunyai tujuan tertentu untuk menjawab pertanyaan penelitian dan membuat penelitian lebih fokus dan tidak bercabang pada hal lain.
  2. Penelitian sosial dilakukan dengan terencana, menggunakan metode yang sistematis dan tepat sasaran.
  3. Penelitian sosial melakukan analisis secara logis atau rasional dengan menggunakan suatu teori sebagai dasar atau pedomannya.
  4. Penelitian sosial bersifat ilmiah dan diangkat dari fenomena atau kejadian yang benar-benar terjadi di masyarakat, atau bersifat empiris.
  5. Proses pencarian data dalam penelitian sosial dilakukan secara objektif, di mana peneliti harus bersikap netral atau tidak memihak dan tidak memiliki kecenderungan tertentu.
  6. Objek dalam penelitian sosial adalah gejala dan fakta sosial yang benar-benar terjadi di masyarakat.
  7. Penelitian sosial menghasilkan suatu kesimpulan dapat ditarik generalisasi, terutama pada penelitian sosial yang menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan pada penelitian kualitatif, peneliti harus menghindari generalisasi karena objek penelitian dilakukan dalam lingkup sempit dan kontekstual.
  8. Penelitian sosial dilakukan dalam suatu proses yang cukup panjang, mulai dari proposal penelitian, proses penelitian atau pencarian data, dan dilanjutkan dengan analisis data.
  9. Dalam penelitian sosial, biasanya disertai dengan instrumen atau alat penelitian seperti kuesioner, alat perekam suara maupun gambar, serta pedoman wawancara.
  10. Peneliti memerlukan manajemen waktu yang baik dalam melakukan penelitian sosial, agar penelitian dapat dilakukan dengan efisien dan efektif.
  11. Dalam penelitian sosial perlu dilakukan kontrol terhadap variabel penelitian, agar variabel lain yang di luar penelitian tidak mengganggu dan mempengaruhi hasil penelitian.
3 dari 4 halaman

Tujuan Penelitan Sosial

ilustrasi bekerja sambil berdiri

©medicalnewstoday.com

Dalam penelitian sosial juga terdapat tujuan penelitian yang menjadi fokus utama penelitian tersebut dilakukan. Tidak kalah penting dengan ciri dan manfaat penelitian sosial, tujuan penelitian juga harus dipahami oleh para peneliti.

Dengan begitu, peneliti bisa merancang tujuan dan fokus yang ingin didapatkan dalam pelaksanaan penelitian. Berikut beberapa tujuan penelitian yang perlu diketahui:

  1. Mendeskripsikan fenomena yang terjadi dalam masyarakat.
  2. Menjelaskan hubungan antar fenomena di masyarakat
  3. Memperkirakan fenomena sosial yang mungkin terjadi di kemudian hari.
  4. Mengembangkan program atau teknik penelitian tertentu.
4 dari 4 halaman

Manfaat Penelitian Sosial

menggunakan media laptop

© mentalfloss.com

Setelah mengetahui ciri dan tujuan, berikut merupakan manfaat penelitian sosial yang penting untuk dipahami bagi para peneliti atau researcher. Manfaat penelitian sosial ini bisa mencakup manfaat sosial untuk masyarakat secara umum, manfaat bagi lembaga akademis, maupun manfaat bagi peneliti. Berikut beberapa manfaat penelitian sosial yang perlu diketahui :

Manfaat Sosial

  • Digunakan untuk menemukan solusi atau kemungkinan terbaik dalam memecahkan masalah sosial.
  • Digunakan untuk menganalisis gejala sosial yang terjadi di masyarakat.
  • Digunakan untuk mendapatkan gambaran sebab-akibat suatu fenomena, kebijakan, atau perubahan sosial.
  • Memperkirakan fenomena sosial yang akan terjadi berdasarkan fakta yang telah dihadapi.

Manfaat Akademis

  • Untuk mengetahui ketercapaian dan keberhasilan program penelitian.
  • Memberikan rekomendasi atau referensi serta mendorong dilakukannya penelitian lanjutan yang bersifat progresif.

Manfaat Peneliti

  • Sebagai salah upaya untuk memenuhi syarat akademik atau pengembangan karir.
  • Mendorong sikap kritis, kerja keras, dan pantang menyerah bagi setiap peneliti.
[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini