8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja, Mudah dan Efektif

Kamis, 6 Oktober 2022 13:30 Reporter : Jevi Nugraha
8 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja, Mudah dan Efektif Ilustrasi ngantuk. ©shutterstock.com/Helder Almeida

Merdeka.com - Cara mengatasi ngantuk saat kerja perlu diketahui setiap orang, terutama mereka yang bekerja di dalam ruangan. Saat bekerja, tak jarang rasa kantuk muncul dan acap kali mengganggu pekerjaan. Tidak hanya menghambat pekerjaan, kondisi ngantuk saat bekerja juga rentan ditegur atau dimarahi atasan.

Kesibukan sering kali membuat banyak orang tidak dapat mencukupi kebutuhan tidur pada malam hari. Akibatnya, rasa kantuk menyerang dari pagi hingga sore, yang tentu sangat mengganggu pekerjaan. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi ngantuk saat kerja.

Ada sejumlah cara mengatasi ngantuk saat kerja agar tetap produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut cara mengatasi ngantuk saat kerja yang merdeka.com lansir dari Healthline:

2 dari 3 halaman

Berjalan-jalan Sebentar

002 destriyana

©2014 Merdeka.com/Shutterstock/HalfbottleSansri

Cara mengatasi ngantuk saat kerja yang pertama, yaitu berjalan-jalan sebentar. Ketika rasa kantuk muncul saat kerja, tetap di tempat duduk hanya akan akan memperparah kondisi tersebut. Untuk itu, cobalah beranjak dari tempat duduk Anda, lalu pergi keluar ruangan untuk berjalan-jalan sebentar.

Namun, apabila Anda sedang tidak bisa meninggalkan tempat kerja, cobalah untuk menggoyangkan kaki saat duduk. Selain itu, Anda juga bisa berjalan mondar-mandir di dalam ruangan.

Cuci Muka dengan Air Dingin

Cara mengatasi ngantuk saat kerja selanjutnya adalah cuci muka dengan air dingin. Anda bisa pergi ke kamar mandi dan basuh wajah dengan air dingin. Cara sederhana ini dipercaya efektif untuk menghilangkan kantuk dengan cepat dan memberikan kesegaran yang Anda butuhkan.

Setelah itu, Anda bisa mengonsumsi camilan. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi camilan yang manis dan berlemak, karena tidak baik bagi kesehatan. Pilih camilan sehat untuk menghilangkan rasa kantuk, seperti kacang-kacangan, buah, atau yoghurt.

Minum Kopi

Minum kopi atau kafein juga dipercaya efektif sebagai cara mengatasi ngantuk saat kerja. Kopi. Kandungan kafein ini sejak dulu dikenal mampu meningkatkan aktivitas di otak dan saraf. Namun, jika Anda tidak begitu menyukai kopi, masih ada beberapa minuman berkafein lainnya yang bisa Anda pilih, seperti teh hitam atau teh hijau.

Jaga Ruang Kerja Tetap Tenang

Menjaga ketenangan di ruang kerja juga efektif sebagai cara mengatasi ngantuk saat kerja. ika Anda bekerja pada siang hari, biarkan tirai jendela tempat kerja terbuka agar sinar matahari masuk. Jika Anda bekerja saat gelap, nyalakan lampu untuk membantu Anda tetap terjaga dan waspada.

3 dari 3 halaman

Mendengarkan Musik

ilustrasi mendengarkan musik
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Mendengarkan musik dengan tempo cepat menjadi salah satu cara mengatasi ngantuk saat kerja yang cukup efektif. Bekerja di tempat yang sepi kadang membuat seseorang mudah ngantuk. Maka dari itu, dengarkan musik dengan tempo cepat dan ceria, agar kantuk hilang.

Selain itu, Anda juga bisa mondar-mandir di dalam ruangan atau melakukan stretching sederhana. Cara mengatasi ngantuk saat kerja ini bisa Anda lakukan bila sedang tidak bekerja meninggalkan pekerjaan.

Meregangkan lengan ke samping secara bergantian atau menekuk leher ke samping dan memutarnya, dapat mengendurkan otot yang tegang dan menjaga aliran dan tubuh tetap berenergi.

Tidur Siang sebelum Bekerja

Cara mengatasi ngantuk saat kerja adalah dengan tidur siang sejenak. Meskipun tidur siang adalah hal yang sulit dilakukan di tempat kerja, tidur siang sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan kewaspadaan Anda.

Tips ini mungkin akan lebih berguna bagi pekerja shift, yang mungkin diminta untuk bekerja pada jam-jam tertentu atau bergantian. Tidur siang, setidaknya 15 hingga 20 menit sebelum bekerja, dapat membantu meningkatkan kewaspadaan Anda sambil menunggu giliran shift.

Menghirup Udara Segar

Cara mengatasi ngantuk saat kerja lainnya, yaitu menghirup udara segara. Hiruk pikuk suasana di dalam kantor membuat pikiran menjadi jenuh. Cobalah keluar sebentar untuk menghirup udara segar. Jalan-jalan sambil bernapas dalam-dalam bisa menyegarkan pikiran.

Selain itu, Anda juga bisa naik turun tangga yang ada di ruang kerja. Meningkatkan kecepatan detak jantung adalah cara asyik lain untuk mencegah kantuk saat bekerja. Jadi sebaiknya Anda naik turun tangga agar jantung berdetak lebih cepat, sehingga Anda akan terhindar dari rasa kantuk.

Olahraga Secara Rutin

Olahraga secara rutin berperan penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit saat bekerja. Ketika tubuh rajin berolahraga, pemakaian oksigen dalam tubuh menjadi lebih efektif dan optimal. Untuk itu, fisik akan lebih bugar dalam menghadapi beragam aktivitas.

Rutin berolahraga kira-kira 3-5 kali per minggu, selama minimal 30 menit sangat penting sebagai cara menghilangkan ngantuk. Kamu bisa memilih olahraga aerobik seperti bersepeda, lari, dan renang.

Itulah beberapa cara mengatasi ngantuk saat bekerja. Jangan lupa sebelum memulai aktivitas sehari-hari, cobalah untuk jalan-jalan kecil sebelum bekerja dan mengonsumsi sarapan sehat. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari rasa kantuk yang kerap mengganggu pekerjaan.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini