7 Wisata di Padang yang Seru dan Asyik, Wajib Dikunjungi

Senin, 3 Oktober 2022 06:03 Reporter : Novi Fuji Astuti
7 Wisata di Padang yang Seru dan Asyik, Wajib Dikunjungi kota tua padang. ©2021 Merdeka.com/ dispar.sumbarprov.go.id/

Merdeka.com - Berlibur merupakan cara terbaik untuk mencegah stres di tengah padatnya aktivitas sehari-hari. Agar suasana berlibur terasa semakin seru dan menyenangkan baiknya kamu mengajak keluarga dan teman-teman dekatmu. Salah daerah di Indonesia yang terkenal memiliki banyak tempat wisata seru dan asyik adalah Padang.

Tak heran bila kemudian wisata di Padang banyak jadi tujuan baik oleh wisatawan pribumi maupun wisatawan dari daerah lainnya di Indonesia. Selain dapat bercanda tawa dengan keluarga wisata di Padang kamu juga dapat menyegarkan pikir sehingga bisa lebih semangat saat kembali disibukkan dengan aktivitas sehari-hari, salah satunya bekerja.

Sebelum pergi berlibur ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu tempat wisata di Padang yang ingin kamu kunjungi. Berikut informasi lengkap mengenai wisata di Padang yang seru dan asyik, wajib dikunjungi telah dirangkum merdeka.com melalui tripadvisor dan berbagai sumber lainnya.

2 dari 3 halaman

1. Jembatan Siti Nurbaya

Wisata di Padang yang seru dan asyik pertama adalah Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini menjadi salah satu ikonik kota Padang. Keberadaannya membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Aru.

Diberi nama Siti Nurbaya, tak lain dan tak bukan karena fungsinya sebagai akses penghubung menuju Gunung Padang yang menjadi latar tempat novel klasik Siti Nurbaya. Selain sebagai jalur akses penghubung, jembatan ini biasanya juga dijadikan tempat untuk menikmati panorama matahari terbenam dengan pemandangan Kota Tua Padang.

Bagi kamu yang mencintai pemandangan senja pergi ke Jembatan Siti Nurbaya jadi keputusan yang tepat, kamu juga bisa berfoto dengan latar pemandangan senja yang cantik dan estetik.

2. Kota Tua Padang

kota tua padang

©2021 Merdeka.com/ dispar.sumbarprov.go.id/


Wisata di Padang yang satu ini sangat cocok untuk kamu para pecinta wisata sejarah dan budaya. Wisata Kota Tua Padang merupakan deretan deretan gedung tua yang memiliki usia hampir mencapai ratusan tahun. Wisata di Padang yang satu ini membentang dari Jalan Muaro, Pasa Mudik, Pasa Gadang, Batang Arau, Pada Tanah Kongsi, hingga wilayah Pondok.

Tempat ini juga cocok untuk kamu yang ingin mengabadikan momen kebersamaan bareng pasangan atau keluarga, berlatar bangunan yang klasik dapat menambah nilai estetik hasil fotomu nanti.

3. Pantai Padang

Wisata di Padang yang seru dan asyik selanjuntya adalah Pantai Padang. Pantai ini termasuk wisata di Padang yang paling fovorit di mata para pengunjung.

Terlebih setelah Pemerintah Kota Padang memoles destinasi ini dengan berbagai fasilitas. Ketika cuaca cerah, Pantai Padang termasuk tempat yang ideal untuk menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat dengan bias merahnya yang mengagumkan.

4. Pantai Air Manis

polisi jaga kawasan pantai air manis padang

©2020 Merdeka.com

Tak hanya Pantai Padang, pantai lainnya yang tak kalah cantik yang bisa kamu kunjungi di Padang adalah Pantai Air Manis. Wisata di Padang yang satu ini jadi salah satu wisata yang ikonik. Di sana kamu dapat menjumpai sebuah batu yang menyerupai bentuk manusia tengah bersujud. Batu ini diyakini sebagai bentuk Malin Kundang yang dikutuk sang ibu.

Salah satu hal yang tak kalah menarik, karena ada juga bebatuan yang berbentuk tali tambang kapal serta kayu yang menyerupai bentuk pecahan badan kapal. Penduduk setempat juga percaya bahwa batu-batuan tersebut tidak hanya sebatas kebetulan, melainkan menjadi bukti jika legenda dari Malin Kundang memang sungguh terjadi.

3 dari 3 halaman

5. Pantai Nirwana

pantai nirwana padang

©Instagram/rikirinaldi_photography


Masih berbau wisata pantai, di Padang kamu juga bisa mengunjungi Pantai Nirwana yang tak kalah indah dibanding pantai lainnya. Wisata di Padang ini letaknya tak jauh dari pelabuhan Teluk Bayur.

Dari Pantai Nirwana pengunjung dapat melihat kapal-kapal yang sedang bersandar di pelabuhan Teluk Bayur. Saat air surut, batu karang dan koral kecil yang bertebaran bisa terlihat di sepanjang pantai. Pepohonan kelapa di pinggir pantai ini juga makin memberi nuansa tropis yang eksotis.

6. Pulau Pasumpahan

Wisata di Padang yang sayang untuk dilewatkan juga ada Pulau Pasumpahan. Pulau Pasumpahan berlokasi di sisi barat Pantai Padang dengan luas wilayah sekitar 5 hektar. Pasir di Pantai Pulau Pasumpahan berwarna putih, berpadu dengan jernihnya air laut yang berwarna biru memukau.

Daya tarik lain yang dimiliki objek wisata di Padang ini adalah permukaan laut yang seolah terbagi menjadi tiga warna dengan gradasi warna bening, hijau, dan biru jika dilihat dari bibir pantai.

7. Pulau Sikuai

Tak hanya Pulau Pasumpahan, wisata di Padang lainnya adalah Pulau Sikuai. Pulau Sikuai merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat pulau Sumatra. Secara administrasi pemerintahan, pulau ini masuk ke dalam wilayah kecamatan Bungus Teluk Kabung, kota Padang.

Pulau ini termasuk pulau beriklim tropis sepanjang tahun dengan pantainya yang berpasir putih. Pulai ini juga masih memiliki hutan tropis yang alami. Sekitar 2.4 Ha dari luas pulau Sikuai telah digunakan sebagai kawasan resort sedangkan sisanya berupa kawasan hutan dan pantai.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini