Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Jenis Paragraf Eksposisi Beserta Contohnya, Perlu Diketahui

7 Jenis Paragraf Eksposisi Beserta Contohnya, Perlu Diketahui Ilustrasi membaca. © Picjumbo

Merdeka.com - Dalam karya tulisan Bahasa Indonesia, paragraf merupakan bagian tulisan yang tersusun dari beberapa kalimat. Antara satu kalimat dengan kalimat yang lain harus disusun sedemikian rupa sehingga mampu memberikan pemahaman yang saling berkaitan. Dalam hal ini, paragraf dapat menjelaskan, memaparkan, hingga menyampaikan informasi tentang suatu topik.

Fungsi paragraf untuk menjelaskan, memaparkan, dan menerangkan informasi ini juga disebut dengan paragraf eksposisi. Biasanya paragraf eksposisi ini disajikan dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan jelas. Biasanya jenis paragraf eksposisi ini dapat ditemui pada tulisan berita atau petunjuk penggunaan produk.

Paragraf eksposisi sendiri terbagi dalam beberapa jenis, sesuai dengan isi dan fungsi yang dimiliki. Mulai dari eksposisi definisi yang berfungsi untuk memaparkan pengertian, hingga eksposisi klarifikasi yang bertujuan untuk mengelompokkan. Untuk memahaminya secara lebih jelas, kami telah merangkum jenis paragraf eksposisi berikut beserta contohnya.

Dilansir dari Liputan6.com, berikut beberapa jenis paragraf eksposisi beserta contohnya yang perlu Anda ketahui.

Jenis Paragraf Eksposisi Definisi

ilustrasi buku

©2014 Merdeka.com/shutterstock/monticello

Jenis paragraf eksposisi yang pertama adalah eksposisi definisi. Sesuai dengan namanya, eksposisi definisi bertujuan untuk memaparkan atau menerangkan pengertian dari suatu topik. Biasanya, jenis paragraf ini cenderung fokus pada karakteristik dari topik yang sedang dibahas. Jenis teks eksposisi definisi sendiri banyak terdapat pada buku pelajaran atau artikel. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh eksposisi definisi :

"Kentang adalah umbi bawah tanah yang tumbuh di akar tanaman kentang, Solanum tuberosum. Tanaman ini berasal dari keluarga nightshade dan terkait dengan tomat dan tembakau. Kentang asli Amerika Selatan dan dibawa ke Eropa pada abad ke-16 dan sekarang ditanam dalam varietas yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. Kentang umumnya dimakan direbus, dipanggang, atau digoreng dan sering disajikan sebagai lauk atau camilan."

Jenis Paragraf Eksposisi Proses

Jenis paragraf eksposisi yang kedua adalah eksposisi proses. Jenis eksposisi yang satu ini berfungsi untuk menerangkan proses atau langkah dari suatu topik atau kegiatan.

Dalam paragraf ini biasanya berisi tahapan-tahapan, dari awal hingga akhir. Penggunaan jenis paragraf ini bisa ditemui pada buku petunjuk penggunaan suatu produk, atau juga dalam artikel resep masakan.

Contoh paragraf eksposisi proses adalah sebagai berikut :

"Untuk membuat masker kentang, campur 3 sendok makan air kentang dengan 2 sendok makan madu. Aduk hingga merata, oleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama 10 hingga 15 menit atau sampai mengering dan kemudian cuci bersih."

Jenis Paragraf Eksposisi Ilustrasi

ilustrasi buku

©Shutterstock/Maglara

Selanjutnya, jenis paragraf eksposisi juga bisa berupa ilustrasi. Paragraf eksposisi jenis ini memberikan gambaran suatu topik disandingkan dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan.

Biasanya paragraf ini menggunakan kata penghubung “seperti” dan bagaikan.

Berikut adalah salah satu contoh jenis paragraf eksposisi ilustrasi :

"Sebenarnya, kondisi ekonomi kita sudah relatif membaik. Indikatornya dapat dilihat dari berbagai aspek. Misalnya, dalam bidang otomotif. Setiap hari kita temukan aneka kendaraan melintas di jalan raya. Sepeda motor baru, mobil pun baru."

Jenis Paragraf Eksposisi Pertentangan

Berikutnya adalah jenis paragraf eksposisi pertentangan. Jenis eksposisi yang satu ini biasanya membandingkan satu hal dengan hal lain yang memiliki sifat berlawanan. Dalam paragraf ini sering kali menggunakan kata penghubung “akan tetapi”, “sebaliknya”, “walaupun”, atau “meskipun begitu”.

Berikut contoh paragraf eksposisi pertantangan yang bisa dipahami :

"Planet Merkurius memang sangat menarik. Lama waktu rotasi dan revolusinya benar-benar bertolak belakang. Merkurius hanya butuh waktu 88 hari untuk melakukan revolusi mengelilingi matahari. Namun untuk berotasi di porosnya sendiri, planet ini butuh 59 hari. Sangat kontras dengan bumi yang hanya butuh waktu rotasi 1 hari saja."

Jenis Paragraf Eksposisi Perbandingan

ilustrasi membaca buku

©Pixabay

Jenis paragraf eksposisi selanjutnya adalah eksposisi perbandingan. Jenis paragraf eksposisi ini umumnya berisi penjelasan suatu informasi yang disampaikan dengan gaya bahasa perbandingan.

Dalam penulisannya, suatu hal dibandingkan dengan hal lainnya entah itu berupa persamaan maupun perbedaan. Berikut adalah salah satu contohnya :

"Hukuman bagi para koruptor di Indonesia terbilang masih sangat lemah. Bahkan penegak hukum dengan mudahnya disuap untuk meringankan proses hukuman. Bayangkan saja, koruptor ratusan miliar hanya mendekam di penjara selama 3 tahun saja. Pantas saja korupsi di Indonesia semakin meningkat. Berbeda dengan pemerintahan China yang menerapkan hukuman mati bagi para koruptor. Sehingga tingkat pidana korupsi di China sangat sedikit."

Jenis Paragraf Eksposisi Berita

Berita juga termasuk salah satu jenis paragraf eksposisi yang tidak boleh dilupakan. Eksposisi berita biasanya berisi informasi yang merupakan hasil laporan dari terjadinya suatu peristiwa. Bukan hanya itu, eksposisi berita juga bisa memuat informasi dari sebuah penelitian. Contohnya pun dapat dilihat dengan jelas di media-media cetak seperti koran atau majalah, maupun media online. Berikut adalah contoh dari paragraph eksposisi berita :

"Banjir bandang yang melanda kota Yokohama pada hari Kamis kemarin telah merendam ratusan rumah warga dan 7 orang dinyatakan hilang. Banjir tersebut terjadi pada dini hari di saat orang tengah terlelap. Banjir terjadi disebabkan hujan yang telah mengguyur kota dari pagi sampai sekarang belum berhenti. Akibatnya sungai tidak mampu menampung volume air."

Jenis Paragraf Eksposisi Klasifikasi

011 tantri setyorini

© Picjumbo

Terakhir adalah jenis paragraf eksposisi klasifikasi. Eksposisi klasifikasi biasanya berupa paragraph yang memuat informasi suatu topik dengan pembagian atau pengelompokan ke dalam beberapa kategori.

Biasanya jenis paragraf ini disampaikan secara terstruktur dan rinci agar pemaparan klasifikasi yang dilakukan dapat dipahami secara jelas. Berikut contoh dari paragraf eksposisi klasifikasi :

"Sistem penamaan jenis-jenis kritik sastra bervariasi, tergantung pada pendekatan yang digunakan. Pendekatan moral menekankan pada pertalian karya sastra dengan wawasan moral dan agama. Pendekatan historis, bekerja atas dasar lingkungan karya sastra yang berkaitan dengan fakta-fakta dari zaman dan hidup pengarang. Pendekatan impresionistik menjadi ciri khas aliran sastra romantik, menekankan pada efek personil karya sastra pada kritikusnya."

(mdk/ayi)
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tujuan Teks Eksposisi, Lengkap dengan Penjelasannya
Tujuan Teks Eksposisi, Lengkap dengan Penjelasannya

Teks eksposisi adalah suatu jenis karangan yang memaparkan gagasan, konsep, atau fakta yang bersifat umum.

Baca Selengkapnya
Paragraf Eksposisi Adalah Paragraf yang Didukung Fakta, Ketahui Ciri-ciri, Macam dan Contohnya
Paragraf Eksposisi Adalah Paragraf yang Didukung Fakta, Ketahui Ciri-ciri, Macam dan Contohnya

Paragraf eksposisi adalah medium untuk menyajikan fakta, data, atau konsep dengan cara yang objektif dan sistematis.

Baca Selengkapnya
Konotatif adalah Istilah yang Dipakai di Beragam Jenis Teks atau Percakapan, Pahami Pula Makna Denotatif
Konotatif adalah Istilah yang Dipakai di Beragam Jenis Teks atau Percakapan, Pahami Pula Makna Denotatif

Biasanya, kata bermakna konotatif kerap ditemukan pada karya sastra mulai dari puisi, pantun, hingga cerpen dan masih banyak lagi.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya
Contoh Kata Keterangan, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

Kata keterangan adalah jenis kata yang memberikan informasi tambahan atau detail mengenai kata lain dalam kalimat, kecuali kata benda

Baca Selengkapnya
Contoh Sinonim beserta Penjelasan Definisi dan Fungsinya
Contoh Sinonim beserta Penjelasan Definisi dan Fungsinya

Sinonim adalah ungkapan baik berupa kata, frasa, atau kalimat yang kurang lebih sama maknanya dengan ungkapan yang lain.

Baca Selengkapnya
Jenis Konjungsi Waktu Beserta Fungsi dan Contohnya, Pelajari Lebih Lanjut
Jenis Konjungsi Waktu Beserta Fungsi dan Contohnya, Pelajari Lebih Lanjut

Konjungsi adalah sebuah kata yang penting untuk menghubungkan kalimat satu dengan kalimat yang lainnya.

Baca Selengkapnya
Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui
Contoh Teks Tanggapan Lengkap Beserta Strukturnya yang Perlu Diketahui

Kumpulan contoh teks tanggapan dan penjelasan lengkapnya.

Baca Selengkapnya
Contoh Kata Pengantar beserta Elemen dan Cara Penulisannya
Contoh Kata Pengantar beserta Elemen dan Cara Penulisannya

Kata pengantar memiliki peran penting dalam memberikan pandangan singkat tentang isi karya yang akan dibaca, sambil memberikan rasa penasaran kepada pembaca.

Baca Selengkapnya
Proporsi adalah Seimbang, Berikut Penjelasannya
Proporsi adalah Seimbang, Berikut Penjelasannya

Proporsi adalah konsep yang mengacu pada hubungan antara bagian-bagian dari suatu objek atau gambar yang berdasarkan ukuran, skala, dan posisi relatif mereka.

Baca Selengkapnya