6 Cara Menghadapi Masalah Hidup yang Berat, Dijamin Pikiran dan Hati Semakin Tenang

Rabu, 12 Agustus 2020 13:45 Reporter : Jevi Nugraha
6 Cara Menghadapi Masalah Hidup yang Berat, Dijamin Pikiran dan Hati Semakin Tenang Ilustrasi stres. Shutterstock/KieferPix

Merdeka.com - Sudah menjadi garis hidup manusia bahwa tidak selamanya akan merasakan bahagia. Setiap orang pasti pernah memiliki masalah berat di dalam hidupnya. Pengalaman pahit tersebut ada yang sifatnya ringan, sedang, hingga berat yang bisa menyebabkan seseorang mengalami trauma psikis dalam jangka panjang.

Banyaknya masalah di dalam hidup bisa memunculkan pikiran-pikiran negatif yang menyebabkan seseorang menjadi cemas, stres, bahkan mengalami depresi obsesif. Hal ini terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pola pikir yang selalu negatif terhadap diri sendiri, dan lingkungan sekitar. Masalah berat ini jika tidak segera diatasi maka bisa memicu terjadinya gangguan serius, seperti depresi.

Melansir dari Healthline, depresi merupakan gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus mengalami tekanan dan kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, seseorang yang mengalami depresi juga tidak bisa membina hubungan baik dengan lingkungan sekitar.

Lantas, bagaimana cara menghadapi masalah hidup yang berat? Simak penjelasannya yang Merdeka.com lansir dari Psychology Today berikut ini.

2 dari 6 halaman

Meditasi

ilustrasi meditasi
Shutterstock/lzf

Cara menghadapi masalah hidup yang pertama ialah melakukan meditasi. Aktivitas ini menjadi salah satu cara relaksasi tubuh dan pikiran agar dapat melepaskan beban. Mulai dari peristiwa yang paling menarik hingga menakutkan bisa diatasi dengan melakukan meditasi.

Meditasi bisa juga disebut kegiatan bercermin melihat diri sendiri dalam rangka memperbaiki, mengoreksi dan membenahi semua hal yang pernah dialami. Manfaat meditasi begitu besar bahkan dapat membuat pikiran kita jauh lebih positif dan mencegah berbagai macam penyakit, baik jasmani maupun rohani.

Bersikap Terbuka dan Berserah Diri

Cara menghadapi masalah yang berat berikutnya yaitu berusaha untuk selalu bersikap terbuka dan berserah diri. Semakin menghindari masalah dan mencoba menutup-nutupi peristiwa, dapat membuat keadaan kian memburuk. Oleh karena itu, mencoba untuk memaafkan diri sendiri dan menumbuhkan kepercayaan diri menjadi salah satu cara terbaik untuk menghadapi masalah.

Selain itu, bersikap terbuka terhadap orang-orang terdekat seperti sering mencurahkan perasaan dan isi hati bisa menjadi obat psikologis agar suasana hati lebih tenang dan tentram. Mencurahkan isi hati ini juga bisa dilakukan dengan cara-cara lain seperti menulis, melukis, dan melakukan berbagai aktivitas yang bisa membuat hati lega. 

3 dari 6 halaman

Selalu Berdoa dan Bersyukur

ilustrasi berdoa
©Shutterstock

Sudah kita ketahui bersama bahwa manusia di dunia tentu tidak akan pernah lepas dari permasalahan hidup. Hampir dapat dipastikan setiap orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Hal inilah yang kemudian harus disadari bahwa kita tidak hidup sendiri dan masih banyak orang di luar sana yang mengalami masalah lebih besar.

Salah satu puncak kebahagiaan ialah ketika seseorang mampu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selalu percaya bahwa semua masalah yang kita hadapi sekarang adalah upaya mendewasakan diri agar ke depan dapat menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu, masih banyak hal di dunia ini yang patut kita syukuri seperti memiliki sahabat, keluarga, dan pekerjaan.

4 dari 6 halaman

Menghadapi Rasa Takut

Cara menghadapi masalah hidup yang berat lainnya adalah selalu berusaha menghadapi rasa takut. Seseorang yang memiliki rasa takut yang berlebihan bisa menurunkan produktivitas saat menjalani kehidupan sehari-hari. Dengan menguatkan hati dan selalu berusaha untuk berpikir positif.

Di samping itu, saat kita sedang dihadapkan dengan berbagai persoalan, yang harus kita lakukan ialah selalu mengambil atau melihat sisi baiknya. Usahakan untuk selalu menghindari untuk mencari kesalahan orang lain, dengan begitu, akan melatih pikiran kita menjadi lebih positif.

5 dari 6 halaman

Mengingkatkan Optimisme

013 tantri setyorini
©2019 Merdeka.com/Pexels

Meningkatkan optimisme merupakan salah satu cara menghadapi masalah yang paling efektif. Ketika memiliki rasa optimis tinggi maka kita menjadi pribadi yang tidak takut gagal saat akan melakukan berbuat sesuatu. Ketahui dan pahami dengan jelas apa masalah yang melingkupi hidup Anda.

Selain itu, seseorang yang memiliki rasa optimis juga cenderung akan siap dengan segala risiko yang bisa terjadi, sehingga akan membuat kita jauh lebih tenang saat menghadapi masalah dan bisa menghindarkan diri dari stres.

6 dari 6 halaman

Melihat Sudut Pandang Lain

ilustrasi meditasi
©Shutterstock/Alexander Tihonov

Sudah kita ketahui bersama bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ketika kita sedang dihadapkan dengan berbagai masalah, yang harus kita lakukan ialah selalu mengambil atau melihat sisi baiknya. Usahakan untuk selalu menghindari untuk mencari kesalahan orang lain, dengan begitu, akan melatih pikiran kita menjadi lebih positif. 

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini