Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Wisata Banjanegara Populer, Sajikan Pemandangan Alam hingga Wahana Rekreasi

5 Wisata Banjanegara Populer, Sajikan Pemandangan Alam hingga Wahana Rekreasi

5 Wisata Banjanegara Populer, Sajikan Pemandangan Alam hingga Wahana Rekreasi

Banjarnegara memiliki wisata alam dan wahana menarik untuk dikunjungi.

Banjarnegara adalah sebuah kabupaten yang kaya akan potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu daya tarik utamanya adalah keindahan alamnya yang memukau. Dari perbukitan hijau yang memikat hati hingga air terjun yang memesona.

Bukan hanya itu, Banjarnegara juga memiliki wisata taman rekreasi dengan beragam wahana seru yang patut dicoba. Jika Anda sedang mencari rekomendasi tujuan liburan, beberapa wisata Banjarnegara populer berikut bisa menjadi pilihan. Berikut kami merangkum informasinya.

1. Sumur Jalatunda

1. Sumur Jalatunda

Wisata Banjarnegara rekomendasi pertama adalah Sumur Jalatunda.

Sumur Jalatunda merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Banjarnegara. Tempat ini terkenal dengan sejarahnya yang menarik serta ukuran dan kedalamannya yang tak terduga.

Sejarah Sumur Jalatunda telah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Kuno di Jawa Tengah. Menurut legenda, seorang putri kerajaan bernama Dewi Rengganis pergi mandi di sekitar wilayah yang sekarang menjadi Sumur Jalatunda. Konon, Dewi Rengganis memiliki kecantikan yang luar biasa sehingga air mandiannya.

Dikatakan bahwa area sumur ini memiliki diameter sekitar 90 meter dengan kedalaman berkisar antara 100 hingga 150 meter. Tak heran, jika sumur ini dijuluki sebagai sumur terbesar di Indonesia. Banyak yang tertarik untuk menjelajahi atau sekadar melihat betapa dalamnya sumur ini.

Lokasi wisata Sumur Jalatunda ini terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Sumur Jalatunda. Harga tiket masuk untuk mengunjungi sumur ini cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 5.000 per orang. Anda bisa berkunjung ke objek wisata ini mulai pukul 07.00 - 16.00 WIB.

Sumur Jalatunda adalah tempat yang cocok untuk wisatawan yang tertarik akan sejarah dan keindahan alam. Dengan sejuknya udara pegunungan dan keunikan arsitektur bangunan di sekitarnya, mengunjungi Sumur Jalatunda akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

2. Kawah Sileri

2. Kawah Sileri

Wisata Banjarnegara populer berikutnya yaitu Kawah Sileri.

Kawah Sileri adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan pesona keindahan alam yang luar biasa. Kawah ini dikenal dengan panorama alamnya yang spektakuler dan pemandangan gunung yang memukau.

Asal-usul penamaan Kawah Sileri berasal dari bahasa Jawa, "sileri" berarti suara seperti peluit atau letusan. Nama ini diberikan karena sering terdengar suara letusan atau suara angin yang mengalir deras di dalam kawah ini. Fenomena ini membuat pengunjung merasa terpesona dengan keunikan dan keindahan yang ditawarkan.

Selain menikmati keindahan alam, objek wisata ini juga lengkap dengan beberapa fasilitas, sepert toilet, tempat parkir, serta warung makan dan minum. Jika tertarik berkunjung, lokasi Kawah Sileri berada di kawasan Dieng, tepatnya di Krajan, Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Kawah Sileri juga dapat dikunjungi kapan saja karena jam operasionalnya dari pagi hingga sore hari.

Harga tiket masuk ke Kawah Sileri terbilang terjangkau, yaitu sebesar Rp5.000 saja. Dengan harga yang relatif terjangkau, pengunjung bisa menikmati keindahan alam Kawah Sileri dan mengambil foto-foto yang menakjubkan di sekitar kawah ini.

3. Telaga Dringo

3. Telaga Dringo

Wisata Banjarnegara pilihan selanjutnya yaitu Telaga Dringo.

Telaga Dringo dikenal karena keindahan alamnya yang memukau dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Telaga Dringo terletak di kaki Gunung Slamet, sehingga pengunjung dapat menikmati panorama yang menakjubkan. Danau dengan air yang jernih, suasana sejuk, serta udara yang segar membuat Telaga Dringo menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan melepaskan penat.

Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan tracking di sekitar Telaga Dringo. Di sekitar danau, terdapat jalur tracking yang memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi keindahan alam sekitar danau. Ada juga spot-spot foto menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto selama berada di Telaga Dringo.

Lokasi Telaga Dringo mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dari Kota Banjarnegara, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Jam operasional Telaga Dringo buka selama 24 jam, sehingga pengunjung dapat datang kapan saja. Bukan hanya itu, harga tiket masuk ke Telaga Dringo juga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp5.000 per orang. Tentu, ini bisa menjadi pilihan destinasi liburan yang seru dan murah.

4. Curug Sirawe

4. Curug Sirawe

Curug Sirawe juga termasuk wisata Banjarnegara populer yang bisa Anda kunjungi.

Curug Sirawe adalah salah satu objek wisata yang terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan, khususnya air terjun yang berada di atas tebing curam.

Air terjun Curug Sirawe memiliki ketinggian sekitar 100 meter, membuatnya menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah. Suasana di sekitar air terjun sangat sejuk dan segar, dengan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang hijau.

Selain keindahan air terjunnya, Curug Sirawe juga menawarkan kolam kecil yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. Kolam tersebut berada di bagian bawah air terjun, sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil merasakan kesegaran airnya.

Lokasi Curug Sirawe juga mudah dijangkau, yaitu terletak di desa Bitingan, Kepakisan, Batur, Banjarnegara. Objek wisata ini pun buka selama 24 jam, sehingga pengunjung bebas kapan saja. Untuk tiket masuk, pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp5.000 per orang.

Curug Sirawe merupakan destinasi wisata yang sangat direkomendasikan bagi pecinta alam dan penggemar petualangan. Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, pengunjung akan dapat menikmati momen yang tak terlupakan di Curug Sirawe.

5. Taman Margasatwa Serulingmas

5. Taman Margasatwa Serulingmas

Wisata Banjarnegara populer lainnya adalah Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas.

Taman ini menawarkan berbagai fasilitas yang pastinya akan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

Salah satu fasilitas yang tersedia di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas adalah kolam renang yang bersih dan luas, tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati hari berenang bersama keluarga dan teman-teman.

Selain kolam renang, ada juga arena permainan anak yang menyenangkan, lengkap dengan taman bermain dan wahana yang aman. Anak-anak pasti akan sangat senang bermain di sana. Taman ini juga dilengkapi dengan pentas pertunjukan untuk menghibur pengunjung dengan berbagai atraksi unik.

Bagi pengunjung yang hobi memancing, terdapat juga arena pemancingan umum di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas. Di sini, Anda bisa menikmati momen menarik dengan mencoba keahlian memancing Anda sendiri.

Selain itu, ada juga toko cendera mata yang menjual berbagai macam barang unik dan suvenir sebagai kenang-kenangan dari kunjungan Anda. Jika Anda merasa lapar setelah beraktivitas di taman, tersedia juga rumah makan yang menyajikan hidangan lezat untuk memenuhi selera pengunjung.

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas terletak di Jalan Semanik No.35, Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jam operasional taman ini adalah dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya, sangat terjangkau hanya dengan Rp10.000 per orang.

Wisata Pangandaran Populer, Cocok untuk Liburan Singkat
Wisata Pangandaran Populer, Cocok untuk Liburan Singkat

Pangandaran memiliki beberapa pilihan wisata yang menarik dikunjungi.

Baca Selengkapnya
10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Ini Lokasinya
10 Tempat Wisata Banyuwangi yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Ini Lokasinya

kota di ujung timur Pulau Jawa ini rasanya memiliki begitu banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Wisata Banjarbaru Berkonsep Alam dan Rekreasi Keluarga Paling Hits dan Instagramable
Rekomendasi Wisata Banjarbaru Berkonsep Alam dan Rekreasi Keluarga Paling Hits dan Instagramable

Simak rekomendasi wisata Banjarbaru berkonsep alam dan rekreasi keluarga berikut. Wajib dikunjungi!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Wisata Sentul yang Populer dan Menarik, Tawarkan Pengalaman Berlibur Seru
Wisata Sentul yang Populer dan Menarik, Tawarkan Pengalaman Berlibur Seru

Sentul menarik untuk jadi tempat wisata karena menawarkan pesona alam yang asri, udara yang sejuk dan segar, serta beragam atraksi wisata yang dapat dijajal.

Baca Selengkapnya
8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan
8 Wisata Temanggung yang Populer, Indah dan Menakjubkan

Keindahan alam wisata Temanggung menawarkan pesona yang memukau bagi para pengunjung.

Baca Selengkapnya
12 Wisata Banten yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Cocok Jadi Destinasi Liburan
12 Wisata Banten yang Populer dan Wajib Dikunjungi, Cocok Jadi Destinasi Liburan

Beragam destinasi wisata membuat Banten menjadi tujuan yang cocok untuk berlibur.

Baca Selengkapnya
10 Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi saat Datang ke Negeri Atas Awan
10 Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi saat Datang ke Negeri Atas Awan

Rekomendasi wisata Dieng yang bisa dijadikan referensi liburan Anda bersama keluarga.

Baca Selengkapnya
13 Wisata Banjarmasin yang Menarik Dikunjungi, Cocok untuk Rekomendasi Liburan
13 Wisata Banjarmasin yang Menarik Dikunjungi, Cocok untuk Rekomendasi Liburan

Dari pasar terapung yang ramai hingga keheningan hutan pinus, kota ini menyimpan cerita di setiap sudutnya.

Baca Selengkapnya
Jadi Pemenang Desa BRILian 2023, Ini Cerita Desa Bansari di Temanggung Bergerak Menuju Desa Wisata
Jadi Pemenang Desa BRILian 2023, Ini Cerita Desa Bansari di Temanggung Bergerak Menuju Desa Wisata

Desa Bansari memiliki beragam potensi yang sedang dikembangkan agar bisa menggaet wisatawan

Baca Selengkapnya