5 Potret Hewan Liar di Hutan Petungkriyono, Ada Macan Tutul hingga Julang Emas

Minggu, 4 Desember 2022 10:15 Reporter : Shani Rasyid
5 Potret Hewan Liar di Hutan Petungkriyono, Ada Macan Tutul hingga Julang Emas Hutan Petungkriyono. ©Pekalongankab.go.id

Merdeka.com - Kehidupan di Pulau Jawa semakin padat. Permukiman penduduk di mana-mana. Kawasan industri baru dibangun. Dalam keadaan seperti ini, kawasan hutan alam yang tersisa makin sedikit.

Hutan Petungkriyono disebut merupakan salah satu kawasan hutan alam yang tersisa di Pulau Jawa. Di sana masih hidup banyak satwa langka yang keberadaannya makin terancam oleh para pemburu liar.

Walau begitu, pemilik YouTube Rendian88 berhasil merekam kehidupan mereka. Bahkan YouTuber itu berhasil menangkap penampakan hewan-hewan langka itu secara jelas melalui kamera tersembunyi.

Seperti apa penampakan satwa langka itu? Berikut selengkapnya:

2 dari 6 halaman

Penampakan Burung Terlangka di Jawa

penampakan hewan liar di hutan petungkriyono
©YouTube/Rendian88

Dalam perjalanannya, Rendian88 bersama tim penjelajah menyusuri semua sudut hutan. Belum jauh menjelajah, tim itu sudah menyaksikan Burung Hantu Bubo Ketupu bertengger di ranting pohon.

Di samping itu, ada pula penampakan Julang Emas yang merupakan salah satu jenis burung terlangka di Jawa.

3 dari 6 halaman

Penampakan Burung Kepodang

penampakan hewan liar di hutan petungkriyono
©YouTube/Rendian88

Selain itu, mereka juga merekam burung Kepodang yang sedang mematuk sesuatu dari dalam kelopak bunga di atas ranting pohon.

Walaupun ukurannya kecil, burung Kepodang juga merupakan salah satu burung langka yang bisa ditemukan di alam bebas.

4 dari 6 halaman

Penampakan Sosok Tak Diduga

penampakan hewan liar di hutan petungkriyono
©YouTube/Rendian88

Tim penjelajah terus masuk ke dalam hutan. Pada akhirnya mereka menemukan sebuah sungai kecil yang airnya begitu jernih. Namun di dekat sungai inilah mereka melihat penampakan sosok yang tak diduga.

Tak jauh dari sungai itu, tampak seekor macan tutul dengan santainya duduk rebahan. Macan tutul itu seakan cuek dengan kehadiran tim penjelajah dan tidak memperlihatkan reaksi apapun.

5 dari 6 halaman

Owa Jawa Bergelantungan di Pohon

penampakan hewan liar di hutan petungkriyono
©YouTube/Rendian88

Penampakan yang berhasil direkam penjelajah di Hutan Petungkriyono adalah Owa Jawa. Sama seperti satwa-satwa lainnya, keberadaan Owa Jawa juga makin langka.
Di Hutan Petungkriyono, keberadaan Owa Jawa menjadi ciri khas tersendiri. Selain gerakannya yang lincah saat berpindah dari pohon satu ke pohon lainnya, suaranya juga terdengar keras di tengah suasana asri hutan alam tersebut.

6 dari 6 halaman

Burung Srigunting Buat Sarang dari Sampah Bekas

penampakan hewan liar di hutan petungkriyono

©YouTube/Rendian88

Dalam penjelajahan itu, tim merekam seekor Burung Srigunting Batu yang sedang membuat sarang. Yang membuat tim penjelajah kaget adalah, burung itu membuat sarangnya dari suwiran plastik warna putih.

Selain itu, mereka juga merekam sepasang burung Tangkar Cetrong yang asyik bercengkrama. Jenis burung itu masuk ke dalam keluarga Corvidae, seperti halnya burung Cililin dan Tangkar Ongklet.

[shr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini