5 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Masalah Menstruasi, Mampu Redakan Kram Perut

Jumat, 3 Juli 2020 18:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari
5 Gerakan Yoga untuk Mengatasi Masalah Menstruasi, Mampu Redakan Kram Perut Gerakan Yoga Sederhana. ©2020 Merdeka.com/Yoga with Andriene

Merdeka.com - Seperti diketahui, menstruasi merupakan siklus alami yang selalu terjadi pada tubuh seorang wanita. Biasanya setiap kali siklus ini datang, akan disertai dengan munculnya berbagai gejala. Mulai dari pusing, mood atau suasana hati yang naik turun, pegal di bagian kaki atau paha, perut mulas, hingga terjadi kram perut. Deretan gejala ini umumnya muncul beberapa hari atau beberapa minggu sebelum hari pertama menstruasi tiba.

Meski begitu, sebagian orang masih merasakan beberapa gejala ini di awal menstruasi. Bahkan dapat dikatakan, sebagian besar wanita masih mengalami kram perut yang sangat mengganggu di hari pertama hingga hari kedua menstruasi. Tidak heran, jika banyak aktivitas yang terganggu dan tidak dapat berjalan seperti biasanya saat kondisi ini terjadi pada perempuan. Lebih dari itu, sebagian perempuan bisa mengalami pingsan saat gejala menstruasi ini datang.

Masalah kram perut dan beberapa gejala menstruasi lainnya memang tidak bisa dianggap remeh. Kondisi ini dinilai cukup mengganggu berbagai macam aktivitas keseharian yang dilakukan setiap wanita. Sehingga tidak heran, banyak wanita yang mengonsumsi jamu atau obat pereda nyeri agar bisa sedikit mengobati gejala yang ada.

Namun perlu diketahui, bukan hanya dengan mengonsumsi jamu atau obat pereda nyeri, ternyata kondisi kram perut maupun gejala lain saat menstruasi bisa diatasi dengan beberapa gerakan yoga. Beberapa gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

Bagi Anda yang masih sering merasakan kram perut dan masalah menstruasi lainnya, bisa mempraktikkan beberapa gerakan yoga berikut. Dilansir dari Brilio.net, berikut beberapa gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi yang bisa menjadi rekomendasi Anda.

1 dari 5 halaman

Gerakan Supta Swastikasana

5 gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi mampu redakan kram perut

©2020 Merdeka.com/YouTube/Yogasthali Yoga Societi

Gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi yang pertama adalah gerakan Supta Swastikasana. Gerakan ini dilakukan dengan meletakkan tubuh dalam posisi tidur terlentang, kemudian kedua kaki di tarik ke dalam seperti bersila, dengan kedua telapak kaki saling bersentuha. Anda juga bisa meletakkan kedua tangan di atas perut.

Gerakan ini dapat membantu membuat tubuh terasa lebih rileks. Selain itu, kedua kaki yang dilipat dapat menarik otot bagian paha, begitu juga bagian perut atau di letakkan lurus ke atas. Hal inilah tentu saja memberikan relaksasi peregangan pada perut, pinggang, dan paha yang terasa nyeri saat menstruasi.

Saat melakukan gerakan ini, Anda bisa berlatih pernapasan untuk membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Gerakan ini dapat dilakukan dalam waktu 3 – 5 menit.

2 dari 5 halaman

Gerakan Adho Mukha Virasana

5 gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi mampu redakan kram perut

©2020 Merdeka.com/YouTube/Roads To Bliss

Gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi yang kedua adalah Adho Mukha Virasana. Berbeda dengan gerakan sebelumnya, gerakan ini dilakukan dengan posisi duduk menelungkup. Caranya dengan duduk bersimpuh, kemudian letakkan guling di tengah paha, lalu tempelkan wajah pada guling dengan kedua tangan lurus ke depan.

Gerakan ini juga dapat membantu peregangan otot di sekitar paha serta punggung. Bukan hanya itu, gerakan ini juga bisa memberikan tubuh dan pikiran lebih rileks. Ini menjadi salah satu gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi yang patut dicoba. Anda bisa melakukan gerakan ini selam 2 – 3 menit.

3 dari 5 halaman

Gerakan Upavishta Konasana

5 gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi mampu redakan kram perut

©2020 Merdeka.com/YouTube/Yogasthali Yoga Societi

Gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi yang dapat dicoba berikutnya adalah Upavishta Konasana. Gerakan ini dilakukan dengan gaya split, yaitu dengan duduk di atas matras dengan kaki dibuka selebar-lebarnya. Kemudian angkat kedua tangan ke atas lalu dorong ke depan hingga menyentuh lantai.

Tidak jauh berbeda dengan pose yoga sebelumnya, gerakan yang satu ini juga membantu peregangan otot di bagian punggung, pinggang, serta paha. Melalui gerakan ini, dipercaya mampu meredakan gejala kram perut yang dialami saat menstruasi. Bagi Anda yang tertarik mencoba, bisa mempraktikkan gerakan ini selama 2 – 3 menit.

4 dari 5 halaman

Gerakan Savasana

5 gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi mampu redakan kram perut

©2020 Merdeka.com/Chopra.com

Gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi berikutnya adalah Savana. Gerakan Savana atau Corpse ini dilakukan meletakkan tubuh dengan posisi tidur terlentang dan santai di atas matras. Gerakan ini dapat membantu tubuh merasa lebih rileks. Selain itu, Anda juga bisa menekuk kaki dan meletakkannya pada guling. Ini menjadi salah satu gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi dengan efektif.

5 dari 5 halaman

Gerakan Supta Padangusthasana 2

5 gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi mampu redakan kram perut

©2020 Merdeka.com/YouTube/Yogasthali Yoga Societi

Gerakan yoga untuk mengatasi masalah menstruasi yang terakhir adalah Padangusthasana 2. Gerakan ini dilakukan dengan memfokuskan pada bagian kaki. Caranya, ikat salah satu kaki dengan tali, kemudian tarik tali tersebut hingga kaki dapat terbentang secara lurus. Lakukan hal yang sama pada kaki yang lain secara bergantian.

Gerakan ini dipercaya dapat meregangkan otot bagian kaki, paha, dan pinggang. Gerkan ini juga dapat membuat bagian kaki terasa rileks, sehingga gejala menstruasi seperti kram perut yang dirasakan bisa sedikit berkurang. Anda bisa mempraktikkan gerakan ini di rumah saat gejala kram perut menstruasi sedang dialami.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini