5 Cara Membuat Lirik Lagu yang Baik dan Menarik, Mudah Dipraktikkan Pemula

Rabu, 23 September 2020 11:15 Reporter : Jevi Nugraha
5 Cara Membuat Lirik Lagu yang Baik dan Menarik, Mudah Dipraktikkan Pemula Ilustrasi menulis. shutterstock

Merdeka.com - Mendengarkan musik atau lagu mungkin sudah menjadi kegiatan sehari-hari, terutama untuk kawula muda. Tak hanya sebagai hiburan, mendengarkan lagu juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, seperti membuat tubuh menjadi lebih rileks dan bahagia. Tentu saja, hal ini tak lepas dari irama atau lirik lagu yang kuat.

Lirik lagu menjadi salah satu faktor penentu dalam kesuksesan dalam sebuah lagu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lirik lagu merupakan karya puisi yang dinyanyikan. Bentuk ekspresi emotif tersebut diwujudkan dalam bunyi dan kata.

Seperti yang sudah diketahui, lirik menjadi salah satu unsur penting dalam sebuah lagu. Bahkan, meski memiliki melodi yang indah, namun jika lirik suatu lagu tidak bagus, tentu hal ini bisa merusak lagu secara keseluruhan. Sehingga, sebelum membuat lirik lagu, pastikan untuk benar-benar memahami struktur umum lagu.

Ada beberapa langkah khusus yang perlu diperhatikan dalam membuat lirik lagu. Pasalnya, kekuatan lirik lagu dapat mengubah suasana hati, sikap, cara berpikir, bahkan perilaku seseorang. Berikut ini cara membuat lirik lagu yang menarik:

2 dari 4 halaman

Memahami Struktur Lagu

Cara membuat lirik lagu yang pertama ialah memahami struktur umum lagu. Ada beberapa bagian atau unsur penting dalam sebuah lagu yang perlu dipahami, seperti intro, bait, chorus, dan bridge. Tak hanya itu, Anda juga perlu memahami struktur AABA, yang mana menjadi salah satu struktur dasar dalam sebuah lirik lagu.

Struktur ini menjadi salah satu struktur yang paling banyak digunakan dalam musik modern. Dalam ilmu struktur lagu, A biasanya menandakan bait dan B menandakan chours. Yang mana di dalam struktur ini terdapat dua bait, satu chours, dan kemudian bait terakhir.

ilustrasi mendengarkan musik
©2019 Merdeka.com/Pixabay

Menentukan Tema Lirik

Cara membuat lirik lagu yang perlu diperhatikan oleh pemula berikutnya ialah menentukan tema. Sebelum menulis, pastikan tema yang ingin diangkat di dalam lirik lagu tersebut sudah jelas. Misalnya, Anda akan membuat lagu dengan tema persahabatan, maka kembangkan alur cerita di dalam lirik tersebut tentang sahabat.

Selain itu, ada banyak tema yang bisa digunakan, seperti kritik sosial, spiritual, keresahan, hingga percintaan. Pilih tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, hal ini bisa membuat lirik menjadi lebih kuat dan memiliki daya tarik.

Menentukan Kata-kata

Cara membuat lirik lagu berikutnya adalah menemukan kata-kata yang tepat dan menarik. Dalam proses menentukan kata-kata ini, pastikan untuk memilih kata yang jujur dan menghindari seluruh lirik berirama. Selain itu, hindari penggunaan frase yang aneh hanya untuk mendapatkan lirik berirama, bahkan sebenarnya lirik lagu tidak perlu berirama sama sekali.

3 dari 4 halaman

Pembuatan Melodi

Salah satu lirik lagu yang baik ialah memiliki makna mendalam dengan ritme yang harus terkendali. Saat pertama kali menulis lagu, sebaiknya mencari melodi yang sudah ditulis. Hal ini menjadi salah satu cara membuat lirik lagu yang mudah dilakukan dibandingkan mencoba menciptakan melodi sendiri.

ilustrasi mendengarkan musik©2019 Merdeka.com/Pixabay

Cara membuat lirik lagu dengan melodi tersebut, Anda bisa menulisnya sendiri atau bekerja sama dengan teman yang bisa memainkan alat musik. Saat membuat melodi, buatlah rentang nadanya tidak terlalu jauh sehingga orang lain bisa ikut menyanyikannya. Selain itu, usahakan untuk memberi ketukan ekstra di beberapa bagian lagu, agar saat menyanyikan lirik lagu tersebut ada jeda untuk bernafas.

4 dari 4 halaman

Proses Menyelesaikan Lirik Lagu

Setelah selesai merangkai kata hingga menjadi sebuah lirik lagu, pastikan untuk membaca dan meneliti kembali tulisan yang sudah dibuat. Jika ada beberapa kata yang dirasa kurang tepat, Anda bisa memperbaikinya sampai benar-benar sempurna. Pasalnya, saat lirik lagu yang telah dibuat dimainkan bersama musik, tidak menutup kemungkinan terjadi beberapa perubahan.

Di samping itu, Anda juga bisa mengendapkan hasil karya tersebut. Dalam tahap ini, cukup Anda diamkan lirik lagu tersebut sekitar 7-10 hari. Hal ini perlu dilakukan untuk memperbaiki kembali lirik lagu yang sudah dibuat.

Setelah proses pengendapan karya selesai, Anda bisa meminta saran atau masukan kepada orang lain. Hal ini sebagai pertimbangan apakah lirik yang dibuat sudah sesuai dan mudah dimengerti apa belum. Jika perlu dievaluasi, silakan mempertimbangkan kembali dan sesuaikan ulang dengan lirik yang ada.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini