30 Kata-Kata Hari Kesaktian Pancasila, Penuh Makna Mendalam

Sabtu, 1 Oktober 2022 04:00 Reporter : Jevi Nugraha
30 Kata-Kata Hari Kesaktian Pancasila, Penuh Makna Mendalam Ilustrasi Pancasila. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kata-kata Hari Kesaktian Pancasila bisa dibagikan kepada sahabat dan orang-orang terdekat. Setiap 1 Oktober, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa.

Di samping itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi. Penetapan Hari Kesaktian Pancasila ini sangat erat kaitannya dengan peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI. Peristiwa pemberontakan tersebut telah menyebabkan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, bangsa Indonesia selalu melakukan upacara. Selain menghargai jasa para pahlawan, peringatan ini juga perlu dilakukan agar bisa menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, Anda juga bisa membagikan kata-kata Hari Kesaktian Pancasila.

Berikut kata-kata Hari Kesaktian Pancasila yang merdeka.com lansir dari Brilio dan sumber lainnya:

2 dari 4 halaman

Kata-Kata Hari Kesaktian Pancasila yang Penuh Makna

upacara hari kesaktian pancasila
©2015 merdeka.com/imam buhori

1. Sila artinya asas atau dasar, dan atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi. – Ir Soekarno

2. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Jaya selalu Indonesiaku. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

3. Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

4. Pancasila membuat perbedaan jadi kekayaan. Pancasila merajut keragaman jadi keindahan. Pancasila itu menyatukan. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

5. Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan. - Ir Soekarno

6. Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah. - Ir Soekarno.

7. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia yang lebih baik.

8. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021. Berbeda, tapi tetap bersatu untuk Indonesia tangguh. Jaga kebhinekaan, jaga kerukunan, saling menghargai dan menghormati.

9. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Terus amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari. Memupuk kerukunan dapat dimulai dari lingkungan terdekat. Cinta keluarga, cinta sesama, dalam interaksi sosial bawa selalu semangat Pancasila.

10. Beda agama, beda bahasa, beda warna kulit, tapi satu dalam jiwa Indonesia dan semangat Pancasila.

3 dari 4 halaman

Kata-Kata Hari Kesaktian Pancasila yang Inspiratif

11. Jangan hanya menghafal Pancasila, terapkan juga nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari! Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

12. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Teruskan cita-cita luhur pendiri bangsa, jangan sampai Pancasila hanya menjadi legenda semata.

13. Selamat Hari Kesaktian Pancasila, semoga seluruh masyarakat Indonesia bisa memaknai arti perbedaan. Bhinneka Tunggal Ika Indonesia.

14. Para pendahulu kita telah berhasil menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Kini giliran kita menjaganya! Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

15. Pancasila adalah pedoman bernegara selalu menjadi kekuatan sumber kesaktian buat inspirasi, motivasi bagi keluarga dan masyarakat. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

16. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Kita jaga tali persaudaraan dari semua perbedaan dengan rasa cinta dan kasih demi menjaga peradaban yang maju, sentosa, dan bahagia.

17. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Mari kita jaga kebhinnekaan, kerukunan, saling menghargai dan menghormati, dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

18. Berbeda, tapi tetap bersatu untuk Indonesia tangguh. Jaga kebhinnekaan, jaga kerukunan, saling menghargai dan menghormati. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

19. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Pancasila lahir menjadi simbol dari negara Indonesia, yang menjadi perwujudan dari keberagaman yang ada. Kita akan senantiasa merawat keberagaman agama, budaya, suku, adat dan bahasa, dengan Pancasila sebagai perekat kebhinnekaan Indonesia.

20. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Semoga Pancasila bisa benar-benar menjadi asas pemersatu bangsa, tidak digunakan untuk menindas yang berlawanan maupun digunakan hanya untuk yang berkepentingan.

4 dari 4 halaman

Kata-Kata Hari Kesaktian Pancasila yang Bangkitkan Semangat Kebangsaan

21. Teruskan cita-cita pendiri bangsa, jangan sampai Pancasila cuma menjadi legenda semata. Semoga senantiasa dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

22. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Teruskan cita-cita leluhur pendiri bangsa kita, jangan sampai Pancasila hanya menjadi legenda semata.

23. Selamat memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Mari kita abadikan semangat persatuan dan kesatuan. NKRI dengan nilai luhur bangsa kita Pancasila.

24. Selamat Hari Kesaktian Pancasila. Jadikan momentum ini untuk mengenang jasa para pahlawan sekaligus menjunjung tinggi nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika.

25. Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan suatu gurauan belaka, melainkan benar-benar sepenuhnya didukung dengan kekuatan dari bangsa kita sendiri. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

26. Sampai kapan pun, kita boleh saja untuk berbeda pendapat, namun untuk kepentingan bangsa, kita semua harus bersatu padu, tak peduli apa pun rintangan di hadapan kita. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

27. Pancasila tak butuh diucapkan kelima butirnya. Namun ia butuh diamalkan dalam kehidupan nyata. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

28. Pancasila lahir menjadi simbol negara Indonesia sebagai perwujudan dari keberagaman yang ada. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober.

29. Jangan cuma teriak merdeka tanpa aksi, karena segala sesuatu yang tidak disertai dengan tindakan hanyalah omong kosong.

30. Kematian para pahlawan atas nama Pancasila tidaklah menjadi hal sia-sia karena mereka mati demi mengemban cita-cita bangsa. Selamat Hari Kesaktian Pancasila.

[jen]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini