3 Fakta Menarik Gua Jepang di Bantul, Sebagai Benteng Pertahanan dari Serangan Sekutu

Kamis, 17 September 2020 12:56 Reporter : Shani Rasyid
3 Fakta Menarik Gua Jepang di Bantul, Sebagai Benteng Pertahanan dari Serangan Sekutu Gua Jepang Bantul. ©Kemdikbud.go.id

Merdeka.com - Pada saat menjajah Indonesia, Jepang membangun banyak gua sebagai tempat persembunyian dan menyimpan persenjataan serta logistik. Gua-gua yang mereka bangun tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya berada di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul. Gua Jepang di wilayah tersebut berjumlah 18 buah.

Dilansir dari Kemdikbud.go.id, Gua Jepang di Bantul ini dibangun tak lama setelah Jepang menduduki Indonesia pada 5 Maret 1942. Di sana, gua-gua itu dibangun di daerah pegunungan yang letaknya tak jauh dari pantai. Mereka membangun gua-gua di sana sebagai strategi untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pendaratan tentara Sekutu di sepanjang laut selatan.

Tak hanya sebagai tempat pengintaian musuh, pada praktiknya Gua Jepang di Bantul juga digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata. Bagi setiap tentara yang ingin berperang, tempat itu menjadi lokasi penting dalam penyebaran senjata, salah satunya meriam.

Lalu apa saja hal menarik lainnya mengenai keberadaan Gua Jepang di sana? Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Tentang Gua Jepang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini