3 Fakta Menarik Bruno, Kecamatan yang Pernah Jadi Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah

Rabu, 16 September 2020 13:09 Reporter : Shani Rasyid
3 Fakta Menarik Bruno, Kecamatan yang Pernah Jadi Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah Kecamatan Bruno. ©YouTube/Net Biro Jawa Tengah

Merdeka.com - Bruno adalah salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Dibanding kecamatan-kecamatan lainnya di kabupaten itu, Kecamatan Bruno letaknya cukup terpencil.

Wilayahnya berada di sebuah dataran tinggi yang sebagian besar masih berupa hutan. Udara di sini masih sangat bersih dengan kekayaan alam yang melimpah berkat buah-buahan dan hasil ternaknya.

Oleh karena itu, kondisi inilah yang menjadi tempat ideal bagi para pejuang Indonesia untuk mengadakan perang gerilya ataupun berlindung dari serangan musuh. Maka tak heran, ketika Semarang dikuasai Belanda pada masa revolusi fisik tahun 1945-1949, wilayah Bruno sempat menjadi “Ibu Kota darurat” Provinsi Jawa Tengah.

Jauh sebelum ditetapkan sebagai ibu kota darurat Provinsi Jateng, wilayah Bruno sebenarnya memang sering dijadikan lokasi pertempuran. Pada masa Perang Jawa (1825-1830), wilayah ini pernah jadi lokasi persembunyian Pangeran Diponegoro bersama senopatinya, Tumenggung Gajah Permada. Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Asal Mula Nama "Bruno"...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini