15 Agustus Peringati Hari Relaksasi Nasional di Amerika, Begini Sejarahnya

Senin, 15 Agustus 2022 06:30 Reporter : Ayu Isti
15 Agustus Peringati Hari Relaksasi Nasional di Amerika, Begini Sejarahnya Ilustrasi meditasi. Shutterstock/lzf

Merdeka.com - Melakukan aktivitas sehari-hari memang cukup melelahkan. Terlebih jika Anda memiliki kegiatan dan mobilitas yang padat setiap harinya. Selesai mengerjakan satu pekerjaan beralih atau pergi melakukan kegiatan lainnya. Tak heran, jika Anda sering merasa lelah, penat, bahkan stres karena kesibukan yang dilakukan setiap hari.

Dengan alasan inilah, penting bagi setiap orang untuk menjaga semuanya tetap seimbang. Bukan hanya produktif bekerja secara terus menerus, tetapi juga mengerti kapan harus beristirahat sejenak ketika tubuh sudah merasa lelah. Ini merupakan salah satu cara untuk relaksasi diri, agar energi tubuh tidak terkuras hingga habis dan kesejahteraan mental tetap terjaga dengan baik.

Seperti di Amerika, terdapat peringatan khusus yang mempromosikan hal ini. Tidak lain adalah Hari Relaksasi Nasional yang diperingati setiap tahun pada 15 Agustus. Perayaan ini diadakan untuk menganjurkan masyarakat bersantai, bermeditasi, dan teknik relaksasi lainnya guna menghilangkan beban stres.

Pertama kali diprakarsai oleh Sean Moeller pada tahun 2016, peringatan ini terus dirayakan setiap tahun hingga sekarang. Dengan peringatan ini, diharapkan lebih banyak masyarakat menyadari pentingnya relaksasi untuk menyeimbangkan kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang penasaran sejarah lengkapnya.

Melansir dari National Today, berikut kami rangkum sejarah peristiwa 15 Agustus yang diperingati sebagai Hari Relaksasi Nasional di Amerika, bisa disimak.

2 dari 4 halaman

Sejarah Hari Relaksasi Nasional

Sejarah peristiwa 15 Agustus yang diperingati sebagai Hari Relaksasi Nasional di Amerika, bermula dari seorang pebisnis yang berasal dari Michigan, Sean Moeller. Moeller bahkan telah memikirkan tentang ide hari relaksasi ini sejak tahun 1985, saat dirinya masih berusia 9 tahun. Bagaimana bisa bersantai, menikmati waktu dengan lebih relaks dan menyenangkan.

Barulah, pada tahun 2016, ide Moeller tersebut benar-benar terwujud dan menjadi peringatan setiap tahun. Disebut Hari Relaksasi Nasional, peringatan ini mengajak masyarakat untuk bersantai, melakukan meditasi, dan teknik relaksasi lainnya untuk menghilangkan perasaan stres.

Selain membantu mengelola stres, teknik relaksasi ini juga membantu setiap orang untuk mendapatkan pikiran lebih tenang dan jernih. Di samping itu, relaksasi juga dapat menghasilkan konsentrasi yang lebih baik sehingga Anda bisa melaksanakan kegiatan dan pekerjaan setiap hari dengan lebih efektif.

Secara keseluruhan, peringatan relaksasi ini berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat agar bisa menyeimbangkan kehidupan sehari-hari lebih baik. Sehingga padatnya aktivitas atau pemicu stres lainnya tidak semakin memperburuk kondisi mental dan fisik yang membuat Anda frustasi. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan kegiatan santai yang menyenangkan, seperti berolahraga, yoga, menonton film, bermain video game, dan aktivitas lainnya yang disukai.

3 dari 4 halaman

Fakta Tentang Stres dan Bersantai

Setelah mengetahui sejarah 15 Agustus yang diperingati sebagai Hari Relaksasi Nasional di Amerika, berikutnya terdapat fakta-fakta tentang stres dan bersantai yang menarik untuk disimak. Pertama, dikatakan bahwa menikmati waktu untuk bersantai itu adalah cara sehat yang dapat dilakukan sehari-hari. Di mana bersantai dapat membantu melancarkan sistem pernapasan dan aliran darah yang mengedarkan lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh.

Kedua, bersantai dengan mendengarkan musik yang tenang dapat mengurangi tingkat stres secara efektif. Tak perlu biaya mahal dan usaha yang besar, cukup dengan mendengarkan musik tenang atau musik kesukaan, dapat meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh.

Sayangnya, fakta terakhir menyebutkan bahwa dari sebuah penelitian sekitar 40 persen orang tidak meluangkan waktu untuk bersantai, sementara 45 persen orang tidak tahu cara bersantai. Tentu fakta ini cukup mengejutkan, bahwa masih banyak orang yang terus menerus bekerja dan mengesampingkan waktu bersantai untuk istirahat.

Dengan peringatan ini, diharapkan lebih banyak orang menyadari pentingnya bersantai dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada gunanya bekerja terus menerus karena hanya akan menguras tenaga dan energi dalam tubuh, bukan hanya fisik tetapi juga mental dan emosional. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tubuh yang sehat secara keseluruhan, usahakan untuk meluangkan waktu bersantai setiap hari agar kehidupan bisa lebih seimbang dan sejahtera.

4 dari 4 halaman

Cara Merayakan Hari Relaksasi Nasional

Setelah mengetahui sejarah peristiwa 15 Agustus atau Hari Relaksasi Nasional, terakhir akan dijelaskan bagaimana cara merayakan peringatan ini. Meskipun peringatan ini berlaku di Amerika, namun tak ada salahnya bagi masyarakat di seluruh dunia turut merayakan peringatan ini untuk kebaikan diri sendiri.

Cara merayakan Hari Relaksasi Nasional bisa dengan melakukan berbagai aktivitas santai yang menyenangkan. Anda bisa mencoba yoga, meditasi, berolahraga, berkebun, berlibur, memasak, atau menonton film bersama keluarga.

Cara berikutnya bisa dilakukan dengan membantu orang lain untuk bersantai. Ketika orang tua, anak, saudara, atau teman sedang memiliki banyak tugas, tawarkan diri untuk membantu tugas yang bisa dikerjakan. Meskipun bantuan yang bisa Anda berikan hanya berupa hal-hal ringan, namun ini cukup menunjukkan dukungan Anda pada orang lain, dan membantu pekerjaannya lebih cepat selesai.

Terakhir, cara yang baik dilakukan untuk merayakan Hari Relaksasi Nasional yaitu dengan membuat jadwal relaksasi. Buatlah jadwal rutin, kapan waktu Anda bisa bersantai dan menikmati waktu untuk diri sendiri. Setelah itu, usahakan untuk berkomitmen dengan rencana relaksasi yang telah dijadwalkan. Ini menjadi salah satu cara agar hidup Anda lebih sehat dan seimbang.

[ayi]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini