13 Remaja Bawa Sajam di Jalan Diamankan Polres Bantul, Pengguna Jalan Wajib Waspada

Sabtu, 3 Desember 2022 16:16 Reporter : Rizka Nur Laily M
13 Remaja Bawa Sajam di Jalan Diamankan Polres Bantul, Pengguna Jalan Wajib Waspada musim klitih di Yogyakarta. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebanyak 13 remaja pengendara motor diamankan polisi lantaran kedapatan membawa senjata tajam saat melintas di Jalan Bantul, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepolisian Resor (Polres) Bantul mengungkapkan, para remaja yang membawa senjata pemukul berupa gir motor yang diikat dengan dasi berwarna hijau ini diamankan pada Jumat (2/12/2022) sekitar pukul 23.00 WIB.

"Diamankan karena yang bersangkutan membawa senjata berupa gir motor," ujar Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana melalui pesan tertulis, Sabtu (3/12/2022).

Selain membawa gir, kata dia, belasan remaja ini juga membawa selang air sepanjang 65 cm dan dua cat semprot.

2 dari 3 halaman

Berstatus Pelajar

ilustrasi pelajar sma
©2022 Merdeka.com/Freepik

Adapun 13 remaja yang diamankan seluruhnya berstatus sebagai pelajar di Kabupaten Bantul. Mereka adalah MNR (15), PZP (15), RA (15), MR (15), DWS (15), MF (15), BW (15), AD (16), AFS (15), IJP (14), ABS (15),  AAH (14), dan APS (15).

Jeffry mengatakan bahwa menurut hasil pemeriksaan sementara tidak ditemukan adanya rencana tawuran antarkelompok maupun rencana melakukan kejahatan jalanan alias klitih. Namun, keberadaan senjata gir motor menjadi pertimbangan polisi mengamankan mereka sebagai bentuk antisipasi kejahatan.

"Belum terbukti, namun menjadi bahan pertimbangan dan antisipasi kami di mana gir motor kerap menjadi senjata dan cat semprot sebagai alat untuk tindakan vandalisme," ungkapnya, dikutip dari Antara.

Pihak Polres Bantul melakukan upaya awal dengan memanggil orang tua para pelajar. Selanjutnya, apabila diketahui perilaku para remaja ini mengarah pada kejahatan maka akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

"Tentu harus ada pembinaan dan bahan diskusi dengan pihak terkait lain, baik sekolah hingga Dinas Pendidikan setempat untuk mewujudkan rasa nyaman dan aman di wilayah Bantul," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Kronologi Kejadian

Penangkapan belasan remaja itu bermula pada Jumat sekitar pukul 20.30 WIB. Saat itu terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan ABS (15) sebagai pelaku.

Kejadian kecelakaan tersebut mendapat pertolongan dari warga dan anggota Samapta Polres Bantul.

Kemudian saat dilakukan pengecekan dan penggeledahan ditemukan satu senjata pemukul jenis gir motor tersimpan di dalam jok motor ABS.

"Tak lama kemudian ada beberapa remaja lain datang, sesuai keterangan pelaku ABS (15) memberi kabar kepada rekan-rekannya bahwa dirinya terlibat kecelakaan," ujar Jeffry.

Personel Polres Bantul kemudian memeriksa remaja lain yang berdatangan ke lokasi kecelakaan dan mendapati barang berupa selang dan dua cat semprot.

[rka]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini