10 Penyebab Penyakit Batu Ginjal dari Gaya Hidup, Jangan Dianggap Remeh

Selasa, 5 Oktober 2021 12:12 Reporter : Ibrahim Hasan
10 Penyebab Penyakit Batu Ginjal dari Gaya Hidup, Jangan Dianggap Remeh ginjal tubuh. theconversation.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ginjal merupakan salah satu organ penting yang berperan sebagai penyaring kotoran. Urin adalah hasil ekskresi utama organ ginjal yang berisi limbah dan racun berupa urea, kreatinin, amonia, hingga racun dari empedu dan hati.

Mengingat peran penting inilah upaya merawat ginjal dengan baik harus diterapkan. Jika tidak, berbagai penyakit ginjal selalu mengintai, satu di antaranya ialah penyakit batu ginjal.

Meski batu ginjal lebih beresiko pada usia 30 hingga 60 tahun, tak menutup kemungkinan anak-anak dan remaja mengidap penyakit berbahaya ini. Penyakit batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Rasa nyeri seperti ditusuk pisau pada perut menuju saluran kemih.

Gumpalan batu ginjal (bladder calculi) merupakan batu yang terbentuk dari endapan mineral yang ada di dalam kandung kemih. Ukuran batu kandung kemih sendiri beragam, tergantung seberapa parah penderita batu ginjal.

Penyebab penyakit batu ginjal salah satunya berasal dari kebiasaan atau gaya hidup yang salah. Jika tidak diantisipasi dengan serius, gaya hidup yang salah ini dapat menjadi petaka bagi kesehatan ginjal.

Untuk itu, berikut merdeka.com merangkum penyebab penyakit batu ginjal dari gaya hidup yang salah, melansir klikdokter dan liputan6.com.

Baca Selanjutnya: Penyebab Batu Ginjal dari Gaya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini