Waspada Corona, Anies Sarankan Warga Akan Salat Berjemaah Bawa Sajadah Sendiri

Jumat, 13 Maret 2020 12:34 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Waspada Corona, Anies Sarankan Warga Akan Salat Berjemaah Bawa Sajadah Sendiri anies baswedan. ©2018 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Pemerintah meminta seluruh masjid di Indonesia dilakukan pembersihan sebagai langkah antisipasi mencegah virus Corona atau Covid-19. Hal itu juga diimbau Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada seluruh pengurus masjid di wilayahnya.

"Ini amat sangat penting sekali. Mari sama-sama kita meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Jakarta," kata Anies dalam video diunggah dalam akun Instagramnya, Jumat (13/3).

Anies kembali mengingatkan agar warga Jakarta tidak panik tetapi harus tetap waspada.

"Oleh karena itu kewaspadaan daripada wabah ini harus kita tingkatkan. Prinsipnya memang sederhana, jangan panik, tapi jangan pula menganggap enteng, jangan meremehkan," sambungnya.

Anies mengutip hadis Rasulullah, "Jika kalian berada di sebuah tempat yang terserang wabah, maka janganlah kalian keluar darinya. Dan Apabila kalian mendengar wabah itu di suatu tempat, maka janganlah kalian mendatanginya."

Kemudian pesan Umar bin Khattab, "Menghindari wabah bukanlah lari dari takdir Allah, tapi berpindah dari satu takdir Allah ke takdir Allah yang lain."

Anies juga berpesan untuk warga muslim di Jakarta, jika ingin beribadah ke masjid untuk melakukan salat berjemaah tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Tetapi, dia mengimbau sejumlah hal mengingat kasus corona telah terdeteksi di Indonesia.

"Pertama saat berjemaah salat Jumat dan kegiatan salat jemaah lainnya di masjid, bawalah sajadah sendiri atau bawa sapu tangan untuk alas sujud," jelas dia.

Kemudian, mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah kegiatan salat Jumat. Ketiga, untuk sementara waktu hindari jabat tangan atau cium pipi.

"Gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa saling bersentuhan," kata Anies.

Selanjutnya, bila sedang flu atau batuk, maka gunakan masker. Apabila tiba-tiba akan batuk atau bersin, maka tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau lipatan siku tangan.

Anies juga meminta para pengurus masjid agar rutin memberikan pesan terkait virus corona saat pengumuman salat Jumat. Ingatkan jemaah untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan hindari sentuhan fisik untuk sementara waktu. Terakhir, menyediakan sabun di area-area wudhu.

Masjid Istiqlal Imbau Jemaah Bawa Perlengkapan Salat Sendiri

Terpisah, Imam Masjid Istiqlal, Nasarudin Umar, juga berpesan pada jemaah agar membawa persiapan salat masing-masing. Mulai dari sajadah, mukena, hingga sarung, sebab pihaknya tidak menyediakan karpet ataupun peralatan salat.

"Kami imbau kepada seluruh jemaah Masjid Istiqlal untuk membawa persiapan lain seperti misalnya kita enggak siapkan karpet. Mungkin bawa sajadah masing-masing," kata Nasaruddin di Masjid Istiqlal.

Untuk kesiapan menyambut Ramadan nanti, Nasaruddin memastikan Istiqlal tetap menyelenggarakan buka puasa bersama seperti tahun-tahun kemarin dengan kapasitas 3.000-4.000 untuk jemaah berbuka puasa.

"Insya Allah kita di bawah kontrol pihak terkait nanti ada itikaf 3 tahun terakhir lebih banyak dari tarawih. Insya allah kami antisipasi. 10 Hari terakhir Ramadan mudah-mudahan tidak kan ada kejadian istimewa. Insya Allah Istiqlal dan masjid lain bisa aman," ungkap Nasar.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini