Warga Antusias Ikuti Lebaran Betawi di Monas

Minggu, 21 Juli 2019 10:33 Reporter : Merdeka
Warga Antusias Ikuti Lebaran Betawi di Monas Suasana Lebaran Betawi di Monas. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Puncak perayaan Lebaran Betawi diselenggarakan hari ini di kawasan Monas, Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memulai perayaan tahunan ini sejak 19 Juli kemarin di tempat sama. Sejak pagi, ribuan warga sudah memadati lokasi. Mulai dari sekadar berolahraga, piknik hingga mencicipi kuliner khas Betawi.

Pantauan Liputan6.com, warga juga memenuhi depan panggung utama yang berada di depan silang Monas Selatan. Mereka antusias menyaksikan ragam hiburan kesenian khas Betawi sambil menunggu sambutan Gubernur Anies Baswedan.

"Saya tahu dari kemarin, tapi sengaja datang hari ini karena kan puncaknya ada musik-musik banyak," kata Dian, warga Kemayoran, Minggu (21/7).

Selain Anies, hadir juga Ketua Bamus Betawi Abraham Lunggana alias Lulung dan politikus PKS Hidayat Nur Wahid.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Panitia Lebaran Betawi, M Rifqi mengatakan kegiatan ini dimeriahkan oleh beragam acara yang mengandung unsur kesenian khas Betawi, antara lain sohibul hikayat, tanjidor, gambus, marawis, palang pintu, tarian Betawi, atraksi silat Betawi, gambang kromong, hingga lenong.

"Hari ketiga ini turut dimeriahkan dengan acara puncak, yaitu sorendo-rendo, karnaval budaya Nusantara," kata Rifqi.

Karnaval tersebut akan diikuti sebanyak 2.000 peserta dengan mengenakan pakaian adat berasal dari lima kota dan kabupaten di DKI Jakarta.

Lebaran Betawi ini mengusung tema 'Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia'.

Reporter: Delvira Hutabarat [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini