Wagub DKI: Kami Yakin Kemenaker Merespons Surat Anies Baswedan

Rabu, 1 Desember 2021 18:50 Reporter : Fikri Faqih
Wagub DKI: Kami Yakin Kemenaker Merespons Surat Anies Baswedan Anies Baswedan dan Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni. ©ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meyakini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bakal mempelajari dan merespon surat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan perihal UMP beberapa hari lalu.

"Kami masih menunggu, kami yakin Kemenaker akan mempelajari dan merespon dengan baik surat tersebut," katanya di Jakarta, Rabu (1/12).

Dalam surat bernomor 533/-085.15 tersebut, Anies meminta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah untuk meninjau kembali formula UMP yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) 36/2021 tentang Pengupahan.

Berdasarkan formula PP Nomor 36/2021, kenaikan UMP di Jakarta hanya sebesar Rp37.749 atau 0,85 persen menjadi Rp4.453.935 per bulan.

2 dari 2 halaman

Seperti dilansir dari Antara, Anies mengungkapkan, kenaikan tersebut dapat dikatakan lebih rendah dari tingkat kenaikan harga alias inflasi kebutuhan sehari-hari yang sudah mencapai 1,14 persen atau lebih tinggi dari persentase kenaikan UMP.

Anies menilai, kenaikan tersebut amat jauh dari layak dan tidak memenuhi asa keadilan mengingat peningkatan kebutuhan hidup pekerja yang terlihat dari inflasi DKI Jakarta sebesar 1,14 persen.

Dalam suratnya, Anies menjelaskan dinamika pertumbuhan ekonomi di Jakarta tidak semua sektor usaha mengalami penurunan.

Apalagi sebagian sektor masih mengalami peningkatan, sementara belum ada formula penetapan UMP yang baru.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang mengkaji ulang penghitungan UMP 2022 dan pembahasan kembali dengan pemangku kepentingan.

Baca juga:
Tolak UMK 2022, Buruh di Banten Ancam Mogok Selama Seminggu
Pemprov Jatim Umumkan UMK 38 Kabupaten Kota, Ini Besarannya Tiap Daerah
Menteri Bahlil Ajak Buruh Berjiwa Besar Soal Penetapan UMP 2022
Formula Hitung-hitungan Upah yang Dikritisi Anies
Fakta di Balik Penetapan UMK Jatim 2022, Warganet Ramai Komentar Ini
Fakta di Balik Aksi Buruh Jatim, Hampir Berhasil Dorong Kenaikan UMK 2022

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini