Tak cuma reklamasi, Anies didesak hentikan proyek break water Kepulauan Seribu

Jumat, 28 September 2018 23:06 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Tak cuma reklamasi, Anies didesak hentikan proyek break water Kepulauan Seribu Anies lantik 916 pejabat fungsional Pemprov DKI. ©2018 Liputan6.com/Arya Manggala

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, baru saja mencabut izin prinsip dan pelaksanaan 13 pulau reklamasi di pesisir Jakarta. Juru bicara Kaukus Masyarakat Kepulauan Seribu Tolak Reklamasi Soleh mendesak Anies menghentikan juga proyek break water di Kepulauan Seribu.

"Jangan cuma reklamasi saja yang dihentikan, ini proyek betonisasi laut yang juga bagian dari proyek Reklamasi Teluk Jakarta dihentikan sekalian. Jadi sempurna ikhtiarnya," kata Soleh kepada wartawan, Jumat (28/9).

Menurutnya, proyek breakwater yang dikerjakan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air Kepulauan Seribu tak sesuai dengan semangat Anies Baswedan pada kampanye kemarin.

"Ingat loh, Pak Anies pernah bilang ingin menjadikan Kepulauan Seribu sebagai wilayah konservasi ekologi. Terus anak buahnya malah betonin laut," ucap Soleh.

Menurut Soleh, proyek breakwater yang dikerjakan oleh Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kepulauan Seribu tak layak dilanjutkan karena tidak sesuai dengan fakta di lapangan.

"Kemarin kan alasannya karena abrasi laut. Lah ini kan sudah ada jalan lingkar. Jadi saya menduga, ini duit Rp87 miliar ini cuma proyek akal-akalan orang sudin," kata Soleh.

Soleh mengatakan, panjang breakwater yang ditenggelamkan mencapai ratusan meter di setiap titiknya. "Ini di Pulau Pramuka saja sekitar 500 meter dan di Pulau Panggang juga sekitar 500 meter. Saya tidak bisa membayangkan dampak kerusakan karang yang dihasilkan dari proyek sia-sia ini," ucapnya. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini