Survei Sukses Atasi Banjir: Ahok 42%, Jokowi 25%, Anies Baswedan 4,1%

Minggu, 16 Februari 2020 16:13 Reporter : Ahda Bayhaqi
Survei Sukses Atasi Banjir: Ahok 42%, Jokowi 25%, Anies Baswedan 4,1% Perpisahan Jokowi dan Ahok. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Indo Barometer melakukan survei terkait banjir di Jakarta. Hasilnya, Pemprov DKI dinilai paling bertanggung jawab ketimbang pemerintah pusat.

Dalam survei yang dilakukan pada 9-15 Januari, 61,4 persen responden menilai pemerintah provinsi DKI Jakarta bertanggungjawab menyelesaikan banjir. Dibandingkan, yang menilai pemerintah pusat bertanggungjawab sebesar 27,3 persen. Sementara, tidak tahu atau tidak menjawab 12,4 persen.

"Publik melihat tanggung jawab itu milik Pemprov DKI Jakarta," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari saat rilis survei di Kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (16/2).

1 dari 2 halaman

Indo Barometer turut membandingkan penyelesaian banjir dengan dua gubernur pendahulu Anies. Menurut survei itu, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dianggap paling berhasil mengatasi banjir.

"Menurut publik nasional untuk masalah banjir, gubernur Jakarta yang dianggap paling berhasil adalah Basuki Tjahaja Purnama (42 persen), disusul Joko Widodo (25 persen), dan Anies Baswedan (4,1 persen)," ujar Qodari.

Mayoritas publik (60,3 persen) menilai masalah banjir dapat diselesaikan. Sementara hanya (27,3) persen tidak dapat diselesaikan.

2 dari 2 halaman

Alasan bisa diselesaikan adalah penyebab banjir karena manusia (34,7 persen), penanganan banjir di Jakarta masalah cara (21,3 persen), kepemimpinan di Jakarta berpengaruh (11,7 persen), tergantung kebijakan pemerintah (11 persen), dan tergantung gubernur tegas dan berani (9 persen).

Survei nasional Indo Barometer ini dilaksanakan 9-15 Januari. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden dari seluruh Indonesia. Margin of error survei sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. [rnd]

Baca juga:
Anies Ajak Masyarakat Terima Baik Warga Jakarta usai Observasi di Natuna
Golkar Minta Anies Jelaskan Polemik Rekomendasi Formula E
Gerindra Sebut Anies Tidak Manipulasi Surat ke Kemensetneg
Sambangi Setneg, Ketua DPRD DKI Tuding Anies Bohong Soal Rekomendasi TACB
Dinas Kebudayaan DKI: Rekomendasi Formula E di Monas Pertimbangan TSP
Gubernur Anies Akan Bertemu Presiden Jokowi, Bahas Formula E
DPRD Sarankan Anies Pertimbangkan Ulang Untung Rugi Formula E Digelar di Monas

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini