Polda Metro Jaya Siapkan 1.000 Personel Atasi Masalah Lalu Lintas

Jumat, 9 Desember 2022 14:00 Reporter : Bachtiarudin Alam
Polda Metro Jaya Siapkan 1.000 Personel Atasi Masalah Lalu Lintas Razia pajak STNK di Depok. ©2022 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meluncurkan program baru 'police smart' bertujuan untuk menyelesaikan masalah yang dialami masyarakat khususnya di bidang lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menjelaskan jika program baru ini dibuat sebagai upaya jemput bola agar mengubah pola pikir masyarakat dalam mengatasi permasalahan lalu lintas.

"Kegiatan police smart ini untuk memberikan yang mengubah mindset (pola pikir) yang dulunya masyarakat ada masalah datang ke polisi, tetapi sekarang polisi sebelum masyarakat ada masalah mengetahui dan kita akan menyelesaikan," katanya usai memimpin apel di Polda Metro Jaya, Jumat (9/12).

Dia menjelaskan nantinya petugas akan memberikan edukasi perihal permasalahan, lebih khusus pada bidang lalu lintas seperti pembuatan SIM hingga pengurusan pajak kendaraan.

"Apa permasalahannya, mereka mau balik nama apa kesulitan mungkin cek fisiknya ya bila perlu polisi smart akan datang ke sana mengecek fisik kendaraan ke rumah-rumah orang tersebut," terangnya.

2 dari 2 halaman

Adapun nantinya, lanjut Latif, pihaknya telah menyiapkan sekitar 1.000 polisi lalu lintas yang akan disebar di setiap kelurahan untuk menjemput bola datang ke masyarakat mendampingi mereka dalam menyelesaikan permasalahan.

"Karena mereka itu kita tugasi di setiap kelurahan dan mereka pasti mengenal warga situ diharapkan," sambungnya.

Lebih lanjut, Latif mengatakan police smart itu akan mulai disebar hari ini sekira pukul 20.00 WIB dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Polda Metro Jaya.

"Contoh di warga itu ada yang mengalami kecelakaan mereka kadang bingung saya harus gimana ngurusnya gimana. Nah mereka akan mendampinginya, diharapkan polisi smart hadir di tengah mereka," ucapnya.

Sementara nantinya secara teknis setiap pelaporan bisa dilakukan melalui Aplikasi Police Smart melalui sistem yang akan terangkum. Dimana hal itu, nantinya akan terpantau oleh Ditlantas Polda Metro Jaya. [fik]

Baca juga:
Catat! Tilang Manual Berlaku Lagi Khusus 4 Pelanggaran Ini
Tilang Manual Kembali Berlaku, Jenis Pelanggaran yang Diincar
Arti Rambu Lalu Lintas yang Umum Ditemui, Perhatikan Simbol
Ada Reuni 212, Arus Lalu Lintas di Sekitar Masjid At-Tin Ramai Lancar
Reuni 212 di Masjid At-Tin, Ini Pengalihan Arus Lalin Sekitar
Simak Rekayasa Lalu Lintas Imbas Reuni 212 di Masjid At-Tin
Skenario Arus Lalu Lintas dan Kantong Parkir Antisipasi Reuni 212

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini