Polda Metro Harap Hibah Rp75,4 M dari DKI Segera Turun: Biar Bisa Langsung Kerja

Selasa, 24 Januari 2023 16:02 Reporter : Nur Habibie
Polda Metro Harap Hibah Rp75,4 M dari DKI Segera Turun: Biar Bisa Langsung Kerja ETLE di Jalan Asia Afrika. ©2021 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Dinas Perhubungan (Dishub) akan memberikan hibah sebesar Rp75.477.263.795 atau Rp75 miliar untuk Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya. Dana hibah itu akan dipergunakan untuk penambahan kamera tilang elektronik (Etle) sebanyak 70 unit.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, dana hibah untuk eTLE tersebut baru akan dikeluarkan setelah adanya Keputusan Gubernur (Kepgub).

"Timelinenya, sekarang Januari 2023 sudah (rapat) dengan Komisi B pada hari ini. Nanti pada bulan Maret, ada penerbitan Kepgub tentang hibah e-TLE. Diharapkan tidak terlalu lama biar kita bisa langsung bekerja," kata Latif di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (24/1).

2 dari 4 halaman

Latif berharap tak ada perubahan dari rencana yang ada dan pemberian tepat waktu. Karena pihaknya menargetkan 70 kamera e-TLE bisa terpasang tahun ini. Semakin cepat turun, maka proses pengadaan kamera e-TLE bisa segara diproses karena butuh waktu lima bulan untuk prosesnya.

"Sehingga diharapkan timeline ini betul-betul bisa sesuai, sehingga kami bisa mengerjakan sesuai dengan waktu pelaksanaannya. Karena proses lelang bisa 2 bulan sendiri (Mei-Juni). Nanti di bulan Juli-November itu pelaksanaan pengerjaan Etle," ujarnya.

"Mohon kepada jajaran Dishub, Pemprov DKI, agar dana hibah turun tepat waktu dengan mempertimbangkan alokasi waktu pelaksanaan lelang hingga waktu pelaksanaan pengerjaan etle selama 5 bulan," pesan Latif.

3 dari 4 halaman

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut, dana Rp75,4 miliar itu hanya diperuntukan untuk 70 kamera Etle saja.

"(Anggaran) untuk tahun ini yang sudah masuk APBD totalnya Rp75,4 miliar untuk 70 titik ETLE," ujar Syafrin.

Syafrin menegaskan, untuk 70 kamera Etle tersebut nantinya hanya akan dipasangkan atau berada di wilayah DKI Jakarta saja.

"(Titiknya) yang 70 cuma di Jakarta saja," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, mengungkapkan bakal menambah 70 titik kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) baru pada 2023.

"Jadi di luar yang ada sekarang, nanti ada 70 titik lagi untuk pengawasan terhadap ruas jalan belum ada ETLE," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Latif mengatakan pemasangan 70 titik kamera tilang elektronik baru tersebut ditargetkan terlaksana pada 2023.

"2023 nanti sekitar 70 ETLE statis dipasang," ucapnya. Dilansir dari Antara. [lia]

Baca juga:
Dishub DKI Segera Cairkan Dana Hibah Rp75,4 Miliar untuk ETLE
Tambah 70 Kamera ETLE, Polda Metro: Kalau Tak Segera DKI Ketinggalan dari Timor Leste
Menghitung Pemasukan Negara dari Denda Tilang
Pantang Mundur Tilang Elektronik
Aksi Pencurian di Lubuklinggau Makin Parah, Kamera ETLE Rusak Dijebol Pencuri
Korlantas Polri: 18 Juta Terekam ETLE, Cuma 600 Ribu Tilang Sampai ke Pelanggar

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini