Pertimbangan Anies Buka Kembali Bioskop: Di dalam Tak Banyak Bicara, Duduk Satu Arah

Rabu, 26 Agustus 2020 11:24 Reporter : Yunita Amalia
Pertimbangan Anies Buka Kembali Bioskop: Di dalam Tak Banyak Bicara, Duduk Satu Arah New normal bioskop di Thailand. ©REUTERS/Jorge Silva

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan kembali mengizinkan bioskop kembali beroperasi dalam waktu dekat. Protokol kesehatan dianggap bisa diterapkan di bioskop untuk meminimalisir penularan Covid-19.

Dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Gubernur Anies Baswedan mengatakan, ada beberapa pertimbangan Pemprov bersama para pakar dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional.Salah satunya, di ruang teater penonton duduk satu arah. Aktivitas bicara pun sangat terbatas di bioskop. Sehingga aktivitas bioskop dinilai cukup meminimalisir penularan.

"Penonton tidak saling bicara. Di bioskop semua diam, dan kalaupun ada percakapan antar orang yang kenal saja. Dan posisinya (posisi tempat duduk) pun satu arah," kata Anies, Rabu (26/8).

Anies menuturkan, aktivitas di bioskop mempermudah Pemprov dalam menyusun regulasi. Pengaturan protokol kesehatan di bioskop hampir serupa dengan pesawat terbang.

"Ini mirip situasi penerbangan pesawat. Sitting arrangements bisa diatur," tuturnya.

Namun Anies belum memastikan waktu pembukaan bioskop di Jakarta. Terpenting, saat ini, regulasi protokol kesehatan yang akan diterapkan di bioskop diatur secara detil.

Apabila didapatkan bioskop melanggar aturan, Anies mengingatkan pihaknya akan melakukan pencabutan izin usaha.

"Bila ada yang tidak ikuti protokol kesehatan, sederhana saja yaitu menutup kegiatan usahanya," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Syarat Pembukaan Bioskop...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini