Peringati 2 tahun penggusuran, warga Akuarium tagih janji politik Anies

Sabtu, 14 April 2018 11:49 Reporter : Merdeka
Peringati 2 tahun penggusuran, warga Akuarium tagih janji politik Anies Anies di Kampung Akuarium. ©2017 Merdeka.com/Syifa Hanifah

Merdeka.com - Dua tahun sudah peristiwa penggusuran warga Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Acara syukuran digelar warga untuk mengingat kejadian memilukan tersebut, Sabtu (14/4).

Tak hanya itu, peringatan dua tahun penggusuran juga sebagai pengingat janji politik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta wakilnya, Sandiaga Uno yang sesumbar akan membangun permukimannya. Anies direncanakan akan menghadiri acara tersebut.

"Di hari ini kami memperingati 2 tahun penggusuran paksa dengan cara mensyukuri hasil kolaboratif awal antara warga kampung," ujar Direktur Rujak Center Urbanstadis Elisa Sutanujaya di lokasi, Sabtu (14/4).

Menurut dia, sudah ada beberapa warga telah mendapatkan haknya seperti, mendapat pelayanan KTP dan hunian yang bisa membuat RT. Namun, dia juga menyayangkan masih ada kampung yang belum mendapat kepastian pembangunan hunian sementara.

"Kami menyayangkan bahwa hingga hari ini, Kampung Kunir yang digusur paksa dan dihancurkan pada tanggal 25 Mei 2015, belum mendapatkan kepastian pembangunan hunian sementara," katanya.

Untuk itu, dalam kesempatan ini, dia meminta Pemprov DKI Jakarta untuk segera menepati janji untuk membangun hunian yang layak bagi warga Kampung Akuarium.

"Kami mendesak agar Pemprov DKI untuk segera mewujudkan pembangunannya. Mari kita jadikan penggusuran paksa sebagai catatan sejarah saja, dan jangan sampai terulang lagi dimanapun. Dan mari sama-sama bekerja untuk memastikan hak asasi atas hunian layak," tutur Elsa.

Penggusuran saat itu dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada akhir Desember 2016. Lokasi tersebut bakal dijadikan kawasan wisata bahari.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Anies Baswedan
  2. Penggusuran
  3. Ahok
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini