Pemprov DKI Persilakan Masyarakat Bantu Pencari Suaka

Jumat, 2 Agustus 2019 09:01 Reporter : Fikri Faqih
Pemprov DKI Persilakan Masyarakat Bantu Pencari Suaka Pencari Suaka di Lokasi Penampungan. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah mempersilakan masyarakat memberikan bantuan kepada para pencari suaka di lokasi penampungan eks lahan Kodim Kalideres, Jakarta Barat.

Namun, dia mengingatkan, untuk memberikan bantuan agar berkoordinasi dengan petugas yang berada di lokasi. Jangan sampai nantinya terjadi kericuhan karena bantuan tersebut.

"Jangan langsung diberikan. Berikan melalui petugas di sini supaya lebih tertib. Kalau tidak khawatirnya akan berebut karena orang bantu paling jumlahnya seratus padahal di sini ada seribu orang," kata Irmansyah seperti dilansir dari Antara, Jumat (2/8).

Selain itu, dia juga mengimbau bagi masyarakat yang ingin membantu memberikan air mineral, diutamakan yang berasal dari galon bukan kemasan botol untuk mengurangi sampah.

"Galon itu lebih efisien dan kita sudah siapkan wadahnya di sini," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui, pihaknya tidak mempunyai kewenangan atau kewajiban mengurusi para pengungsi.

"Kami di Jakarta memfasilitasi imigran dalam konteks kemanusiaan, secara kewenangan kami sesungguhnya tidak memiliki kewenangan, tetapi kenyataan mereka ada di wilayah kami, di Jakarta. Maka kita membantu sebatas aspek kemanusiaannya, sementara jangka panjang bukan kewenangan kita," kata Anies di Monas, Jakarta, Minggu, (21/7).

Atas dasar kemanusiaan, Anies menyatakan Pemprov akan memastikan para pencari suaka tercukupi kebutuhan dasarnya.

"Bagian kami adalah ikut memastikan bahwa siapa saja berada di wilayah DKI ini terfasilitasi kebutuhannya dasarnya. Air, makanan, kita bantu di situ," tuturnya.

Mantan Mendikbud itu menyebut kewenangan terkait pengungsi tersebut berada di pemerintah pusat bersama UNHCR. "Karena itulah dengan UNHCR mereka yang bertanggung jawab untuk mengelola dengan Kemenlu, Kemenkum HAM, karena mereka yang memiliki otoritas," ujar Anies.

Sementara itu, terkait penolakan warga sekitar Kalideres terhadap keberadaan para pengungsi, Anies berharap pemerintah pusat dapat segera menyelesaikan soal pengungsi.

"Ya, kita berharap untuk bisa dikelola. Dan kita juga mengharapkan agar pemerintah pusat bisa lebih cepat menyelesaikan," tandas Anies. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini