Pemprov DKI Bantah Mengistimewakan Pengguna Road Bike

Jumat, 4 Juni 2021 10:42 Reporter : Yunita Amalia
Pemprov DKI Bantah Mengistimewakan Pengguna Road Bike Bersepeda di waktu liburan Jakarta. ©2021 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya sedang memikirkan rencana jalur khusus road bike. Meski masih dalam pembahasan, Kepala Dinas Perhubungan, Syafrin Liputo, menolak jika dianggap kebijakan tersebut sebagai bentuk mengistimewakan pengguna sepeda road bike dibandingkan pesepeda biasa.

Untuk diketahui, ada dua lokasi yang rencananya dipakai untuk road bike, yakni di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, dan jalan layang non tol. Nantinya akan diatur pula soal jam-jam yang bisa digunakan para pesepeda road bike. Untuk di jalur Sudirman-Thamrin, rencananya pesepeda road bike hanya boleh melintas pada pukul 05 hingga 6.30 Wib pagi.

"Karena aktivitas untuk sepeda sebagai alat mobilitas pada pagi hari subuh relatif kurang, lalu traffic Sudirman-Thamrin pada jam 05.00-06.30 relatif masih rendah oleh sebab itu di sana mereka diperbolehkan," ujar Kepala Dinas Perhubungan, Syafrin Liputo pada Kamis (3/6) malam.

Di atas jam 06.30 WIB, bagi pesepeda road bike yang tetap ingin berolahraga diwajibkan memakai jalur khusus sepeda di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Syafrin menambahkan, konsentrasi Pemprov DKI terhadap road bike semata-mata agar menciptakan kenyamanan bagi antar pengguna jalan, baik itu pejalan kaki, pengguna sepeda non balap, dan pengendara kendaraan bermotor.

Tetapi, lanjut Syafrin, teknis rinci penggunaan jalur untuk road baik ini masih dibahas lebih mendalam lagi. Tentunya dengan kajian-kajian bersama sejumlah pihak.

"Jadi rapat itu membahas penetapan lintasan road bike. Jadi untuk ke depan, kami masih uji coba, paararel dengan itu kami sudah siapkan regulasinya," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan jalur road bike di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, tidak akan digabung dengan jalur protokol. Ia memastikan jalur untuk road bike akan diberi pembatas.

"Harus ada pembatasnya, tidak bisa serta merta menguasai secara luas, secara umum tentu kita harus hormati pengguna jalan lainnya," ucap Riza di Balai Kota, Rabu (2/6).

Politikus Gerindra itu berharap adanya pembatas khusus jalur road bike dapat memberikan kesadaran masyarakat dalam menggunakan jalan. Sebab, imbuhnya, atas kesepakatan dengan polisi dan pihak terkait, pesepeda road bike akan ditindak jika melanggar aturan lalu lintas.

"Ini kan dalam pembahasan, ada rencana kemudian diuji cobakan, hasil uji coba kita akan lihat sejauh mana memberikan dampak positif, memastikan keselamatan dan keamanan bagi pengguna road bike dan pengguna jalan lainnya. Ini masih uji coba," jelasnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan jalan layang non tol (JLNT) akan dijadikan lintasan permanen untuk uji coba road bike di akhir pekan. Lintasan untuk sepeda dengan kecepatan tinggi itu dibatasi sejak pukul 5 hingga 8 pagi.

"Hasil rapat sementara lintasan jalan non tol Kokas yang Karet itu menjadi lintasan permanen roadbike setiap Sabtu-Minggu saja, jam 5 sampai 8 pagi," ujar Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, Senin (31/5).

Selain JLNT Kota Kasablanka, uji coba lintasan untuk road bike juga berlaku di jalan Sudirman-Thamrin. Untuk dijalan ini, uji coba dilakukan Senin hingga Jumat dimulai pukul 05.00-06.30 WIB.

Riza menambahkan, penetapan lintasan roadbike akan diatur melalui Keputusan Gubernur. Untuk saat ini, draft tentang aturan lintasan roadbike masih dibahas secara marathon oleh stakeholder.

Politikus Gerindra itu menjelaskan alasan Pemprov DKI terus menggenjot fasilitas bagi pesepeda yaitu untuk memberikan kesempatan sebaik-baiknya antar pengendara agar bisa saling menghormati satu sama lain.

"Memberi kesempatan sama, tidak mengganggu satu sama lain."

Ia menilai, semua punya pengguna jalan memiliki kesempatan yang sama baik itu pengguna sepeda roadbike, non roadbike, kendaraan bermotor hingga transportasi publik. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini