Pakar UGM: Ikan Terdampak di Pantai Ancol Kemungkinan Dikejar Predator

Kamis, 1 Desember 2022 17:09 Reporter : Lydia Fransisca
Pakar UGM: Ikan Terdampak di Pantai Ancol Kemungkinan Dikejar Predator Fenomena Ikan Naik ke Permukaan di Pulau Seribu Bikin Heboh, Ini Penampakannya. ©2022 Merdeka.com/tiktok @hijiwanci

Merdeka.com - Ribuan ikan di sekitar Penjaringan, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu naik ke daratan dan berserakan pada Selasa (29/11) lalu. Dosen Departemen Perikanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Djumanto menduga, terdapat kemungkinan ikan-ikan itu sedang dikejar oleh predator.

“Kalau ikannya ditemukan di perairan bergerombol dan sangat aktif bergerak, maka kemungkinan ikan tersebut ke permukaan dan ke pinggir menghindar dari perburuan predator, biasanya mamalia air,” kata Djumanto kepada merdeka.com, Kamis (1/12).

Djumanto juga mengatakan, jika ikan menghindar dari predator merupakan tanda kondisi kualitas perairan yang sangat baik.

“Sehingga kondisi kualitas perairan kemungkinan masih sangat baik. Kalau kondisi perairan buruk, biasanya ikan tersebar atau tidak terkonsentrasi pada wilayah tertentu,” tambah Djumanto.

Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa butuh data dan kajian yang lebih lengkap terkait fenomena ini.

“Saya tidak bisa memberikan jawaban yang tegas karena membutuhkan data lingkungan perairan dan kondisi lkan saat di permukaan,” ujar Djumanto.

2 dari 3 halaman

Adapun Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara telah meninjau lokasi dan mengambil sampel air laut untuk memastikan fenomena penyebab naiknya ratusan ikan ke permukaan pantai di wilayah Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara.

Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan bahwa pihaknya juga telah memantau lapangan di kawasan pantai Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau G, Pulau N, dan wilayah Penjaringan. Hasilnya, mereka tidak ditemukan kumpulan ikan mati di lokasi tersebut.

"Dari hasil peninjauan diketahui, kebanyakan ikan tersebut merupakan jenis ikan tembang," kata Unang dikutip dari rilis resminya, Kamis (1/11).

Namun, Unang belum dapat memastikan penyebab dari fenomena tersebut. “Kami belum bisa memastikan penyebabnya. Tim gabungan sudah mengecek ke lokasi dan mengambil sampel air serta ikan,” ujar Unang.

Menurutnya, kesimpulan pemicu terjadinya fenomena ini baru bisa diketahui setelah adanya hasil penelitian lebih lanjut.

3 dari 3 halaman

Unang juga meminta masyarakat untuk tidak panik dan menunggu kepastian penyebab fenomena yang terjadi. Ia menuturkan, bisa saja penyebab ikan naik ke daratan lantaran proses oksigenisasi yang menyebabkan ikan-ikan berenang ke kawasan pesisir.

Kemudian, kata Unang, bisa juga fenomena itu disebabkan oleh pertumbuhan alga. Sebab, saat tim melakukan pemantauan ke lapangan, didapati kondisi air tampak berwarna hijau dan diperkirakan kondisi demikian sudah terjadi sejak Minggu (27/11).

“Tapi untuk kepastiannya kita tunggu hasil penelitian laboratorium dari sampel yang sudah diambil,” jelas Unang. [tin]

Baca juga:
BMKG: Fenomena Ikan Terdampar di Pantai Jakarta Tiap Tahun Terjadi
Warga Jangan Panik, Ini Dugaan Sementara Buat Ratusan Ikan Terdampar di Pantai DKI
Ikan Terdampar di Pantai Utara Hilang, Ini Kata Saksi Mata
DKI Ambil Sampel Air Usut Penyebab Ratusan Ikan Naik ke Permukaan di Pantai Ancol
BMKG Sebut Fenomena Ikan Naik ke Daratan Bukan Tanda Terjadi Gempa
Penyebab Ratusan Ikan Naik ke Permukaan di Pantai Ancol

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini