Mensos Tinjau Lokasi Kebakaran di Krukut, Beri Bantuan Dana Rp 781 Juta

Minggu, 24 Maret 2019 04:04 Reporter : Merdeka
Mensos Tinjau Lokasi Kebakaran di Krukut, Beri Bantuan Dana Rp 781 Juta Kebakaran di Krukut Taman Sari, Jakbar. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Sosial, Agus Gumiwang, meninjau keadaan pengungsi usai kebakaran yang menghanguskan empat rukun tetangga di Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat pada Minggu, 17 Maret 2019 lalu. Ia mengatakan, sejauh ini bantuan yang diberikan oleh Kementerian Sosial sudah mencapai dua tahap.

Yaitu, bantuan berupa kebutuhan pokok dan penyaluran dana untuk pembangunan kembali rumah yang terdampak.

"Kami sudah dalam 2 tahap tersebut sudah sekitar Rp 781 juta yang sudah kami salurkan. Untuk bantuan di sini yang berupa tentu makanan siap saji dan kebutuhan untuk bayi, kebutuhan buat ibu-ibu, tentu tenda," tutur Agus di Jalan Taliban, Kelurahan Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Minggu (23/3).

Informasi yang diterima Agus, banyak juga dari warga yang telah ditampung oleh keluarganya masing-masing.

"Tapi Alhamdulillah kami juga sudah mendengar bahwa sudah banyak keluarga yang terdampak dari bencana ini sudah ditampung oleh keluarga terdekatnya, sehingga sudah tidak ada lagi di tenda-tenda penampungan kami atau di masjid," lanjutnya.

Ia menyampaikan, pihaknya juga terbuka akan kebutuhan tambahan lainnya. Hal ini termasuk bantuan stimulan agar warga dapat membangun kembali rumahnya.

"Itu nanti saya minta kepada Pak RW untuk disampaikan kepada bina sosial apabila ada kebutuhan yang lebih dan dibutuhkan untuk stimulan atau bantuan perumahan untuk warga yang terdampak bencana," ujar Agus

Agus menjelaskan, sejauh ini pembangunan hunian sementara tidak bisa dilakukan karena keadaan lokasi. Namun, tenda pengungsian yang telah disiapkan pihaknya dinilainya juga sudah mencukupi.

"Tenda-tenda kami saya kira juga bisa menampung secara baik para pengungsi, karena banyak tenda-tenda kami yang sudah digunakan di daerah-daerah bencana lain yang memang medannya jauh lebih berat. Seperti misalnya di Lombok, Palu, di Selat Sunda, dan lain sebagainya," katanya.

"Tapi tentu yang saya sampaikan bahwa kami cukup lega sudah cukup banyak korban yang kemudian sudah ditampung oleh keluarga korban masing-masing," lanjut Agus.

Reporter: Ratu Annissa

Sumber: Liputan6.com [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini