Menengok Persiapan Upacara HUT RI ke-74 di Pulau Reklamasi yang Digagas Anies

Jumat, 16 Agustus 2019 18:00 Reporter : Ahdania Kirana
Menengok Persiapan Upacara HUT RI ke-74 di Pulau Reklamasi yang Digagas Anies Latihan Paskibra di Pulau Reklamasi. ©2019 Merdeka.com/Ahdani Kirana/Magang

Merdeka.com - Satu hari menjelang HUT RI ke-74, lapangan di Kawasan Pantai Maju, Pulau Reklamasi, Jakarta Utara dipenuhi atribut upacara seperti podium, tenda dan karpet merah. Anto selaku Koordinator Lapangan dari Jakpro menyatakan, tempat yang luasnya lebih dari 1.000 meter persegi ini akan menampung sekitar 8 ribu Pegawai Negeri Sipil, termasuk 300 undangan VVIP dan VIP.

"Awalnya ada 5 ribu undangan, tapi semalam diinfokan akan ada sekitar 8 ribu yang hadir. Makanya, area depan akan kita clear untuk upacara. Itu pasti muat, 10 ribu pun sebenarnya muat kalau kita pakai keseluruhan," ungkapnya saat ditemui merdeka.com, Jumat (16/8).

Anto mengatakan disediakan dua lapangan rumput dan beberapa tenda untuk menampung ribuan peserta. Lapangan rumput pertama untuk peserta upacara, sedangkan lapangan rumput kedua digunakan apabila ada peserta yang telat datang.

2019 Merdeka.com/Ahdani Kirana/Magang

Tenda yang disediakan juga beragam. Tenda di kedua sisi podium ditujukan bagi tamu undangan VVIP dan VIP. Di sayap kanan terdapat tenda sernavil untuk paskibraka, dan sisanya merupakan tenda kesehatan dan media.

Ribuan orang yang datang akan menggunakan beberapa mobil dan 75 bus. Hanya undangan VVIP dan VIP yang kendaraannya dapat masuk ke sekitar area upacara. Tempat parkir bus akan disediakan di depan gerbang masuk, sedangkan mobil di area ruko.

Kendala jarak yang cukup jauh antara tempat parkir dan area upacara diatasi dengan penyediaan shuttle bus dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Ada tempat parkir bus, untuk parkir mobil ada di ruko-ruko. Undangan akan di situ, lalu ada shuttle bus yang akan jemput mereka. Shuttle terus bergerak, ada sekitar 20 shuttle yang beroperasi dari subuh. Titik shuttle tersebar, di parkir mobil ada dua, di parkir motor ada dua, di depan gerbang ada satu," jelasnya.

2019 Merdeka.com/Ahdani Kirana/Magang

Untuk menghindari kemacetan dan kepadatan area, dilakukan screening agar hanya tamu undangan saja yang dapat masuk ke kawasan itu.

"Semua tamu yang masuk sudah disterilisasi dari pintu keluar tol. Tidak bisa sembarangan orang umum masuk. Kalau yang memang orang sini mungkin tidak mengganggu, ya. Sebenarnya kita sudah clear area di sini maksimal jam setengah 5 pagi besok," katanya.

Persiapan dilakukan sejak Rabu, 14 Agustus 2019 lalu. Anto menargetkan, persiapan akan selesai pukul 7 malam ini.

"Target malam ini jam 7 (malam) untuk pemasangan tenda dan lainnya yang berhubungan dengan produksi. Nanti sisanya tinggal persiapan lain seperti cek sound dan persiapan untuk acara. Banyak keterlibatan dari teman-teman vendor, ada swasta juga, jadi sangat terbantu," tutup Anto.

Penulis Magang: Ahdania Kirana [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini