Menengok Jalur Sepeda di Jalan Asia Afrika, Bagaimana Kondisinya Usai Asian Games?

Kamis, 7 Maret 2019 11:13 Reporter : Nur Habibie
Menengok Jalur Sepeda di Jalan Asia Afrika, Bagaimana Kondisinya Usai Asian Games? Jalur Sepeda di Jalan Asia Afrika Senayan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Sepeda menjadi salah satu alat transportasi sehat yang bisa menjadi solusi warga buat bepergian. Di negara-negara barat, sepeda sudah umum digunakan warga buat beraktivitas sehari-hari.

Selain ramah lingkungan tak menimbulkan polusi, bersepeda juga menyehatkan tubuh. Di Indonesia, penggunaan sepeda untuk aktivitas sehari-hari sepi dari peminat.

Meski ada warga yang menggunakannya untuk bekerja dan beraktivitas, nyatanya jumlah amat sedikit jika dibandingkan pengguna kendaraan bermotor. Tak cuma itu, jalur khusus sepeda juga tak banyak ditemukan di jalan-jalan kota tanah air.

Di ibu kota Jakarta, jelang pelaksanaan Asian Games 2018 lalu, Pemprov DKI Jakarta 'menyulap' sebagian trotoar di Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, menjadi jalur sepeda.

Saat itu, media ramai memberitakan penyediaan jalur sepeda di jalur trotoar. Segala halangan yang merintangi jalur sepeda dihilangkan. Misalnya tiang listrik yang berdiri di tengah jalur sepeda dipindahkan.

Jalur Sepeda di Jalan Asia Afrika Senayan ©2019 Merdeka.com

Di kawasan ini, para pengguna sepeda bisa goes di jalur berwarna hijau yang memang didesign khusus untuk sepeda. Lantas bagaimana kondisi jalur sepeda tersebut usai pelaksanaan Asian Games 2018?

Pantauan merdeka.com di lokasi, jalur sepeda di kawasan Senayan itu masih utuh. Namun, ada sedikit kerusakan yang terlihat di dekat pintu masuk 3 Senayan. Meski demikian, kerusakan itu tak begitu mengganggu para pesepeda.

"Ada yang rusak jalannya, itu pas banget dekat plang pintu 3. Cuma enggak tahu itu karena apa," kata Basri, petugas kebersihan jalanan Senayan saat berbincang dengan merdeka.com di lokasi, Kamis (7/3).

Menurutnya, tak ada kerusakan lain selain di tempat itu, begitu juga berdasarkan pantauan yang dilakukan merdeka.com. Namun, kata dia, beberapa waktu lalu ada juga kerusakan lain di jalur sepeda itu. Lokasinya ada di dekat pintu masuk 11 Senayan.

"Tapi itu sudah dibetulin, sekarang sudah bisa dipakai lagi sama orang buat sepedaan," ujarnya.

Jalur Sepeda di Jalan Asia Afrika Senayan ©2019 Merdeka.com

Menurutnya, para pengguna sepeda justru lebih ramai menggunakan jalur tersebut di saat hari kerja, bukan saat hari libur. Saat hari libur, orang lebih banyak bersepeda di dalam arena Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Kalau hari biasa yang ramai justru, bisa ada 15 sampai 20 sepeda pada muterin ini (jalur sepeda. Jadi sebelum berangkat kerja banyak yang sepedaan dulu di sini bisa sampai 2 putaran. Dari pagi jam 5 atau enggak setengah 6 pagi sudah ramai sampai jam 8," katanya. [dan]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini