M Taufik Bakal Pimpin Paripurna Pergantiannya Sebagai Wakil Ketua DPRD DKI

Selasa, 19 April 2022 18:24 Reporter : Yunita Amalia
M Taufik Bakal Pimpin Paripurna Pergantiannya Sebagai Wakil Ketua DPRD DKI M Taufik. ©2017 merdeka.com/anisyah

Merdeka.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohammad Taufik disebut akan memimpin rapat paripurna dengan agenda pergantiannya sebagai Wakil Ketua DPRD. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi.

Prasetio mengaku menghubungi Taufik sebelum menggelar rapat Badan Musyawarah (Bamus). Kepada Pras, sapaan Prasetio, Taufik meminta dirinya yang akan memimpin rapat paripurna. Permintaan itu disetujui oleh Pras.

"Sebelum ini sudah saya telepon Pak Taufik bahwa enggak ada masalah, tapi dia dikhususkan sendiri untuk diparipurnakan pergantian itu," kata Pras di gedung DPRD DKI, Selasa (19/4).

Politisi PDIP itu mengapresiasi sikap Taufik yang memimpin rapat yang intinya menanyakan pendapat anggota DPRD setuju tidaknya Taufik diganti dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan tata tertib DPRD, keputusan rapat paripurna DPRD DKI akan berlaku jika 50+1 anggota DPRD hadir.

"Apakah disetujui untuk pergantian pimpinan dewan, yang penting kuorum dulu 50+1," ujar dia.

2 dari 2 halaman

Mekanisme Pergantian Setelah Rapat Paripurna

Jika rapat paripurna kuorum dan menyetujui pergantian Wakil Ketua DPRD, maka langkah selanjutnya adalah surat hasil paripurna dikirim ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri.

Surat jawaban akan kembali dikirim Kementerian Dalam Negeri, hingga bermuara di DPRD. Selama proses pergantian berlangsung, Pras memastikan bahwa Mohammad Taufik masih menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD.

"De facto sudah, tapi pegang palu untuk memimpin belum, masih Pak Taufik" pungkasnya.

Diketahui, Bamus DPRD DKI Jakarta mengagendakan rapat paripurna pergantian Mohammad Taufik dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD. Taufik akan digantikan oleh Rani Mauliani, yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra.

Rapat Bamus dipimpin oleh Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, dan dihadiri sejumlah pejabat eksekutif Jakarta, dan beberapa perwakilan anggota Bamus. Rapat dilakukan secara hybrid.

"Pengumuman pemberhentian Wakil Ketua DPRD DKI Provinsi Jakarta H. Mohammad Taufik calon pengganti Wakil Ketua DPRD Hj. Rani Mauliani dari Fraksi Gerindra. Untuk itu saya tanyakan sekali lagi apakah dapat disetujui?" tanya Pras kepada peserta rapat, Selasa (19/4).

Peserta yang hadir menjawab setuju. Prasetio kembali mengonfirmasi agenda paripurna pergantian Taufik sebagai Wakil Ketua DPRD DKI, dan peserta kembali menjawab setuju.

Pras kembali meminta konfirmasi persetujuan, dan dijawab setuju oleh peserta rapat. Palu diketuk, tanda rapat paripurna disahkan.

Berdasarkan agenda Bamus, rapat paripurna pergantian Taufik akan digelar pada Selasa 26 April 2022. [gil]

Baca juga:
Selangkah Lagi M Taufik Gerindra Pindah ke NasDem
Paripurna Pergantian M Taufik dari Wakil Ketua DPRD DKI Digelar 26 April 2022
Ketua DPRD DKI: Interpelasi Formula E Dilanjutkan Usai Libur Lebaran
Gerindra Jakarta Sudah Bersurat Soal Pencopotan Taufik dari Wakil Ketua DPRD
Ketua DPRD DKI Agendakan Rapat Bamus terkait Interpelasi Formula E
DPRD Minta Pemprov DKI Serius Atasi Banjir Manfaatkan Dana PEN untuk Pembebasan Lahan
Pemprov DKI Minta Dukungan Pemerintah Pusat, Ini Respons PDIP
PDIP Tanggapi Anies: Campur Tangan Pemerintah Pusat untuk Jakarta Sudah Banyak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini