Lakukan Pembobolan, Pelaku Tarik Duit Sampai Batas Limit ATM Bank DKI

Kamis, 28 November 2019 15:40 Reporter : Merdeka
Lakukan Pembobolan, Pelaku Tarik Duit Sampai Batas Limit ATM Bank DKI Ilustrasi ATM. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - IO, adalah satu dari 13 petugas Satpol PP yang ditetapkan sebagai tersangka pembobolan ATM menggunakan kartu Bank DKI. Dari tangan IO seorang, berhasil membobol ATM senilai Rp18 miliar.

"Paling banyak ditarik oleh IO yakni mencapai Rp18 Miliar," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (28/11).

Dalam setiap transaksinya, Yusri menjelaskan, IO menarik uang sampai besaran limit ATM Bank DKI. Anehnya, dari semua nilai yang ditarik, uang yang berkurang di rekening IO tetap Rp4.000.

Soal uang yang ditarik, kata Yusri, masih didalami dipergunakan untuk apa saja.

Sementara itu, Direktur Krimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Iwan Kurniawan mengatakan, mengintensifkan pemeriksaan kepada 13 orang tersangka.

"Kemarin tiga sudah kami panggil. Nanti 10 tersangka lagi dijadwalkan pemanggilannya," ujar dia.

Reporter: Ady Anugrahadi

Sumber: Liputan6.com

1 dari 1 halaman

Awal Mula Pembobolan Terungkap

Sebelumnya, Iwan menjelaskan, perkara yang melibatkan oknum Satpol PP ini berawal dari laporan Bank DKI beberapa waktu lalu. Dilaporkan ada nasabah Bank DKI yang menarik uang di Ajungan Tunai Mandiri (ATM), tapi saldo tidak berkurang.

Dari hasil penyelidikan mengarah kepada seorang nasabah Bank DKI berinisial I. Kini terduga pelaku berkembang menjadi 41 nasabah. Dari total terduga pelaku, 13 di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Berawal dari ketidaksengajaan, tetapi sebagai seorang yang berpendidikan pada saat ambil uang di ATM saldonya tidak berkurang harusnya melapor, tetapi dia enggak," kata Iwan.

"Dia malah ambil terus ada upaya membuat kartu ATM DKI lain. Dia suruh beberapa rekannya buat tabungan, kemudian dikasih uang. Sementara kartu ATM dipinjam, sambung mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan itu.

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini