Irjen Fadil Perintahkan Motor Pelaku Balap Liar di Bulan Ramadan Dikandangkan

Minggu, 3 April 2022 16:03 Reporter : Merdeka
Irjen Fadil Perintahkan Motor Pelaku Balap Liar di Bulan Ramadan Dikandangkan Balap Liar di Kembangan. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Perlintasan balap liar resmi sudah disediakan Polda Metro Jaya. Tetapi balap liar di jalur regular masih saja terjadi termasuk saat momen Ramadan.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran memerintahkan Dirlantas Polda Metro Jaya memberikan sanksi berat untuk pelaku balap liar yang beraksi selama Ramadan.

"Saya sudah perintahkan Dirlantas jangan ditilang dengan barang bukti STNK kalau kesalahan multiple seperti tidak pakai helm, tidak ada plat nomor, tidak ada lampu motornya, knalpot tidak standar saya minta itu adalah indikasi akan trek- trekan," kata Fadil di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Minggu (3/4).

Fadil meminta Dirlantas Polda Metro mengklasifikasikan sesuai tingkatan kesalahan pelanggar lalu lintas. Semisal, pelanggar terindikasi melakukan balap liar atau terlalu banyak kesalahan maka yang menjadi barang bukti tilang bukan lagi penyitaan STNK atau SIM.

"Saya minta yang ada indikasi trek-trekan dijadikan barang buktinya adalah kendaraannya nanti dilepas setelah sidang menjelang Idulfitri supaya tidak merusak kekhusyuan orang yang akan melaksanakan puasa," ujar dia.

Terpisah, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan, pihakanya menindak sejumlah pelanggar yang terjaring pada Sabtu malam kemarin. Dilaporkan 239 unit kendaraan melakukan pelanggaran dan 23 kendaraan dikandangkan.

"Ada 239 kendaraan yang ditilang, ada 23 kendaraan yang diamankan," kata Sambodo.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Cegah Balap Liar dan SOTR, 13 Ruas Jalan di Jakarta akan Disekat Selama Ramadan
Polisi di Depok Patah Kaki Ditabrak saat Bubarkan Balap Liar
Polisi Tangkap 10 Pebalap Liar yang Tutup Jalan Sudirman
Tunggu Covid-19 Landai, Street Race di Bekasi Ditunda Hingga April
Polisi Dalami Video Viral Balapan Liar Sampai Tutup Jalan Sudirman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini