Ini Aturan dan Imbauan Polisi kepada Atlet Sepatu Roda yang Beraksi di Jalan Raya

Selasa, 10 Mei 2022 04:00 Reporter : Ronald
Ini Aturan dan Imbauan Polisi kepada Atlet Sepatu Roda yang Beraksi di Jalan Raya Aksi atlet sepatu roda di jalan raya Jakarta. ©2022 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menegaskan ada dua poin dalam aksi viral para atlet sepatu roda atau roller skate di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Selain melanggar aturan lalu lintas, kegiatan itu juga membahayakan jiwa.

Pada poin pertama, aksi itu melanggar Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Jelas kegiatan roller skate sangat membahayakan keselamatan baik pengguna jalan ataupun pemain roller skate tersebut. Karena dilakukan di jalan raya yang dipergunakan untuk lalu lintas publik, sangat memprioritaskan keselamatan bagi seluruh pengguna jalannya," kata Kasubdit Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Jamal Alam dalam siaran pers yang diterima, Senin (9/5).

Poin kedua yakni terkait kecepatan dan para atlet yang didominasi anak-anak. Hal ini sangat membahayakan atlet dan orang lain.

"Roller skate dilakukan di tengah lajur dan kecepatan yang cukup tinggi. Terjadinya perbedaan kecepatan lalu lintas yang signifikan antara pergerakan roller skate dengan laju kendaraan bermotor. Melibatkan anak-anak di ruang lalu lintas kendaraan bermotor yang secara mixed traffic, bahkan di lajur tengah," katanya.

2 dari 2 halaman

Panggil Penanggung Jawab

Untuk itu, kata Jamal, kepolisian akan menelusuri juga menyelidiki kasus ini lebih lanjut. Tak hanya itu, kepolisian juga akan memanggil ketua atau penanggung jawab untuk diberikan imbauan.

"Di arena atau lokasi-lokasi yang memang sesuai peruntukannya, seperti Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA) di Kawasan Sunter, Jakarta Utara atau sejumlah tempat lainnya yang sifatnya berupa jalan lokal dalam kawasan-kawasan khusus yang bukan jalan raya pada umumnya. Lalu pada waktu-waktu tertentu seperti saat HBKB/Hari Bebas Kendaraan bermotor di lokasi atau kawasan tertentu yang disediakan," imbau Jamal.

Tak hanya undang-undang itu, Jamal menyebutkan ada pula peraturan PP No 34 Tahun 2006 tentang Jalan. Dalam aturan itu, setiap orang dilarang memanfaatkan ruang manfaat jalan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan.

"Perkap Kapolri No 10 tahun 2012 tentang pengaturan lalu lintas dalam keadaan tertentu dan penggunaan jalan selain untuk kegiatan lalu lintas, di jelaskan bahwa penggunaan jalan selain kegiatan lalu lintas (event, acara tertentu dan kegiatan tertentu yang mengganggu aktivitas jalan) harus mendapatkan izin dari Kepolisian," pungkasnya.

Baca juga:
Atlet Sepatu Roda Beraksi di Jalan sejak 4 Tahun Lalu, Baru Kali Ini Dikritik Keras
Polda Metro Panggil Atlet Sepatu Roda yang Viral Beraksi di Jalan Raya
Atlet Sepatu Roda Berlatih di Jalan Raya, Begini Saran DPRD DKI ke Pengurus Olahraga
Viral Atlet Sepatu Roda di Jalan, DPRD DKI Bandingkan dengan Izin Road Bike
Pelatih Ungkap Alasan Terpaksa Latihan Sepatu Roda di Jalan Raya Jakarta
Porserosi Berdalih Atlet Sepatu Roda Sengaja Latihan di Jalan Raya buat Jaga Stamina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini