Fakta temuan kulit kabel sumbat gorong-gorong sejak era Jokowi

Sabtu, 5 Maret 2016 08:05 Reporter : Henny Rachma Sari
Fakta temuan kulit kabel sumbat gorong-gorong sejak era Jokowi Gulungan kabel di saluran air. ©2016 merdeka.com/ronald

Merdeka.com - Dalang terjadinya banjir di Ibu Kota, khususnya di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat kini sudah menemui titik terang. Suku Dinas Tata Air Jakarta Pusat pada Rabu, 24 Februari 2016 lalu menemukan tumpukan kulit kabel di selokan yang notabenenya mengelilingi kawasan Ring 1 tersebut.

"Kalau untuk sementara kita baru 1 truk kita angkat itu kabel-kabel, ya isinya 5 kubik," kata staf Suku Dinas Tata Air DKI Jakarta Pusat, Yusuf Sumardani, saat ditemui di lokasi, Jakarta, Rabu (2/3).

Dijelaskannya, bila digabungkan dengan temuan kemarin, total sudah 12 truk mengangkut kulit kabel yang terendap di saluran air itu. Dijelaskannya, lokasi belum berpindah karena diyakini masih banyak kulit kabel terendap.

"Satu truk itu didapati dari Jl Medeka Selatan, Ujung bundaran. Kita sisir ternyata tumpukan di sini. Rencana masih fokus untuk di sini dulu, kita normalkan dulu di sini untuk atasi genangan air," jelasnya.

"Kita serahkan ke polda semua sebagai barang bukti," tambahnya.

Rupanya, kumpulan kulit kabel itu sudah lama mengendap di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan, bahkan di era Joko Widodo atau Jokowi ketika masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Menurut cerita Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dulu pada tahun 2014, saluran air di Jalan Medan Merdeka Barat sampai Jalan Pejambon, Gambir, Jakarta Pusat juga pernah tersumbat dan menimbulkan genangan. Setelah diselidiki oleh Dinas Tata Air, hasilnya ada kabel yang menyumbat. Namun jumlahnya tidak sebanyak seperti tahun ini. [rhm] SELANJUTNYA

Topik berita Terkait:
  1. Kulit Kabel
  2. Ahok
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini