Cerita Anas Effendi tertidur lagi, kali ini di era Gubernur Anies

Kamis, 7 Desember 2017 06:42 Reporter : Syifa Hanifah
Anas Effendi tertidur. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi kembali menjadi perhatian. Lagi-lagi soal kebiasaannya tertidur. Kali ini Anas tidur kala tengah mendampingi Gubernur Anies Baswedan di perayaan Hari Disabilitas Internasional 2017 di Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih, Jalan Peta Utara, Kalideres, Rabu (6/12).

Anas duduk di samping Anies. Dia terlelap saat mendengarkan ayat suci yang dibaca oleh binaan Panti Sosial Bina Grahita Belaian Kasih. Anies yang tengah serius tidak menyadari jika Anas tertidur.

Anas berdalih hal itu terjadi lantaran pekerjaan sebagai wali kota sangat menyita waktu tidur. Tak jarang dia harus menghadiri agenda-agenda sampai larut malam.

"Saya tuh kerjanya sampai malam. Malam-malam masih kontrol Kota Tua segala macam, maulid, undangan sana sini. Kasih tahu saja, wali kota sampai larut malam. Ngelengguk (menunduk) tuh bukan tidur. Kalau tidur, di tempat tidur," jelasnya saat dihubungi, Rabu (6/12).

Dia mengaku hanya menunduk karena kelelahan. "Gue enggak tidur kok. Tidur mah di tempat tidur. Kan di kursi, ngeluk dikit wajar-lah. Pasti difoto nih, sudah ada berasa gue. Sudah ada perasaan, dimuat lagi nih," ungkapnya.

Ini bukan kali pertama Anas tertidur dalam satu acara. Anas pernah dipergoki tertidur saat mengikuti pidato Gubernur Jokowi terkait Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Sampah. Anas tertidur nyenyak dengan kepala nyaris bersender ke bahu sebelah kanan rekannya.

Gara-gara tindakannya itu, Anas sempat dicopot dari jabatannya sebagai Wali Kota Jakarta Selatan dan dimutasi menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah DKI Jakarta. Saat ditanya wartawan, Anas mengaku mengantuk usai menyaksikan siaran langsung pertandingan sepakbola antara Barcelona vs AC Milan.

"Jangan dibesar-besarin lah. Ini situasi lagi seperti ini, nanti tambah parah lah," kata Anas kala itu.

Jokowi pun menyindir Anas yang beralasan mengantuk setelah begadang nonton bola. "Habis nonton bola ya berarti ngantuk. Ya lah enggak usah ngomong semua orang juga tahu," ujar Jokowi di Balai Kota Jakarta, Kamis (14/3).

Jokowi enggan menjawab teguran apa yang diberikan kepada Anas. Sebab, dia sudah mengetahui tingkah kepala Badan Perpustakaan dan arsip DKI Jakarta sewaktu tertidur kemarin. Walau begitu Jokowi mengaku tak marah.

Pada masa Gubernur Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok), Anas juga sempat tertidur di depan ruang rapat sebelum membahas RAPBD DKI Jakarta 2015. Dia memejamkan matanya sekitar beberapa menit, lalu terbangun sebentar dan tidur lagi.

Saat itu Ahok tidak mempermasalahkan ada bawahannya yang tidur. Sebab dia sendiri juga bisa tertidur saat rapat dengan anggota legislatif.

"Mungkin nonton bola. Kalau rapat dengan DPRD saya juga bisa ketiduran. Enggak apa-apa kalau tidur rapat dengan DPRD boleh-boleh aja lah," ujarnya lantas terkekeh di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/3). [did]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.