Antisipasi Jemaah Salat Jumat Datang, Masjid Istiqlal Dijaga Polisi dan Satpam

Jumat, 27 Maret 2020 12:21 Reporter : Ronald
Antisipasi Jemaah Salat Jumat Datang, Masjid Istiqlal Dijaga Polisi dan Satpam masjid istiqlal dijaga. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Masjid Istiqlal, Jumat pekan ini kembali meniadakan salat Jumat. Sebagai imbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19 semakin meluas.

"Iya, hari ini belum ada agenda Jumatan di Masjid Istiqlal," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah, saat dikonfirmasi, Jumat (27/3).

Katanya, guna mengantisipasi kedatangan para jemaah pihaknya telah memasang spanduk ditiap pintu masuk. Bahkan, setiap pintu telah dijaga polisi dan satpam.

"Sudah ada spanduk besar. Pintu kami sudah tutup dan dijaga oleh polisi dan satpam," katanya.

Sebelumnya, Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Hasannudin AF mengeluarkan fatwa tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah virus corona atau Covid-19. Dalam fatwa ini MUI merujuk kepada muslim yang hendak menyelenggarakan ibadah salat Jumat untuk bisa membatasi diri bila berada di zona merah atau rawan penyebaran sesuai data dimiliki otoritas terkait, dengan membolehkan tidak salat Jumat di masjid.

"Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan shalat zuhur di tempat kediaman, serta meninggalkan jemaah salat lima waktu/rawatib, Tarawih, dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya," tulis fatwa yang dikeluarkan di Jakarta pada 21 Rajab 1434 H atau 16 Maret 2020. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini