Anies Targetkan Akad Rumah DP Nol Rupiah Dimulai Agustus 2019

Selasa, 9 Juli 2019 07:03 Reporter : Fikri Faqih
Anies Targetkan Akad Rumah DP Nol Rupiah Dimulai Agustus 2019 Pekerja menyelesaikan pembangunan rumah susun hunian DP nol Rupiah di Klapa Village Jakarta. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan fase konstruksi rumah dengan uang muka (Down Payment/DP) Nol Rupiah sudah 97 persen.

"Programnya berjalan terus. Kita pada fase konstruksi sudah 97 persen InsyaAllah bulan Agustus besok kita akan mulai untuk tuntaskan proses akad," katanya seperti dilansir dari Antara, Selasa (9/7).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menjelaskan, program rumah DP Nol Rupiah setelah selesai konstruksinya akan dipublikasi kepada masyarakat mengenai fasilitas yang ada di perumahan tersebut.

"Saat ini yang sediakan bangunan dari BUMD, nanti bukan hanya BUMD tapi private sektor terlibat," ujarnya.

Anies mengungkapkan, program DP Nol Rupiah bukan program Pemerintah Provinsi yang menyediakan bangunan, tapi menyediakan skema pembelian rumah.

"Program dengan skema pembelian rumah untuk pertama ini yang bangun BUMD, tapi ke depan kita ingin ada yang bangun dari swasta," tutupnya.

Program ini akan mulai dibuka pendaftaran pada tanggal 1 November mendatang kemudian diberi nama Solusi Rumah Warga (SAMAWA). Menurutnya nama itu memiliki makna membawa pesan harapan.

Kawasan tersebut adalah lokasi pertama PD Sarana Jaya. Dia mengharapkan akan lebih banyak lokasi yang akan digunakan dan menyambut baik berbagai institusi baik swasta maupun BUMN yang ikut terlibat dalam program DP Nol Rupiah. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini