Anies sebut LRT Jakarta bisa beroperasi saat Asian Games 2018

Senin, 4 Desember 2017 10:57 Reporter : Syifa Hanifah
Progres pembangunan LRT di UKI Cawang. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno, hari ini melakukan pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Kementerian Perhubungan, Senin (4/11).

Gubernur Anies Baswedan dalam kesempatan tersebut melaporkan perkembangan transportasi penunjang Asian Games 2018. Dan dalam kesempatan tersebut ia memastikan LRT siap dioperasikan pada Asian Games.

Anies mengatakan saat ini progres pembangunan LRT Jakarta fase I dari Kelapa Gading ke Velodrome di Jakarta Timur sepanjang 9 km sudah mencapai 80 persen. Sehingga akhir Juni dapat beroperasi.

"LRT Insya Allah gerbongnya akan tiba bulan April. Kita siap. Kemudian Mei-Juni itu dilakukan commisioning dan Insya Allah bulan Juli itu paling akhir itu sudah bisa beroperasi," kata Anies.

"Jadi commisioning itu bulan Mei Juni dan isunya terutama menyangkut soal safety memastikan bahwa semua yang berkaitan dengan safety aman tadi kita sampaikan laporan ini," sambungnya.

Kemudian terkait pembangunan jalur lingkar layang atau loop line di Jakarta. Pembangunan loop line bertujuan untuk mengurangi jumlah pelintasan sebidang. Kata Anies akan segera dilakukan dan untuk Detail Engineering Design (DED) akan segera dimulai.

"Kita berharap nanti lintasan-lintasan kereta api di Jakarta tidak lagi jadi titik-titik kemacetan ini juga membuat volume atau jumlah penumpang kereta api bisa kita tingkatkan karena kereta apinya nanti sudah bisa elevated, tadi itu yang kita diskusikan salah satu," ujar Anies.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan kereta ringan (LRT) yang sedang dibangun di Jakarta tidak akan selesai untuk mendukung pelaksanaan Asian Games 2018.

"LRT Jakarta tidak selesai untuk Asian Games. Ini pengamatan saya. Saya tidak tahu ada masalah apa. Bisa juga masalah tanah," kata Budi Karya di sela pelaksanaan Sail Sabang, di Kota Sabang, Aceh, Sabtu (2/ [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini