Anies Sanksi Apoteker yang Beri Obat Kedaluwarsa ke Ibu Hamil

Kamis, 22 Agustus 2019 19:46 Reporter : Merdeka
Anies Sanksi Apoteker yang Beri Obat Kedaluwarsa ke Ibu Hamil Anies Baswedan. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Dinas Kesehatan akan terus memantau kesehatan ibu hamil berinisial N (25) yang diduga diberi vitamin kedaluwarsa oleh Puskesmas Kamal Muara, Jakarta Utara.

"Pemprov DKI dalam hal ini Dinas Kesehatan akan memantau terus kesehatan ibu dan janinnya, dan akan memastikan semua dukungan pelayanan untuk memastikan bahwa dampaknya minimum," katanya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8).

Dia memastikan apoteker yang telah lalai telah diberhentikan dari posisinya. Ia meminta pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus dilakukan secara profesional.

"Ya jadi semua kegiatan pelayanan harus dilakukan secara profesional. Ada aturannya, ada tata kelolanya dan bila ada tindakan yang tidak sesuai dengan aturan, maka akan ada sanksinya sehingga petugas apoteker, sudah dibebastugaskan," jelasnya.

Diketahui, seorang Ibu bernama N telah melaporkan ke polisi pihak puskesmas Kamal Muara, karena diduga telah memberikan vitamin kedaluwarsa hingga membuat dirinya yang sedang hamil jatuh sakit.

Dinas Kesehatan melalui rilis menyampaikan permohonan maaf kepada Ibu N dan keluarga atas kejadian di Puskesmas Kelurahan Kamal Muara pada tanggal 13 Agustus 2019.

Dalam rilisnya, N disebut sebagai pasien Puskesmas Kelurahan Kamal Muara yang melakukan pemeriksaan kandungan dengan keluhan mual dan tidak selera makan. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Bidan Puskesmas, Ny. N mendapatkan resep untuk mengurangi keluhan yang dirasakan, terdiri atas Vitamin B6, B12, Asam Folat dan Kalsium.

"Pihak keluarga mengetahui salah satu suplemen telah kedaluwarsa satu hari setelah diperiksa di Puskesmas, pasien sudah mengonsumsi Vitamin B6 sebanyak 2 tablet. Mengetahui kejadian tersebut, pihak keluarga langsung menghubungi Bidan Puskesmas dan ditindaklanjuti oleh Puskesmas Kamal Utara dengan berkoordinasi dan mengunjungi rumah pasien," kata Kadis Kesehatan DKI Widyastuti.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini