Anies Rencanakan Gratiskan PBB Keluarga Veteran

Selasa, 9 April 2019 16:39 Reporter : Merdeka
Anies Rencanakan Gratiskan PBB Keluarga Veteran Anies Baswedan. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menggratiskan pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk pejuang veteran hingga tiga generasi di bawahnya. Dia menyebut penggratisan itu akan dilakukan mulai tahun ini.

"Tiga generasi di bawahnya yang masih menempati rumah yang sama dari para pejuang kemerdekaan, dibebaskan dari pajak bumi dan bangunan," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (9/4).

Akan tetapi, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan hal tersebut juga memiliki beberapa syarat. Diantaranya rumah tersebut tidak disewakan atau pun menjadi lokasi usaha dan harus ditinggali oleh pemiliknya.

Anies mengatakan, rencana penggratisan itu didasari adanya pajak PBB yang tinggi untuk rumah pejuang veteran. Bila tidak memenuhi syarat, dia menyebut penggratisan dibatalkan.

"Kita menyaksikan para pejuang dan generasinya terusir secara sopan akibat beban pajak yang harus ditanggung oleh keluarganya. Karena mereka tinggal di rumah-rumah yang dulunya rumah sederhana, hari ini menjadi wilayah elite," jelasnya.

Sebelumnya, Anies akan mengalihkan diskon pajak lapangan golf ke keluarga veteran. Menurutnya, keringanan pajak lebih dibutuhkan keluarga veteran daripada pengelola golf. Anies sendiri sudah mencabut diskon PBB bagi pengelola lapangan golf.

"Pemberian diskon atas PBB justru nanti kita akan berikan kepada para veteran dan keluarganya, anak cucu para pendiri kemerdekaan, perintis kemerdekaan, pahlawan-pahlawan kita," katanya di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (8/5).

Dia menyebut, pengalihan diskon itu bertujuan pemerataan keadilan. "Point utamanya adalah kita ingin agar di Jakarta ini pemerintah memberikan pesan berkeadilan," jelasnya.

Selain keluarga veteran, Anies juga berencana memberi diskon pada lembaga sosial dan pendidikan. "Juga lembaga-lembaga sosial, lembaga pendidikan," imbuhnya.

Reporter: Ika Defianti [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini