Anies: Penataan Ulang Pedestrian Kemang Rampung Akhir 2019

Minggu, 14 April 2019 14:31 Reporter : Merdeka
Anies: Penataan Ulang Pedestrian Kemang Rampung Akhir 2019 Pengecatan trotoar di Jalan Persahabatan Raya. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Gubernur DKI Anies Baswedan menargetkan penataan ulang trotoar untuk pedestrian di Kemang, Jakarta Selatan, selesai akhir tahun 2019. Hal ini menjadi target khusus, demi terciptanya ruang layak bagi pejalan kaki yang menjadi budaya baru di Jakarta.

"Penataan di Kemang selesai akhir tahun 2019, saya garis bawahi alat transportasi yang semua orang punya itu kaki. Mindset sekarang diubah bahwa membangun jalan tidak hanya untuk roda tapi untuk kaki karena kaki lah alat transportasi utama kita," ujar Anies di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Anies berencana, kawasan Kemang akan menjadi pedestrian percontohan di Jakarta, setelah kawasan Sudirman. Setelah Kemang, kawasan Kasablanka dan Cikini Raya turut menjadi titik sasaran mantan menteri pendidikan ini untuk membudidayakan berjalan kaki.

"Daerah-daerah percontohan akan dibangun di Jakarta, karena kita tak terbiasa jalan kaki nanti kita akan berubah, (menciptakan) tempat dimana orang bisa jalan kaki," tutur Anies.

Nantinya, di tiap kawasan pedestrian, Anies akan meriahkan dengan sentra ekonomi dan budaya. Hal in ditujukan agar pergerakan bisnis dan seni bisa berjalan seiring perkembangan gaya hidup baru di DKI.

"Karya seni dan yang bisa berjualan di sana nanti akan dikurasi dahulu, jadi tidak sembarangan. Ini menjadi contoh ekosistem pejalan kaki komersial kebudayaan yang baik," kata Anies. [ded]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini