Anies pada Warga Jakarta untuk Hadapi Corona: Dari Soal Keris Hingga Ketangguhan

Kamis, 9 April 2020 23:49 Reporter : Yunita Amalia
Anies pada Warga Jakarta untuk Hadapi Corona: Dari Soal Keris Hingga Ketangguhan Anies Baswedan. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlaku efektif Jumat 10 April 2020 dini hari. Ini sehubungan telah diterbitkannya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 Tahun 2020. Warga Jakarta diimbau beraktivitas di rumah selama 14 hari, hingga Kamis 23 April.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memahami kebijakan besar ini cukup berat untuk dijalankan. Hanya saja, ia menegaskan, upaya ini demi menyelamatkan nyawa dan memutus rantai sebaran Covid-19.

"Jadikan ini bukan sebagai sebuah penderitaan jadikan ini sebagai kesempatan untuk mengeratkan di antara kita namanya memang pembatasan sosial tapi harus menjadi saat penuh solidaritas sosial. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk menunjukkan ke Jakarta yang pertama kali melaksanakan PSBB ini," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (9/4).

Lagipula, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan, situasi berat saat ini, disebutnya bukan kali pertama dirasakan oleh Jakarta.

"Ini adalah tantangan bagi kita masyarakat Jakarta. Kita menghadapi tantangan bukan pertama kali kita berkali-kali bangsa kita diuji berkali-kali dan setiap kita menghadapi ujian alhamdulillah bangsa kita selalu bisa lolos," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengumpamakan kondisi saat ini bak keris yang ditempa untuk menjadi kokoh. Cobaan ini, Anies menjelaskan, nantinya akan membuat seluruh warga Jakarta jauh lebih kuat.

"Kita ingat, tidak ada keris yang ditempa sekali, keris itu ditempa berkali-kali tapi dia menjadi makin kokoh dia menjadi makin kuat," tegasnya.

Anies menuturkan, adanya PSBB di Jakarta menimbulkan kesempatan yang jarang terjadi di ibu kota yaitu kebersamaan dengan keluarga. Dia meminta masyarakat memanfaatkan kondisi saat ini untuk meningkatkan kualitas keluarga selama 14 hari PSBB.

"Saya percaya keuletan kita ketangguhan kita akan bisa melewati masa tantangan yang ada di depan kita ini, setelah kita bisa melewati ini semua 14 hari mudah-mudahan kita harus mudah-mudahan nantinya akan segera lewat ini," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini